Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ingin Cepat Hamil Sehat? Hindari Konsumsi Multivitamin!

Ingin Cepat Hamil Sehat Hindari Konsumsi Multivitamin!

Jika anda ingin cepat hamil sebaiknya hindari mengkonsumsi multivitamin, setidaknya dalam waktu 6 bulan sebelumnya. Kebiasaan mengkonsumsi suplemen vitamin bukan saja akan menghambat wanita untuk bisa hamil namun juga meningkatkan risiko keguguran kalaupun terjadi kehamilan. Dua risiko yang sama-sama sangat tidak menguntungkan bagi wanita terkait masalah kehamilan.

Perubahan gaya hidup modern maupun dinamika kerja yang makin tunggu menuntut setiap orang untuk selalu sehat dan prima. Kondisi inilah yang mendorong kita untuk mengkonsumsi suplemen makanan ataupun multivitamin. Terutama untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin dan mineral. Tak sedikit pula wanita aktif yang mengikuti tren dengan mengkonsumsi multivitamin.

Hasil Riset Dari Mengkonsumsi Multivitamin

Namun tak sedikit hasil riset yang menemukan situasi yang justru kontraproduktif dari konsumsi multivitamin tersebut, terutama dengan keinginan atau target wanita yang segera memasuki jenjang pernikahan dan ingin cepat hamil.

Dalam riset yang dimuat dalam Journal of Epidemiology seperti dikutip Kompas menemukan bahwa konsumsi multivitamin sangat tidak mendukung proses kehamilan. Multivitamin yang dikonsumsi dalam riset itu meliputi vitamin C dan D untuk meningkatkan daya tahan tubuh ataupun vitamin B9 (folat) yang mencegah janin menderita cacat tulang belakang (spina bifida).

Seperti kita tahu, selama ini multivitamin seringkali dikatakan tak berpengaruh secara signifikan terhadap kehamilan. Hampir tak ada tenaga medis yang melarang konsumsi multivitamin terhadap wanita yang menginginkan kehamilan.

Bahkan tak sedikit yang menyarankan untuk mengkonsumsinya untuk menjaga kesehatan kehamilan. Karena itu pula suplemen bukan sesuatu yang mengkhawatirkan terhadap proses kehamilan.

Hasil Riset Berdasarkan Penelitian

Riset yang dilakukan terhadap sekitar 35 ribu wanita yang menginginkan kehamilan itu menemukan fakta yang boleh dikata cukup mengejutkan. Penelitian itu menemukan bahwa 32 persen wanita yang mengkonsumsi multivitamin secara terus menerus setidaknya selama 6 bulan sebelum proses pembuahan, berisiko mengalami keguguran.

Selain itu, sekitar 23 persen wanita juga berpotensi mengalami gangguan saat hamil atau bahkan keguguran jika mengkonsumsi multivitamin sekitar 3 hingga 4 minggu atau sekitar sebulan sebelum pembuahan.

Resiko Lain Yang Perlu Diketahui

Risiko akan makin bertambah besar dengan makin lamanya waktu konsumsi suplemen tersebut. Namun rata-rata risiko keguguran berkisar pada angka 30 persen jika wanita melakukan konsumsi multivitamin secara rutin sebelumnya.

Selain risiko terhadap potensi keguguran, konsumsi rutin sebelum kehamilan juga menghambat peluang untuk hamil. Meskipun belum ada rekomendasi medis tentang hal ini, namun jika Anda ingin cepat hamil dengan sehat tanpa risiko keguguran sebaiknya hindari konsumsi multivitamin.

Post a Comment for "Ingin Cepat Hamil Sehat? Hindari Konsumsi Multivitamin!"