Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gejala Penyakit Thyroid Dan Beberapa Pemicu Gondok

Gejala Penyakit Thyroid Dan Beberapa Pemicu Gondok

Jika ada yang belum mengerti apa itu penyakit thyroid atau gondok, maka simaklah beberapa penjelasan berikut tentang Thyroid dan beberapa pemicu penyakit gondok.

Penjelasan berikut ini sangat penting karena memang sangat berguna untuk mengerti beberapa penyebab dari penyakit agar kita bisa melakukan beberapa usaha pencegahan sebelumnya.

Pengertian Penyakit Thyroid Atau Gondok

Thyroid adalah sebuah kelenjar endokrin yang ada didalam leher dan mempunyai bentuk seperti kupu-kupu. Pada umumnya kelenjar ini berukuran sebesar ibu jari manusia.

Kelenjar ini menghasilkan sebuah hormon bernama tri-iodothyronine dan hormon tiroksin yang berfungsi sebagai pengatur metabolisme tubuh agar tubuh tetap terjaga dengan baik.

Gejala-gejala penyakit thyroid kadang dianggap sebagai penyakit biasa, maka dari itu banyak yang terjangkit penyakit dalam kelenjar thyroid ini dan mengalami penanganan yang kurang cepat. Berikut adalah beberapa gejala penyakit yang bisa terjangkit dalam kelenjar thyroid ini.

Gejala-Gejala Penyakit Thyroid

  1. Suara berubah (biasanya serak)
  2. Sulitnya pernapasan
  3. Sering gugup
  4. Mudah lelah
  5. Berkeringat abnormal (berlebihan)
  6. Denyut jantung tak beraturan
  7. Gemetaran pada tangan
  8. Mudah kedinginan

Gejala-gejala tersebut diatas merupakan gejala yang biasanya timbul tapi terkadang orang hanya menganggapnya sebagai penyakit temporer biasa.

Setelah mengetahui informasi ini alangkah sangat baik untuk tidak meremehkan penyakit kecil biasa yang menjadi gejala dari penyakit yang fatal seta menjaga gaya hidup sehat anda.

Penyakit Yang Biasa Menyerang Kelenjar Thyroid

Kelenjar thyroid dapat diserang oleh berbagai jenis penyakit. Berbagai jenis penyakit itu otomatis dapat memicu pembengkakan pada leher yang dapat menimbulkan benjolan atau yang biasa disebut dengan gondok.

Berikut akan dijelaskan beberapa penyakit yang biasa menyerang kelenjar thyroid ini.

Graves

Penyakit graves adalah terjadinya gangguan autoimun dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh mempunyai sebuah antibodi yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Namun, gangguan dalam autoimun membuat antibodi ini telah salah mengira bahwa tiroid sebagai penyakit dan menyerangnya. Alhasil, kelenjar yang terserang menghasilkan hormon tiroid berlebih yang menjadikannya memburuk dan membengkak (membesar).

Kanker thyroid

Kanker yang melanda salah satu sisi kelenjar thyroid.

Hashimoto

Penyakit Hashimoto ini juga menyerang autoimun dalam tubuh seperti halnya penyakit graves. Namun, akibat yang disebabkan adalah berkebalikan. Hashimoto menyerang autoimun sehingga kelenjar tidak menghasilkan hormon yang cukup untuk tubuh.

Nodul Thyroid

Pembesaran dalam kelenjar thyroid memunculkan adanya nodul yang berisi cairan. Nodul ini tumbuh pada kedua lobus tiroid dan nodul tunggal akan tetapi hanya tumbuh pada satu sisi tiroid saja.

Tioriditis

Tioriditis adalah peradangan pada kelenjar thyroid yang disebabkan oleh gangguan kesehatan dan gangguan yang lainnya. Peradangan ini bersifat sementara dan sangat jarang terjadi, karena memang hanya dianggap penyakit yang lewat saja.

Pada dasarnya, gondok akan timbul apabila kelenjar Thyroid kekurangan bahan bakarnya untuk memproduksi hormon. Bahan bakar itu adalah yodium.

Kelenjar thyroid yang tidak diasupi oleh yodium akan sangat rawan terkena penyakit gondok. Yodium adalah zat kandungan dalam garam dan banyak bahan makanan yang lain, jadi akan relatif gampang untuk usaha pencegahannya.

Demikian beberapa informasi mengenai gejala thyroid dan beberapa pemicu gondok yang dapat anda ambil manfaatnya. Dengan mengetahui beberapa informasi yang ada diatas, alangkah sangat baik bagi kita untuk tidak meremehkan berbagai penyakit, karena penyakit yang biasa sekalipun dapat memicu munculnya penyakit yang fatal.

Seperti halnya penyakit pada thyroid, apabila kelenjar terserang oleh penyakit dan dibiarkan saja, maka akan menimbulkan gondok yang terkadang dapat mengganggu pernapasan, dan kadang membuat makanan yang masuk terhambat

Posting Komentar untuk "Gejala Penyakit Thyroid Dan Beberapa Pemicu Gondok"