Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Obat Flu Untuk Ibu Hamil Muda

Obat Flu Untuk Ibu Hamil Muda

Obat Flu Untuk Ibu Hamil Muda. Obat flu untuk ibu hamil sangat di perlukan saat dalam masa-masa kehamilan, karena selama masa kehamilan akan sulit bagi sistem kekebalan tubuh wanita dalam menangkal berbagai jenis infeksi. Hal ini membuat ibu hamil menjadi lebih rentan terserang flu dan penyakit lainnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang obat flu untuk ibu hamil muda.

Jika Anda sedang hamil, maka akan sangat perlu untuk mengambil langkah-langkah khusus agar tetap sehat terutama saat musim pancaroba. Berikut ini beberapa obat flu untuk ibu hamil tanpa efek samping yang bisa membahayakan sang janin.

Obat Flu Untuk Ibu Hamil Muda

Sup dan teh herbal
Sup adalah sebuah makanan yang hangat, minuman atau makanan yang hangat sangat berguna untuk tubuh yang sedang terkena flu. Hidung yang tersumbat juga bisa lebih lega dengan memakan sup atau menghirup teh herbal yang hangat.

Melakukan terapi uap panas
Terapi uap panas bisa dilakukan dengan baskom berisi air hangat, uap yang menghampiri muka akan membuat saluran udara di tubuh akan lebih lega.

Berkumur dengan air garam hangat
Berkumur dengan air garam yang hangat akan membuat hidung lega serta bisa meringankan sakit di tenggorokan.

Yang perlu di perhatikan, resiko terserang flu akan lebih besar jika Anda melakukan kontak langsung dengan seseorang yang sedang mengidap flu. Kontak langsung tersebut bisa mencakup makan atau minum dengan peralatan yang sama, merawat anak-anak yang sedang sakit flu dan berada di tempat yang dekat dengan seseorang yang sedang bersin, batuk, atau sedang terkena hidung meler.

Gejala flu yang umum diantaranya batuk, sakit tenggorokan, demam yang mencapai 100 F atau di atasnya, nyeri di bagian tubuh tertentu, sakit kepala, kelelahan, muntah dan diare. Jika Anda sedang hamil dan mengalami gejala flu tersebut, maka dianjurkan untuk menggunakan vaksin flu yang biasanya tersedia di klinik kesehatan ataupun dokter langganan Anda.

Ada dua jenis vaksin flu yakni vaksin suntik dan vaksin spray. Jenis vaksin suntik sangat dianjurkan untuk wanita hamil sedangkan vaksin spray tidak disarankan bagi wanita hamil. Penggunaan dosis vaksin flu tersebut harus dengan konsultasi dokter untuk meminimalisir kadar merkuri (thimerosal) yang merupakan bahan pengawet dari vaksin. Vaksin yang mengandung banyak thimerosal bisa menyebabkan bayi dalam kandungan menjadi autis dan kelainan kepribadian lainnya.

Jenis vaksin suntik juga memiliki efek samping ringan seperti sakit kepala, nyeri otot, demam, mual dan muntah. Jika efek samping ini terjadi selama 1-2 hari maka sebenarnya masih dalam kategori wajar, namun jika berlangsung lebih dari 2 hari maka segera periksakan ke dokter.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu melindungi diri sendiri dan bayi dari flu seperti menghindari berbagi makanan, peralatan atau cangkir dengan orang lain dan juga selalu membawa pembersih tangan setiap waktu dan menggunakannya sepanjang hari. Semoga penjelasan tentang obat flu untuk ibu hamil muda bisa bermanfaat untuk kita semua.

Post a Comment for "Obat Flu Untuk Ibu Hamil Muda"