Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Info Mengenai Penyakit Cacar Air

 Info Mengenai Penyakit Cacar Air

Kesehatan adalah segala-galanya bagi setiap orang. Karena dengan keadaan sehat kita bisa beraktivitas. Namun jika kita sakit, sudah badan rasanya tidak enak, mau makan pun rasanya juga enak.

Nah, otomatis aktivitas terganggu, bukan? Tidak semua penyakit datang atau menjangkit di dalam tubuh kita karena kesalahan dari diri kita yang tidak menjaga tubuh kita, namun ada juga penyakit yang hadir karena memang penyakit itu datang/hadir di semua orang/di setiap orang sekali dalam seumur hidup.

Apa penyakit itu? Ya, salah satunya ialah penyakit cacar air. Apakah Anda sudah pernah terjangkit penyakit ini? Mungkin Anda ada yang sudah dan ada yang belum pernah terkena penyakit ini.

Untuk itu bagi Anda yang belum pernah terjangkit penyakit ini, berikut penjelasan serta beberapa cara pengobatan cacar air.

Apa Itu Penyakit Cacar Dan Penyebabnya

Penyakit cacar air merupakan salah satu penyakit yang menular. Kenapa begitu? Ya, karena penyakit ini disebabkan oleh virus Vericella atau virus Vericella zostar (virus V-2).

Nah, adanya virus ini dapat menyebabkan di tubuh kita timbul cairan selaput lendir karena di dalamnya terdapat cairan vesikel. Selain itu cairan vesikel juga ada di dalam darah kita.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa penyakit ini menular karena memang segala penyakit yang diakibatkan oleh virus itu dapat menular ke orang lain.

Penularan penyakit ini bisa melalui percikan ludah atau juga bisa karena kontak langsung dengan cairan yang berisi virus tersebut.

Gejala Penyakit Cacar

Gejala penyakit ini ialah tubuh terasa panas/demam, tidak nafsu makan, lemah, sebagian besar kulit menjadi kemerahan seperti kalau terkena biang keringat.

Nah, setelah gejala awal tersebut muncul maka gejala selanjutnya ialah muncul bintik-bintik merah kecil yang berubah menjadi seperti benjolan kecil berisi cairan bening dan di dasar benjolan tersebut terdapat warna kemerahan.

Virus ini dapat menyebar ke seluruh tubuh dalam hari ke-3 atau hari ke-4. Di saat itu, cairan yang bening tadi berubah menjadi keruh.

Setelah tahu dengan ciri-ciri atau gejala penyakit cacar air tersebut, maka Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Sebenarnya penyakit ini bisa dicegah dengan memberi vaksin sehingga tubuh mendapat kekebalan setelah 2 minggu vaksinisasi.

Kembali ke memeriksakan gejala penyakit ini, setelah Anda positif dinyatakan oleh dokter Anda terkena penyakit cacar, maka Anda biasanya akan diberi beberapa obat minum, salep serta obat bubuk untuk mandi.

Penanganan Penyakit Cacar

Nah, biasanya ada orang yang membiarkan penyakit ini karena dianggap tidak begitu serius. Padahal penyakit ini sebenarnya merupakan salah satu penyakit yang mematikan.

Sekitar 10%-20% penderita dapat meninggal jika tidak segera mengobati penyakit ini. Nah, mungkin ada yang menyangkal hal tersebut karena ada orang yang bisa bertahan hidup, namun biasanya wajah dan tubuh mereka lubang-lubang karena benjolan tersebut pecah.

Selain Anda memeriksakan penyakit ini kepada dokter, Anda juga bisa mencoba mengobati penyakit cacar air ini dengan mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari bahan herbal.

Ramuan tersebut terbuat dari dinglo, bawang merah, daun sirih, jinten hitam, pinang muda, bangle, serta air secukupnya. Caranya, tumbuk bahan-bahan tersebut hingga halus, setelah itu tambahkan air secukupnya.

Untuk menghilangkan serat-seratnya, saring tumbukan tersebut, lalu minumlah.

Nah, jika cacar air tersebut membengkak, Anda bisa memberikan semprotan kunyahan bawang merah dan kunci ke bagian tubuh yang terdapat benjolan. Hal tersebut bisa Anda lakukan pada setiap pagi dan sore hari.

Gimana? masih ingin mengabaikan kesehatan anda? semoga artikel kesehatan ini berguna untuk pengunjung setia blog ini.

Posting Komentar untuk "Info Mengenai Penyakit Cacar Air"