Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gejala Penyakit Jantung Yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Jantung Yang Harus Diwaspadai

Gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai. Semua orang mempunyai potensi yang sama terkena serangan jantung, termasuk Anda. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui tentang gejala dari penyakit jantung sebelum terlambat.

Penyakit jantung termasuk penyakit yang sangat berbahaya, yang bisa berujung pada kematian seseorang. Jika terlambat ditangani, penyakit jantung dapat mengambil nyawa orang dengan tiba-tiba, dan tak bisa diprediksi juga.

Mungkin saja Anda terlihat sehat saat ini, namun secara mendadak, bisa saja penyakit jantung menyerang dan Anda secara mendadak pula meninggal akibat serangan penyakit tersebut.

Gejala Penyakit Jantung

Gejala yang terjadi pada setiap individu bisa berbeda. Serangan jantung dapat dimulai tanpa merasakan rasa sakit yang tak jelas, rasa sesak pada bagian tengah dada, atau rasa tak nyaman namun samar-samar.

Terkadang, serangan jantung cuma menimbulkan rasa tak nyaman ringan, oleh karena itu, seringkali seseorang salah mengartikan gejala tersebut dengan gejala gangguan pencernaan, dan tidak memperhatikannya.

Untuk kondisi ini, satu-satunya jalan yang memungkinkan dalam mendeteksi serangan jantung pada seseorang yaitu dengan melakukan pemeriksaan ECG.

Berikut beberapa gejala spesifik dari serangan jantung yang umum terjadi serta tips sehat sederhana untuk menghindarinya;

Sesak Nafas

Anda dapat mengalami sesak nafas, ini adalah gejala dari terjadinya gagal jantung, sesak nafas adalah akibat masuknya cairan dalam rongga udara pada paru-paru, istilah kedokterannya adalah edema pulmoner atau kongesti pulmoner.

Rasa Nyeri

Seringkali sebelum serangan jantung mendadak, terdapat rasa nyeri pada otot, ini karena otot tak dapat pasokan darah yang cukup, istilah kedokterannya yaitu iskemi, sehingga akibatnya oksigen pun tidak memadai, hasil metabolisme berlebihan akan menyebabkan kram ataupun kejang.

Perasaan sesak di dada disebut dengan Angine, dada akan terasa seperti diremas-remas, inilah akibat apabila otot jantung tak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Rasa ketidaknyamanan dan nyeri, jenisnya dapat berbeda untuk setiap individu.

Bahkan beberapa orang mengalami kekurangan pasokan aliran darah, dapat tak merasakan gejala nyeri sama sekali, dikenal juga dengan nama lain silent ischemia.

Kepenatan Atau Kelelahan

Apabila jantung tak efektif memompa, akan berakibat aliran darah ke arah otot pada saat melakukan aktivitas pun berkurang, dapat menyebabkan penderita penyakit jantung merasakan gejala lemah dan juga lelah, walaupun gejala ini pada umumnya bersifat ringan.

Penderita penyakit jantung juga sering salah mengira bahwa gejala ini adalah bagian dari proses penuaan dan mengurangi aktivitas dengan bertahap untuk mengatasinya.

Jantung Yang Berdebar-debar

Penderita penyakit jantung juga umumnya mengalami gejala jantung berdebar-debar atau dikenal dengan palpitasi.

Pingsan Dan Pusing

Gejala berikutnya yaitu pingsan dan juga pusing. Ini terjadi karena terkait proses peredaran darah yang terhambat. Penurunan pada aliran darah, dikarenakan irama atau denyut jantung yang tidak normal, atau juga karena kemampuan memompa dari jantung yang buruk, dapat menyebabkan kondisi pingsan dan pusing pada pasien atau penderita penyakit jantung tersebut.

Berkeringat

Gejala penyakit jantung lainnya yaitu berkeringat. Walaupun tidak melakukan olahraga atau cuaca sedang tidak panas, namun Anda berkeringat, maka harus waspada terhadap serangan penyakit jantung. Ini adalah tanda bahwa jantung Anda bermasalah.

Perasaan Mual

Gejala mual juga dapat terjadi pada penderita penyakit jantung. Mual karena terjadinya pembengkakan pada bagian perut. Pasien pun dapat kehilangan nafsu makan, dan perasaan mual akan menjadi-jadi seiring waktu.

Sekian artikel tentang gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Gejala Penyakit Jantung Yang Harus Diwaspadai"