Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Penyakit Thalasemia Pada Anak - Anak

Apa Itu Penyakit Thalasemia Pada Anak - Anak

Gejala Awal Thalasemia. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting namun cukup sulit untuk didapatkan. Sehat itu mahal.

Agar terhindar dari penyakit khususnya anak-anak, kita sebagai orangtua harus mengetahui gejala awal dari suatu penyakit, salah satunya Thalasemia.

Apa Itu Penyakit Thalasemia

Thalasemia adalah salah satu penyakit yang bisa menjangkiti anak-anak. Sudah banyak jumlah anak yang menderita penyakit ini dan tidak bisa menikmati masa kecilnya dengan nyaman.

Banyak orang tua yang kurang paham dan mengetahui tentang penyakit yang membahayakan buah hatinya ini. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang penyakit Thalasemia:

Golongan Thalasemia

Penyakit Thalasemia ini dapat digolongkan menjadi 2 jenis. Thalasemia mayor adalah penyakit Thalasemia yang disebabkan oleh gen bawaan yang dibawa oleh kedua orang tua yang memiliki gen pembawa sifat Thalasemia.

Anak-anak yang menderita penyakit ini biasanya akan menunjukkan gejala Thalasemia sejak awal masa kanak-kanak. Banyak kasus anak dengan Thalasemia mayor hanya mampu bertahan hingga umur 2 tahun.

Golongan kedua adalah Thalasemia minor yang biasanya hanya menunjukkan gejala yang normal namun memiliki sifat sebagai pembawa sifat Thalasemia. Penderita golongan ini biasanya akan mengalami gizi buruk, perut membuncit karena adanya pembesaran limpa dan hati.

Gejala Thalasemia.

Gejala khas yang biasa terjadi pada penderita Thalasemia adalah wajah yang berbentuk mongoloid. Bentuk muka mongoloid biasanya berbentuk hidung yang pesek, tanpa pangkal hidung, tulang dahi yang lebar, dan jarak antara kedua mata lebar.

Gejala lain yang tampak adalah kulit yang memiliki warna kekuningan. Jika transfuse darah sering dilakukan, kulit akan terlihat agak kelabu. Anak dengan Thalasemia juga biasanya tidak memiliki nafsu makan, mudah letih, sering terserang sakit tenggorokan dan flu, dan gejala lain.

Penanganan Thalasemia

Walaupun sampai saat ini tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini secara keseluruhan, namun tindakan transfuse darah secara rutin dapat meringankan penderita Thalasemia. Transfusi darah harus dilakukan saat anak tidak mau makan.

Selain itu, operasi pergantian sumsum tulang belakang juga bisa menjadi pilihan yang cukup baik untuk penderita Thalasemia mayor. Pemantauan organ yang vital secara teratur dan berkala juga akan sangat baik untuk menjaga kestabilan pasien.

Itulah beberapa penjelasan tentang penyakit Thalasemia yang bisa terjadi pada anak anak. Dengan ini diharapkan para orang tua dapat lebih waspada dan teliti dengan penyakit ini

Post a Comment for "Apa Itu Penyakit Thalasemia Pada Anak - Anak"