Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Sehat Puasa untuk Wanita Hamil

Tips Sehat Puasa untuk Wanita Hamil

Bolehkah puasa untuk wanita hamil dan apakah hal itu tidak akan mempengaruhi kesehatan janin yang ada dalam kandungannya? Puasa Ramadhan memang diwajibkan bagi setiap muslim yang mampu untuk melaksanakannya.

Batasan mampu ini tentunya berpulang pada kondisi masing-masing wanita yang sedang hamil. Karena itu lebih baik sebelum melakukan puasa, ibu yang sedang hamil perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungannya.

Kalaupun telah dinyatakan boleh berpuasa, wanita yang sedang hamil tentu perlu melakukan hal-hal yang perlu agar janin ataupun kondisi kesehatan ibu tidak akan berdampak.

Para ahli medis maupun sejumlah penelitian telah menemukan bahwa ibu hamil yang berpuasa tidak berhubungan dengan kecerdasan maupun berat tubuh bayi yang baru lahir atau gangguan saat hamil lainnya.

Dari kajian ilmiah, puasa untuk wanita hamil juga tidak akan membahayakan kesehatan ibu dan janin. Bahkan dengan berpuasa, psikologis ibu akan menjadi lebih tenang dan tidak mudah emosi atau stress yang umumnya menghantui wanita yang sedang hamil.

Dengan berpuasa pula, hati akan menjadi lebih tenang dan ini akan sangat baik untuk perkembangan emosi janin.

Tips Sehat Puasa untuk Wanita Hamil

Namun agar puasa untuk wanita hamil dapat berjalan baik dan memberikan manfaat, maka ibu juga perlu mengatur menu dan asupan makanannya, seperti berikut ini.

1. Saat sahur, makanlah makanan yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah cukup, seperti daging karena bisa memperlambat rasa lapar di siang hari. Sedangkan untuk menjaga daya tahan dan kesehatan, makanlah makanan yang kaya dengan mineral seng (zinc) dan vitamin C.

Sebaiknya hindari makan makanan yang manis waktu sahur karena justru dapat menyebabkan tubuh mudah lemas. Untuk minumannya, pilihlah susu serta air putih yang cukup.

2. Waktu berbuka puasa, awali dengan minuman yang hangat dan manis untuk meningkatkan kadar gula darah dan hindari minuman dingin karena tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Kolak atau kurma juga baik karena banyak mengandung karbohidrat yang mudah diserap tubuh, begitu juga buah-buahan dan kacang hijau. Sedangkan untuk makan, lakukan secara bertahap dan sebaiknya hindari makan banyak sekaligus.

Untuk menu pilihlah makanan ibu hamil yang banyak mengandung protein, seperti nasi dengan lauk daging atau ikan, tempe, serta sayuran hijau.

Itulah sedikit tips sehat puasa untuk wanita hamil yang semoga berguna untuk anda dalam meraih barokah di bulan penuh rahmat ini.

Post a Comment for "Tips Sehat Puasa untuk Wanita Hamil"