Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penyakit Eksim Yang Mengganggu Penampilan

Penyakit Eksim Yang Mengganggu Penampilan

Penyakit Eksim adalah salah satu jenis penyakit kulit yang sangat mengganggu. Apalagi jika menyerang seorang wanita yang mendambakan kesempurnaan pada kulitnya.

Eksim menyebabkan kulit terlihat berbeda dari kulit normal lainnya, ada yang basah maupun kering. Setiap orang yang terkena penyakit eksim belum tentu karena penyebab yang sama.

Penyebab Penyakit Eksim

Beberapa penyebab penyakit kulit yang satu ini antara lain karena alergi zat kimia tertentu semisal detergen, alergi terpapar sinar matahari langsung, alergi karena makanan atau zat yang terkandung dalam obat tertentu, serta karena tekanan psikis.

Secara umum eksim dibagi menjadi dua, yaitu eksim kering dan eksim basah. Eksim kering memiliki ciri ciri adanya penebalan kulit yang terlihat jelas.

Sementara eksim basah memiliki cirri ciri adanya sisik pada kulit, berbentuk bulatan yang berbintil mengandung air disertai rasa gatal yang hebat.

Penyebab lain pada eksim adalah adanya infeksi jamur karena lingkungan yang lembab serta kurang merawat kebersihan diri. Makanan serta lingkungan yang kotor sangat berpengaruh pada timbulnya penyakit ini.

Ada juga beberapa kasus yang diakibatkan karena alergi yang diturunkan dari orang tua. rasa gatal yang ditimbulkan penyakit ini jika terus digaruk dan tak kunjung diobati akan membuat luka.

Eksim yang timbul karena alergi biasanya dapat diketahui pada saat menggunakan kosmetik, perhiasan, detergen, dan sabun. Jika hal itu terjadi sebaiknya segera menghentikan pemakaian dan jangan pernah menggunakan produk yang sama.

Pada suhu atau cuaca sedang berubah ubah dengan ekstrem dan tak menentu, penyakit eksim juga dapat muncul mengganggu penampilan kita.

Beberapa makanan yang biasanya menyebabkan alergi seperti susu dan olahannya, seafood, tomat, garam, dan zat pewarna buatan, sebaiknya dihindari untuk memperkecil kemungkinan terkena eksim.

Beberapa orang kadang menyebut penyakit eksim sebagai radang kulit atau dalam bahasa medis disebut dengan dermatitis. Eksim menyerang tanpa melihat usia, bahkan bayi saja bisa terkena penyakit ini.

Penyakit Eksim Pada Bayi

Bayi dapat terkena eksim mulai usia 3 bulan. Tanda tanda eksim pada bayi adalah adanya bercak bercak merah dan terasa kasar jika teraba pada bagian bawah pipi.

Ketika bayi mulai tumbuh menginjak usia 2 tahun, eksim tidak lagi ditemui pada bawah pipi, namun pada bagian dalam siku dan lutut, juga pada pergelangan tangan serta tengkuk.

Mulai usia anak anak masuk sekolah, eksim akan hilang dengan sendirinya. Eksim pada awal usia, terutama pada bayi dapat terjadi karena sedang dalam tahap penyesuaian dengan suhu udara di luar rahim.

Eksim pada saat remaja kadang muncul kembali, namun kali ini dengan penyebab yang berbeda, mulailah gejala alergi terhadap suatu zat yang mengakibatkan eksim.

Cara Mencegah Penyakit Eksim

Cara mencegah penyakit eksim datang menyerang adalah dengan menghindari penyebabnya. Hanya diri kita yang tahu apa penyebab eksim yang pernah kita derita, atau jika memungkinkan melakukan konsultasi dengan dokter dapat membantu untuk mengidentifikasi penyebab eksim. Kita tidak perlu takut tertular eksim jika salah satu teman kita sedang mengalaminya.

Apakah Eksim Penyakit Menular?

Eksim tidak akan menular melalui kontak secara langsung, sehingga kita tidak perlu menjaga jarak dengan seseorang yang sedang menderita eksim.

Rasa gatal yang ditimbulkan akibat eksim sangat mengganggu dan menjengkelkan. Rasa gatal inilah yang pertama-tama harus segera diobati. Biasanya obat tersedia dalam bentuk salep, minyak, maupun bedak.

Namun jika tidak ada, bisa dilakukan dengan kompres air es lebih dulu. selain hal diatas, ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit untuk menghindari penyakit ini

Posting Komentar untuk "Penyakit Eksim Yang Mengganggu Penampilan"