Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penyakit Campak, Penyebab Dan Pencegahannya

Penyakit Campak, Penyebab Dan Pencegahannya

Penyakit campak merupakan salah satu penyakit yang paling gampang menular setelah flu dan lain sebagainya, virus ini dapat tersebar melalui udara yang kita hirup telah terinfeksi oleh virus campak tersebut.

Gejala Penyakit Campak

Gejala campak dapat sangat mudah dideteksi sedini mungkin karena penderita campak biasanya akan menampakkan tanda fisik pada kulit berupa ruam-ruam berwarna merah, Virus Paramixovirus adalah penyebab utama adanya penyakit campak.

Selain timbulnya bercak pada kulit penderita biasanya penderita campak akan mengalami demam yang cukup hebat selama kurun waktu satu sampai dua minggu setelah terinfeksi virus tersebut.

Gejala lain yang ditimbulkan dari penyakit campak adalah penderita akan merasakan nyeri pada bagian tenggorokan seperti sedang terkena radang tenggorokan, batuk, hidung meler “pilek” dan memerahnya otot.

Setelah terjangkit dalam kurun waktu dua sampai tiga hari akan timbul beberapa bercak di sekujur tubuh penderita, ruam ini akan semakin menyebar ke sekujur tubuh hingga hari ke 9 sampai sepuluh, penderita akan menunjukkan tanda kesembuhan jika panas mulai mereda dan ruam tersebut perlahan mulai pudar.

Biasanya penyakit campak menyerang usia pra sekolah atau anak-anak di bawah enam tahun, karena imunitas mereka masih lemah untuk menghalau virus tersebut sehingga campak akan mudah menjangkiti inang yang masih lemah imunnya.

Langkah Penanganan Penyakit Campak

Namun tidak perlu khawatir menangani penyakit campak, langkah pencegahan dapat kita lakukan untuk melindungi buah hati dari penyakit tersebut. Seperti melakukan beberapa langkah berikut:

Melakukan vaksinasi campak, tujuannya agar imunitas anak anda dapat terbangun lebih kuat untuk menghalau serangan virus tersebut. 

Sebagai catatan sekali saja putra atau putri anda terkena virus tersebut dipastikan seterusnya putra atau putri anda tidak akan terkena kembali virus campak.

Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi, tujuannya agar kondisi tubuh anak tetap sehat. Kondisi tubuh sehat jelas akan mudah menghalau serangan virus campak yang mendera tubuh anak anda.

Rutin – rutinlah memeriksakan anak anda ke dokter untuk memastikan kondisi anak anda dalam keadaan sehat, karena tidak semua penyakit campak menunjukkan bentuk fisiknya secara nyata. Terkadang ada kasus yang sangat samar pada bentuk fisik penderita yang terjangkiti virus campak.

Mengenakan masker ketika bepergian jauh atau beraktifitas di luar ruangan, ini penting anda lakukan karena virus campak menyebar melalui udara yang dihirup oleh buah hati anda.

Ketika sudah terhirup dan virus tersebut tidak dapat dibunuh oleh imun si anak maka kemungkinan besar anak tersebut akan segera terjangkiti penyakit campak.

Konsumsi vitamin penambah daya tahan tubuh agar imun dan kondisi tubuh tetap stabil dalam menjaga kesehatan anak anda.

Cara Mengobati Penyakit Campak

Selain langkah pencegahan anda juga harus tahu cara mengobati penyakit campak apabila buah hati telah terjangkiti virus tersebut, caranya hindarkan anak anda beraktifitas di luar ruangan agar virus tidak sempat menulari inang yang belum pernah terkena penyakit tersebut.

Langkah berikutnya adalah bawa sesegera mungkin ke dokter agar si anak mendapat perawatan dan obat yang tepat sesuai dengan kondisi si anak tersebut.

Jika anda memilih metode tradisional untuk mengobati penyakit campak, ada juga opsi lain terkait penyakit campak. Jagung yang masih muda bisa dengan mudah anda peroleh dipasaran bisa dipergunakan untuk mengobati campak.

Caranya dengan memarut jagung tersebut hingga halus kemudian peras jagung yang telah diparut tersebut, dan air perasannya itu dapat dijadikan obat oles pada ruam yang tumbuh di sekujur tubuh anak, lakukan secara rutin 2 kali sehari, ruam akan hilang dengan segera.

Posting Komentar untuk "Penyakit Campak, Penyebab Dan Pencegahannya"