Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Saat masa kehamilan tiba, cairan tubuh dan nutrisi akan sangat di butuhkan oleh tubuh sehingga mengkonsumsi semangka untuk ibu hamil sangat di perlukan untuk menjaga asupan cairan dan nutrisi serta vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Buah semangka sangat berkhasiat sebagai penambah cairan tubuh dan untuk meringankan rasa panas yang sering muncul di bagian perut. Semangka juga bisa menghilangkan rasa mual dan kram otot yang sering terjadi pada awal-awal masa kehamilan.

Untuk janin yang dikandung, buah semangka berkhasiat untuk menunjang tumbuh kembang otot, otak, dan sistem imun dari janin. Resiko preeclampsia pada ibu hamil juga bisa diminimalisir hingga 50 % apabila sering mengkonsumsi buah semangka selama masa kehamilan. Dengan segala khasiat yang sudah disebutkan diatas, maka sangat dianjurkan untuk ibu hamil agar mengkonsumsi buah semangka segar setiap harinya.

Setidaknya mengkonsumsi minimal 4 potong dalam satu hari bisa memberikan khasiat yang komplit bagi ibu hamil maupun janin yang sedang dikandung. Khusus untuk ibu hamil yang menderita tekanan darah rendah, tidak dianjurkan mengkonsumsi buah semangka dalam jumlah yang banyak karena dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat. Jika tekanan darah menurun maka kondisi tubuh ibu hamil juga akan ikut menurun sehingga akan sering merasa kelelahan dan kurang bertenaga.

Semangka kaya akan kandungan air (90%), protein, karbohidrat, serat, vitamin A, B, C, asam amino, asam aminoasetat, asam malat, sukrosa, asam fosfat, fruktosa, arginin, betain, likopen, bromine, karoten, lisin, natrium, sirulin, silvit, kalium dan dekstrosa. Selain itu, buah semangka memiliki kandungan kalori yang rendah sekali sehingga tidak membuat kadar kolesterol naik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa khasiat dari jus semangka ternyata jauh lebih baik bila dibandingkan dengan suplemen khusus ibu hamil. Jus semangka kaya akan asam amino (sitrulin) dan juga arginin yang akan membantu merelaksasi pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi darah selama masa kehamilan.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa sel-sel usus akan menyerap asam amino/sitrulin lebih cepat dibandingkan dengan suplemen biasa.

Untuk mendapatkan semangka bukanlah sesuatu yang sulit, karena semangka merupakan salah satu jenis buah yang sudah sangat popular di daerah tropis seperti Indonesia. Di samping harganya yang relatif terjangkau dan mudah untuk di budidayakan, buah semangka juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Namun harap di perhatikan untuk beberapa ibu yang sedang menderita penyakit gula ringan, ginjal atau penyakit lainnya yang sudah di konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter konsumsi semangka harus dibatasi jangan sampai berlebihan.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil"