Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Obat Batuk Pilek Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Obat Batuk Pilek Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Obat batuk pilek yang aman untuk ibu hamil. Obat batuk untuk ibu hamil merupakan sebuah obat yang khusus diberikan kepada ibu yang sedang hamil. Obat ini ada karena mayoritas orang pada umumnya akan langsung meminum obat rumahan atau dari apotek terdekat ketika terkena batuk.

Namun, jika Anda sedang hamil tentunya tidak bisa serta merta melakukan hal ini karena khawatir akan dampak negatif atau efek samping dari obat tersebut bagi janin atau bayi yang sedang dikandung. Karena kondisi tubuh wanita hamil berbeda dengan orang biasa sehingga diperlukan obat batuk untuk ibu hamil yang aman dan berkhasiat tanpa menimbulkan efek samping yang tidak diharapkan.

Beberapa hal sederhana dan alami dapat Anda lakukan di rumah untuk menyembuhkan batuk tanpa khawatir akan membahayakan janin atau bayi. Ibu hamil tidak melulu harus meminum obat untuk menyembuhkan batuk kecuali memang sudah mendapat resep dari dokter. Ada obat alami yang bagus untuk batuk yang cukup sederhana dan mudah untuk dipersiapkan.

Obat Batuk Pilek Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Cukup dengan satu gelas jus jeruk atau perasan jeruk lemon hangat dan diminum sebanyak dua atau tiga kali sehari. Anda akan melihat bahwa batuk akan berkurang secara perlahan dan akhirnya akan sembuh total. Selain itu, perbanyak juga meminum air putih yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini sangat diperlukan untuk mencegah dehidrasi dan juga menghilangkan dahak.

Madu juga sangat berkhasiat dalam menyingkirkan dahak secara cepat. Dahak merupakan salah satu penyebab utama keluhan batuk yang bisa lebih buruk akibatnya apabila tidak cepat dihilangkan atau disingkirkan. Oleh karena itu, penambahan madu dalam minuman hangat yang selalu Anda minum sangat dianjurkan untuk meminimalisir resiko terserang batuk akibat dahak.

Terapi pengobatan batuk alami yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan memanaskan air dan menambahkan garam ke dalam air tersebut. Kemudian pakailah air tersebut untuk berkumur-kumur pada pagi, siang dan sore hari. Efek hangat dan juga kandungan garam dari air tersebut bisa membantu meringankan batuk berdahak secara alami dan tanpa efek samping.

Selain mengobati kondisi tubuh yang terserang batuk, untuk pencegahan pastikan juga bahwa Anda mendapatkan semua nutrisi dan gizi yang tepat bagi diri sendiri serta bayi yang dikandung. Nutrisi dan gizi akan menjadi semacam pelindung alami bagi tubuh Anda. Menjaga selalu jam beristirahat yang cukup dan usahakan untuk tidur yang nyenyak dan berkualitas di malam hari. Disarankan juga untuk memperbanyak waktu tidur dengan cara tidur beberapa jam lebih awal dari biasanya.

Selain itu untuk mengatasi batuk pada ibu hamil bisa juga dengan mengenali penyebab awal timbulnya batuk apa karena alergi cuaca dingin atau iritasi, jika batuk datang karena iritasi maka minumlah air putih yang banyak, sementara jika batuk terjadi alergi cuaca dingin cobalah untuk meminum minuman hangat dan memakai baju hangat agar terhindar dari cuaca yang dingin.

Sebagai tambahan berikut ini kita akan mebahas cara mengobati batuk yang dialami secara umum.

6 Cara Mengobati Batuk Yang Sederhana Dan Alami

Cara mengobati batuk memiliki dua macam metode, yang pertama cara umum yaitu dengan obat-obatan di apotek atau dengan cara alami. Kita secara khusus membahas bagaimana Anda mengobati batuk dengan teknik-teknik sederhana dan alami namun menghasilkan penyembuhan yang bagus. Berikut 6 cara mengobati batuk secara secara sederhana serta alami.

Beristirahat

Ketika terserang flu, maka perbanyaklah beristirahat karena dengan cara itu, Anda akan memiliki sistem pertahanan tubuh yang baik. Sistem kekebalan tubuh Anda akan terus berfokus menumpas virus secara maksimal. Lain halnya ketika Anda melakukan banyak aktivitas, maka tubuh tidak akan membersihkan virus dengan maksimal dan lebih terfokus pada beratnya aktivitas Anda.

Berkumur

Cobalah gunakan satu teguk air garam yang hangat sebagai alat berkumur setiap hari selama empat kali perhari. Untuk mengurangi gatal di tenggorokan, Anda bisa menggunakan teh yang mengandung tannin sebagai pengencang membran.

Selain itu masih ada obat tradisional dengan mencampurkan madu dan sari cuka apel. Tetapi perlu diperhatikan bahwa obat kumur ini sebaiknya tidak digunakan kepada anak-anak karena kita tidak mengetahui risiko yang ada di dalamnya.

Minum air hangat

Air hangat dapat mengurangi rasa gatal, mencegah dehidrasi, dan kemudian menenangkan membran sel sehingga Anda merasa lebih nyaman dan hidung yang tersumbat bisa lebih teratasi.

Mandi air hangat

Silakan Anda bersantai di bawah guyuran shower air hangat untuk lebih rileks dan membuat flu menjadi lebih reda.

Ramuan jeruk nipis

Mengkonsumsi jeruk nipis telah dipercaya sebagai salah satu cara mengobati batuk yang ampuh. Anda bisa membuat air perasan jeruk nipis dan kemudian mencampurnya dengan kecap atau hal lain yang membuat rasa asam tidak terlalu pekat.

Jangan keluar di malam hari

Beberapa hal yang menyebabkan Anda flu adalah karena dinginnya udara di malam hari. Hal ini membuat tubuh kita tidak sanggup melawan efek negatif yang timbul sehingga flu menjadi lebih mudah datang. Untuk itu, ketika Anda flu, beristirahatlah secara total dan jangan keluar di malam hari.

Itulah 6 cara mengobati batuk yang sederhana namun memiliki dampak menakjubkan. Selamat mencoba.

Semoga tips sehat seputar obat batuk pilek yang aman untuk ibu hamil diatas dapat berguna. Sangat penting bagi ibu hamil menjaga kesehatannya dengan melakukan tips yang sudah di jelaskan di atas. Dengan menjaga kesehatan ibu otomatis ibu juga menjaga kesehatan janin dalam rahim, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Obat Batuk Pilek Yang Aman Untuk Ibu Hamil"