Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tanda-Tanda Hamil Anggur

Tanda-Tanda Hamil Anggur

Tanda-Tanda Hamil Anggur. Mola hidatidosa atau bahasa umumnya lebih dikenal dengan hamil anggur. Jenis kehamilan ini merupakan hamil yang gagal atau abnormal.

Dikatakan hamil anggur karena yang terbentuk dari pembuahan adalah sekumpulan kista dan mirip seperti anggur. Pada saat terjadi pembuahan, sel telur yang telah dibuahi tidak berkembang membentuk plasenta dan janin.

Hamil anggur ini sangat jarang terjadi dan jika terjadi sebaiknya segera dilakukan tindakan pengobatan agar tidak menimbulkan penyakit yang lainnya atau penyakit komplikasi. Penyakit trofoblastik gestasional merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh hamil anggur jika tidak segera dilakukan tindakan pengobatan.

Apa saja faktor terjadinya hamil anggur

Faktor utama terjadinya hamil anggur adalah terjadinya ketidakseimbangan kromosom pada ibu hamil. Secara umum penyebab hamil anggur terdapat 2 jenis, yaitu:

1. Hamil Anggur Lengkap
Hamil anggur ini terjadi karena sel telur tanpa mengandung informasi genetika kemudian dibuahi oleh sel sperma. Dalam prosesnya yang terjadi adalah tidak berkembangnya sel tersebut menjadi fetus dan terjadi kegagalan. Pada akhirnya yang terbentuk adalah sekumpulan jaringan yang tidak normal atau disebut juga dengan mola.

2. Hamil Anggur Parsial
Berbeda dengan hamil anggur lengkap dimana sel telur dibuahi oleh 1 sel sperma. Sedangkan pada hamil anggur parsial, sel telur dibuahi oleh 2 sel sperma pada saat yang bersamaan. Yang terjadi adalah tidak berkembangnya jaringan plasenta secara normal sehingga terbentuklah mola. Namun pada jaringan fetus terjadi perkembangan namun mengalami kelainan atau cacat.

Tanda-Tanda Hamil Anggur

Pada umumnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara hamil biasa dengan hamil anggur sehingga mungkin bagi orang awam sulit untuk membedakannya. Sehingga terdeteksinya seringkali pada usia kehamilan yang sudah besar atau biasanya pada 10 hingga 14 minggu. Berikut ini tanda-tanda hamil anggur yang bisa dikenali, yaitu:

  1. Terjadinya pendarahan pada trimester pertama kehamilan
  2. Timbul rasa mual yang berlebihan disertai dengan muntah
  3. Terasa nyeri dibagian panggul
  4. Keluarnya kista seperti buah anggur

Itulah beberapa gejala atau tanda-tanda hamil anggur yang umumnya terjadi dan jika gejala tersebut dialami oleh ibu, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Penanganan Hamil Anggur

Jika ibu hamil sudah terdeteksi mengalami hamil anggur maka dokter akan menyarankan untuk dilakukan tindakan sesegera mungkin untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan seperti komplikasi.

Biasanya dokter akan melakukan penanganan dengan tindakan operasi dengan membuang jaringan tersebut. Tindakan pengangkatan yang dilakukan biasanya ada 2 macam yaitu dengan cara di kuret dan dengan cara pengangkatan rahim.

Tindakan pengangkatan rahim tentu saja sangat beresiko jika dilakukan karena akan berakibat pada kondisi dimana ibu tidak akan bisa hamil lagi. Tentu saja tidak semua ibu menginginkan hal tersebut dilakukan karena sangat mustahil ibu bisa hamil lagi.

Untuk cara pertama yaitu dengan mengangkat jaringan yang abnormal dan jika berhasil sangat mungkin untuk ibu bisa hamil lagi. Jika tindakan operasi sudah dilakukan dan berhasil, dokter akan menyarankan untuk menunda kehamilan terlebih dahulu. Gunanya agar proses penyembuhan bisa terjadi dengan baik dan menghindari terjadinya resiko hamil anggur lagi.

Dalam proses penyembuhan tersebut sebaiknya ibu rutin memeriksakan kondisinya ke dokter untuk mengetahui sejauh mana hasil dari operasi pengangkatan jaringan abnormal tersebut dan bagaimana perkembangan proses penyembuhannya.

Semoga informasi mengenai hamil anggur, tanda-tanda hamil anggur serta tindakan yang harus dilakukan bisa bermanfaat. Sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan dan rutin melakukan kontrol kesehatan ke dokter.

Post a Comment for "Tanda-Tanda Hamil Anggur"