Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jantung Bengkak Pada Anak-anak Dan Orang Dewasa

Jantung Bengkak Pada Anak-anak Dan Orang Dewasa

Jantung bengkak secara medis dikenal dengan kardiomegali. Biasanya, kondisi ini terjadi pada anak-anak karena beberapa masalah kesehatan yang dasar.

Penyebab Penyakit Jantung

Ada banyak penyebab penyakit jantung. Sebagian besar penyakit jantung disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang dapat memberikan kontribusi pada pengerasan arteri.

Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk di arteri sebagai akibat dari pola makan yang tidak terkontrol dengan tingkat lemak jenuh tinggi dan lemak trans.

Semua ini mempengaruhi pembentukan lesi aterosklerosis dan penyumbatan arteri, yang pada akhirnya akan dapat merusak lapisan dalam pembuluh darah dan juga menghalangi transportasi oksigen serta nutrisi ke jantung, sehingga dapat didefinisikan sebagai faktor risiko penyakit jantung.

Gejala Penyakit Jantung

Sekarang mari kita berdiskusi mengenai gejala sakit jantung, kram kaki selama latihan atau olahraga mungkin disebabkan oleh dehidrasi. Sangatlah penting untuk minum banyak cairan selama latihan.

Kaki kram terjadi ketika otot terkejut setelah lama tidak berolahraga. Otot-otot yang paling umum untuk mengalami hal ini adalah otot yang melintasi dua sendi.

Tetapi, kram kaki saat berjalan mungkin merupakan indikasi penyakit jantung yang disebabkan oleh arteri kaki tersumbat oleh kolesterol dalam jumlah cukup banyak, yang kemudian disampaikan ke sel-sel oksigen di kaki Anda.

Kedua yaitu nyeri dada yang disebabkan oleh pembuluh darah di jantung tertutup sementara. Hal ini juga disebabkan oleh pasokan oksigen yang tidak memadai ke otot jantung atau koroner.

Keadaan nyeri dada dapat menjadi indikasi awal terjadinya serangan penyakit jantung, termasuk jantung bengkak.

Penyebab Jantung Bengkak

Penyebab jantung bengkak pada orang dewasa mungkin karena gangguan jantung atau bahkan kehamilan. Sementara, berikut ini adalah beberapa penyebab jantung bengkak pada anak-anak:

Salah satu penyebab utama jantung bengkak terlihat pada anak-anak yaitu cardiomyopathy. Dalam kondisi ini, jantung tidak dapat memompa darah dengan baik dan ini dapat menyebabkan gagal jantung kongestif.

Anak-anak biasanya menderita cardiomyopathy karena infeksi virus. Namun, hal itu juga bisa terjadi karena penyakit jantung bawaan, kekurangan gizi, kemoterapi atau irama jantung yang cepat.

Biasanya cardiomyopathy terjadi karena genetik dari bawaan lahir, namun kadang-kadang dapat terjadi tanpa alasan sama sekali.

Ada berbagai jenis cardiomyopathy yang mempengaruhi anak-anak dan menyebabkan jantung menjadi bengkak atau kardiomegali.

Cardiomyopathy kongestif adalah jenis yang paling umum. Juga dikenal sebagai cardiomyopathy yang melebar. Kondisi ini menyebabkan otot jantung meregang, yang membuatnya menjadi lemah.

Akibatnya, jantung tidak dapat memompa darah secara efisien. Kondisi ini menyebabkan masalah lain pada anak-anak contohnya aritmia, disritmia, gumpalan darah dan juga gagal jantung kongestif.

Secara umum, infeksi virus yang harus disalahkan untuk keadaan ini, karena infeksi dapat menyebabkan peradangan pada otot jantung. Penyebab lainnya adalah kemoterapi.

Tergantung pada usia dan kesehatan anak, akan dibuat suatu program pengobatan yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya, pengobatan terdiri dari yang berfungsi mengurangi ketegangan di jantung melalui obat-obatan khusus.

Jika jantung membesar karena infeksi virus, mungkin lebih baik setelah infeksi hilang. Namun, penerapan metode ini tidak aman. Jika kondisi memburuk, satu-satunya pengobatan yang dapat dilakukan adalah transplantasi jantung.

Kardiomiopati hipertrofik juga dikenal sebagai kardiomiopati obstruktif hipertrofik, asimetris septal hypertrophy atau idiopatik stenosis subaorta hipertrofik.

Ini adalah suatu kondisi langka di mana ventrikel kiri menjadi membesar atau dinding antara kedua ventrikel menjadi lebih besar. Jenis kardiomiopati ini juga dapat menyebabkan katup mitral melemah dan bocor, yang pada akhirnya dapat menyebabkan darah mengalir kembali dari ventrikel kiri ke atrium kiri.

Jenis kardiomiopati sering turun-temurun, dan menyebabkan rasa nyeri pada dada, pusing, pingsan, dan juga detak jantung yang abnormal.

Pengobatannya mirip dengan kardiomiopati kongestif, tapi kadang-kadang operasi diperlukan, di mana alat pacu jantung dimasukkan ke jantung, bagian dari jantung yang membesar akan dibuang atau transplantasi jantung dilakukan jika memang diperlukan.

Sekian artikel tentang jantung bengkak pada anak, semoga info seputar dunia kesehatan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Jantung Bengkak Pada Anak-anak Dan Orang Dewasa"