Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bagaimana Cara Menyusui yang Benar?

Bagaimana Cara Menyusui yang Benar?

Bagaimana Cara Menyusui yang Benar? Cara menyusui yang benar akan sangat mempengaruhi keluarnya ASI dari payudara ibu, karena itu ibu harus mengetahuinya dengan baik.

Ada beberapa posisi menyusui yang bisa dilakukan ibu, misalnya duduk dan tidur. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menyusui adalah mencuci tangan dengan sabun, sehingga tangan anda steril dan bebas kuman.

Posisikan tubuh anda sesuai dengan keinginan, apakah tidur atau duduk, usahakan anda merasa nyaman dengan posisi itu. Kemudian letakkan bayi menghadap ke arah ibu dengan posisi sedemikian sehingga perut bayi menempel ke perut ibu, sementara dagu bayi diposisikan agar menempel ke payudara agar mulut bayi dapat terbuka lebar untuk menutupi aerola yaitu daerah berwarna gelap sekitar puting susu.

Setelah posisi ini sempurna, maka ibu bisa menyusui. Jika bayi menolak untuk menyusu atau muntah, mungkin ada yang salah dengan posisi bayi. Berikan ASI pada satu payudara, ketika habis, pindahlah ke payudara sebelahnya.

Memperbanyak Produksi ASI

Bagi ibu yang baru pertama kali menyusui mungkin akan merasa sangat cemas jikalau ASI tidak keluar pada waktunya. Kepercayaan diri pada ibu sangatlah penting dan berpengaruh pada produksi ASI, tentu saja didukung dengan makanan yang bergizi dan perawatan payudara yang tepat.

Daun katuk adalah salah satu sayuran yang dipercaya memperbanyak kuantitas ASI ibu. Untuk memperkaya kualitas, tentu saja harus didukung dengan makanan yang bergizi.

Cara menyusui yang benar akan membantu memperbanyak ASI yang masuk ke dalam tubuh bayi. Sebaiknya ibu menyusui menjauhkan diri dari rokok, minum minuman keras, dan obat-obatan.

Ini akan sangat mempengaruhi kesehatan bayi yang menyusu pada ibu. Kesehatan bayi harus diutamakan, konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi agar kualitas dan kuantitas ASI dapat memenuhi kebutuhan bayi.

ASI Penting bagi Bayi

Banyak orangtua yang belum sadar akan hal ini atau karena sesuatu alasan harus tetap bekerja dan meninggalkan anaknya di rumah dengan susu formula. ASI sangat penting sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Sistem kekebalan tubuh bayi yang diberi ASI dan yang tidak diberi ASI akan berbeda. Bayi yang tidak mendapatkan ASI akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah dan rentan terhadap penyakit.

ASI adalah hak bayi dan ibu harus mengetahuinya serta sadar akan hal ini. Ibu juga harus mengetahui cara menyusui yang benar, sehingga bayi merasa nyaman dan dapat menyusu dengan baik.

Post a Comment for "Bagaimana Cara Menyusui yang Benar?"