Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Perawatan Kecantikan Untuk Ibu Hamil

Tips Perawatan Kecantikan Untuk Ibu Hamil

Tips perawatan kecantikan untuk ibu hamil. Perubahan hormon saat hamil bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan juga kecantikan, sehingga diperlukan beberapa perawatan ibu hamil yang bisa untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya gangguan tersebut.

Diantara berbagai gangguan tersebut biasanya akan menyerang bagian-bagian vital dari ibu hamil seperti kulit, wajah, dan payudara. Untuk mencegah dan menanggulangi hal tersebut, berikut ini kami paparkan beberapa tips perawatan ibu hamil agar tubuh tetap sehat dan terlihat cantik selama masa kehamilan.

Tips Perawatan Kecantikan Untuk Ibu Hamil

Perawatan kulit dan wajah semasa kehamilan bisa dilakukan dengan rajin melakukan facial agar tidak muncul jerawat dan bercak hitam pada wajah. Ibu hamil dianjurkan untuk membersihkan wajah 2-4 minggu sekali mulai dari usia kehamilan 0 bulan.

Pastikan bahwa pembersih wajah yang digunakan bebas dari kandungan sabun, residu dan gliserin untuk mencegah terjadinya kulit kering. Disarankan juga untuk memakai pelembab dengan SPF 15 dan anti UV sehingga kulit akan terlindungi dari dampak buruk sinar matahari.

Penting juga untuk melakukan pemilihan produk kosmetik dan tidak memakai make up tebal semasa hamil. Konsultasikan dengan dokter tentang cara penggunaan produk kosmetik yang aman dan hindari penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti accutane, retinoid dan asam salisilat.

Tidak dianjurkan untuk melakukan body treatment yang bisa memicu peningkatan suhu tubuh seperti sauna, steam dan body wrapping. Suhu tubuh yang tinggi bisa menyebabkan keguguran dan bahkan menimbulkan cacat bawaan pada janin. Jika memang ingin berendam dalam air hangat, pastikan suhu air tidak lebih dari 37 derajat celcius.

Perawatan payudara saat hamil sangat diperlukan untuk mencegah berbagai dampak negatif yang merugikan ibu dan bayi ketika sudah lahir. Payudara yang tidak terawat bisa menghambat keluarnya air susu ibu setelah proses persalinan, puting susu tidak menonjol saat akan menyusui dan bahkan terjadinya infeksi yang ditandai dengan pembengkakan atau adanya nanah pada payudara.

Tehnik perawatan payudara pada umumnya terdiri dari pemijatan payudara dan pembersihan pada area puting secara teratur. Disarankan juga untuk memakai bra yang longgar dan mampu menopang payudara dengan sempurna. Hindari pemakaian bra yang terlalu ketat dan menekan payudara karena bisa menghambat proses produksi air susu ibu (ASI).

Perawatan Dari Dalam Untuk Ibu Hamil

Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam yang menyangkut asupan yang kaya manfaat juga diperlukan. Asupan tersebut bisa berupa berbagai macam vitamin yang akan membuat wajah dan tubuh Anda tetap segar walau sedang mengandung sang jabang bayi.

Jenis Vitamin Untuk Ibu Hamil

Beberapa vitamin yang baik untuk perawatan wajah dan tubuh tersebut seperti vitamin A dan C. Vitamin A bisa didapatkan dari kuning telur, ikan, mangga, wortel, jeruk, dan apel. Sementara untuk vitamin C bisa didapatkan dari Buah Kiwi, Lemon, Jambu biji, jeruk dan pepaya.

Posting Komentar untuk "Tips Perawatan Kecantikan Untuk Ibu Hamil"