Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penyakit Miom dan Cara Pengobatannya

Penyakit Miom dan Cara Pengobatannya

Penyakit miom adalah penyakit yang dialami oleh kaum wanita pada bagian rahim. miom adalah sejenis tumor jinak pada dinding rahim yang kadang mengakibatkan si pengidapnya mengalami gangguan-gangguan tertentu.

Gangguan-gangguan ini dapat menyebabkan hidup yang kurang berkualitas karena gangguan yang timbul kerap menyusahkan. Penyakit ini perlu diwaspadai karena menurut beberapa penelitian, 20-30% wanita akan mengalami penyakit miom ini pada usia 35 tahun.

Sedangkan miom akan sangat mustahil terjangkit pada wanita yang belum menstruasi. Namun, penelitian tersebut tidak terlalu akurat dikarenakan gejala miom yang sangat samar (tidak terlalu jelas).
Banyak wanita yang hanya menganggap gejala-gejala tersebut hanya sebagai sakit biasa, sehingga tidak memeriksakannya ke dokter.

Penyakit Miom Itu Seperti Apa

Penyakit miom yang juga bisa disebut dengan uterine mioma ini berasal dari otot rahim polos. Menurut beberapa teori, tumor jinak ini bertumbuh karena rangsangan esterogen.

Jumlah reseptor esterogen pada jaringan mioma yang lebih tinggi dibandingkan dengan miometrium (otot kandungan) yang ada disekitarnya membuat pertumbuhan tumor jinak ini dapat lebih cepat berkembang pada saat kehamilan dan biasanya akan semakin berkurang pada masa setelah menopause.

Tumor jinak ini akan terasa sangat kenyal dengan bentuk bulat benjol. Bentuknya bervariasi menurut ukuran dan beratnya, berat tumor ini bisa mulai dari 5 gram saja sampai 5 kilogram.

Gejala Penyakit Miom

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gejala penyakit miom sebenarnya tidak terlalu jelas, dan gejala yang timbul juga berdasarkan ukuran dan berat dari tumor itu sendiri, berikut adalah beberapa gejala penyakit miom yang paling sering dialami oleh si pengidap.

  • Nyeri saat haid dibarengi dengan keluarnya darah yang lebih banyak dan terkadang lebih lama saat haid.
  • Rasa Nyeri dalam rahim karena tumor yang terus menekan.
  • Nyeri di bagian pinggul (seperti ditekan)
  • Pembesaran pada perut yang tidak normal (biasanya saat haid)
  • Tumor menekan kandung kemih yang menyebabkan si frekuensi buang air kecil pengidap menjadi lebih cepat dari biasanya dan lebih sering.
  • Bagian bawah perut dekat rahim akan terasa kenyal bila dipijat dan disentuh.
  • Nyeri saat berhubungan seksual.

Gejala-gejala penyakit miom diatas adalah gejala yang sering timbul menurut para pengidap, sedangkan gejala yang sangat pasti masih belum diketahui karena sangat samar keberadaannya.

Sebenarnya untuk memastikan apakah miom telah terjangkit atau tidak adalah dengan memeriksakannya ke dokter di rumah sakit terdekat agar penanganan segera bisa dilakukan.

Penyakit Miom Sulit Mendapatkan Keturunan

Penyakit miom ini harus diwaspadai, mengingat gangguan-gangguan yang diberikan sangat mengganggu kenyaman dalam menjalani kehidupan yang normal.

Yang paling merasakan akibat negatif dari miom adalah sebuah pasangan suami istri. Pasangan suami istri diteliti akan sulit mempunyai anak akibat penyakit miom ini.

Penyakit miom menyebabkan penyumbatan, gangguan pada tuba, gangguan implantasi pada endometrium dan lain sebagainya.

Penanganan Penyakit Miom

Sebenarnya anjuran terbaik untuk penyakit miom adalah mengikuti saran dokter terkait agar penyakit miom yang terjangkit dapat teratasi dengan baik.

Tapi, Penanganan untuk penderita gejala miom tertentu bisa dikategorikan menjadi beberapa penanganan. Untuk penanganan bagi penderita miom dengan ukuran tumor yang masih kecil, disarankan untuk melakukan medikal check up setiap 3 bulan sekali, agar perkembangan miom dapat terus diawasi dan diamati.

Obat-obatan juga bisa dilakukan untuk mengecilkan tumor jinak yang ada dalam rahim dan mengurangi rasa nyeri.

Bagi penderita miom dengan tumor yang sudah besar, dengan kata lain gejala-gejala yang dialami telah banyak mengganggu kenyamanan hidup, sangat dianjurkan untuk melakukan operasi pengangkatan tumor.

Bila itu sudah menyerang rahim, maka lebih baik dilakukan operasi pengangkatan tumor serta rahimnya. Hal ini dilakukan guna menjaga kualitas kenyamanan hidup bagi si pengidap.

Posting Komentar untuk "Penyakit Miom dan Cara Pengobatannya"