Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tanda -Tanda Balita Cerdas Yang Perlu Anda Ketahui

 

Tanda -Tanda Balita Cerdas Yang Perlu Anda Ketahui

Tanda -tanda balita cerdas yang perlu anda ketahui. Kecerdasan dan kesehatan pada balita yang cerdas tergantung dari beberapa faktor salah satunya adalah pembinaan kecerdasan balita sejak dini. Pembinaan dan pengembangan kecerdasan anak sangat penting agar proses tumbuh kembang balita menjadi optimal dan tidak akan terjadi penyimpangan atau gangguan selama masa pertumbuhannya.

Hal Yang Mempengarui Kecerdasan Anak Balita

Secara garis besar, terdapat tiga aspek utama yang bisa mempengaruhi tingkat kecerdasan anak balita yakni aspek genetik atau turunan, asupan gizi atau nutrisi dan lingkungan sekitar.

Aspek genetik atau turunan bisa berarti bahwa sang balita adalah anak dari kedua orangtua yang cukup pintar sehingga secara lahiriah sudah menurunkan aspek genetiknya. Sementara Asupan gizi dan nutrisi berarti sang balita selama masa pertumbuhannya sangat dijaga sekali asupan gizi dan nutrisinya, agar bisa terpenuhi secara cukup dan seimbang.

Dan untuk faktor lingkungan sekitar berarti sang balita memiliki lingkungan yang mendukung perkembangan kecerdasan otaknya seperti orangtua yang sangat aktif dalam mengarahkannya belajar atau keluarga dan lingkungan lainnya yang juga aktif dalam merangsang tumbuh kembang sang balita.

Ciri Atau Tanda Balita Sehat Dan Cerdas

Untuk menjaga kecerdasan dan mengetahui perkembangan kecerdasan balita, para orangtua harus memperhatikan beberapa ciri atau tanda balita sehat dan cerdas yang bisa terlihat jelas selama masa perkembangan dan pertumbuhannya.

Tanda balita cerdas dan sehat yang pertama adalah kelincahan, keceriaan, dan pergerakan balita yang aktif selama mereka bermain atau beraktifitas. Kondisi seperti ini merupakan indikator bahwa balita memang sedang dalam keadaan yang fit dan bugar dalam pertumbuhannya.

Selain aktif bergerak, balita cerdas pun akan sering berceloteh meskipun orang-orang di sekitarnya tidak akan mengerti tentang apa yang sedang balita bicarakan. Tanda balita sehat dan cerdas yang kedua bisa dilihat dari segi fisik balita itu sendiri.

Perhatikan bahwa balita yang sehat akan memiliki rambut yang mengkilap dan kuat, gigi rapi dan cemerlang, kuku yang sehat, kulit yang bersih dan suhu tubuh yang normal.

Tanda balita sehat dan cerdas berikutnya bisa dilihat dari kebiasaan makan yang lahap, tidur yang lelap dan buang air yang lancar dan teratur. Kebiasaan makan yang lahap menunjukkan bahwa balita tidak mengalami gangguan dalam mengunyah dan menelan makanan. Ini juga indikator mulutnya pun berkembang dengan sehat.

Waktu tidur yang ideal untuk anak balita adalah sekitar 10 jam dalam sehari. Durasi tidur yang cukup akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan sel-sel saraf otak sehingga bisa menunjang perkembangan kecerdasan balita.

Buang air yang lancar dan teratur merupakan indikator lain dari anak yang memiliki status kesehatan yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi organ pencernaan balita dalam keadaan yang sehat dan normal sehingga tidak akan sering terkena diare atau sembelit.

Diare dapat menyebabkan proses penyerapan makanan terhambat dan sembelit berkepanjangan bisa mengakibatkan terjadinya ambeien pada balita.

Posting Komentar untuk "Tanda -Tanda Balita Cerdas Yang Perlu Anda Ketahui"