Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gejala Penyakit Cikungunya Dan Pencegahannya

Gejala Penyakit Cikungunya Dan Pencegahannya

Penyakit Chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk jenis ini adalah nyamuk jenis sama yang menularkan penyakit demam berdarah.

Walaupun ditularkan oleh jenis nyamuk yang sama, penyakit Chikungunya bisa dibilang masih lebih rendah resikonya dibanding demam berdarah karena menurut pengalaman yang sudah ada, penyakit ini tidak menyebabkan kematian. Chikungunya juga sering disebut sebagai flu tulang.

Penyakit Chikungunya Menular Atau Tidak

Nyamuk dengan infeksi Chikungunya ini menularkan virusnya dengan gigitan. Lebih hebatnya lagi adalah, jika nyamuk jenis lain menggigit orang yang mengidap Chikungunya yang kemudian hinggap dan menggigit orang yang masih sehat.

Orang sehat tersebut dapat tertular penyakit Chikungunya. Itulah kenapa, jika salah satu orang dalam lingkungan tertentu telah terkena terlebih dahulu, Chikungunya cepat menyebar.

Nyamuk yang menyebarkan virus Chikungunya ini adalah nyamuk yang suka dengan tempat yang pengap dan gelap. Nyamuk ini juga suka hinggap pada gantungan baju di sudut kamar dan yang sejenisnya. Karena itu penyakit Chikungunya sering muncul di tempat dan lingkungan yang kumuh.

Gejala Chikungunya

Gejala-gejala yang dialami penderita Chikungunya bermacam-macam, berikut adalah gejala-gejalanya:

  • Sakit perut
  • Mual-mual
  • Demam tinggi
  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi dan otot
  • Bintik merah di badan terutama pada lengan

Penderita Chikungunya akan mengalami demam secara tiba-tiba selama kurun waktu 5 hari. selama demam akan dibarengi dengan nyeri, linu dan pegal di sendi-sendi dan otot.

Meskipun ada yang merasakan kelumpuhan, itu hanya kelumpuhan sementara yang berangsur akan sembuh.

Jika anda mengalami gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter untuk melakukan medikal cek dan untuk penanganan yang lebih lanjut pula.

Untuk pengobatan yang mudah anda lakukan dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari banyak minum air putih dan konsumsi makanan yang sarat dengan protein, karbohidrat dan multivitamin.
Buah-buahan segar dan sayuran juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Lakukan istirahat yang cukup sembari makan makanan yang bergizi.

Meskipun penyakit Chikungunya ini tak menyebabkan kematian, penyakit tetaplah penyakit. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri pada sendi-sendi otot terutama pergelangan tangan dan kaki, oleh karena itu akan sangat merugikan kenyamanan hidup.

Pencegahan Chikungunya

Pencegahan dapat yang dapat dilakukan untuk penyakit Chikungunya ini adalah dengan memberantas sumber penyakit itu sendiri. Yaitu pemberantasan nyamuk Aedes Aegypti.

Cara yang paling mudah dan dianjurkan adalah dengan 3 M (Menguras, Menimbun, Menutup). Upaya yang dilakukan dalam 3 M bertujuan untuk mencegah jentik-jentik nyamuk berkembang biak.

Mengingat pertumbuhan nyamuk ini yang hanya selama 7-10 hari menjadi dewasa, harap untuk menguras bak madi dan tempat yang biasanya ditempati air sebanyak 1 kali dalam seminggu.

Upaya dengan melakukan fogging juga kerap dianjurkan agar nyamuk yang telah berkeliaran dapat diberantas dengan bersih.

Demikian beberapa gejala penyakit Chikungunya dan beberapa pencegahannya. Pada dasarnya inti dari beberapa pencegahan diatas adalah menerapkan pola hidup sehat dalam lingkungan yang sehat.

Dengan kata lain, kita menciptakan lingkungan yang tidak dapat dihinggapi oleh nyamuk agar terhindar dari penyakit. Bukan hanya penyakit Chikungunya saja, pola hidup sehat dalam lingkungan yang sehat juga akan menghindarkan berbagai penyakit yang akan timbul.

Berdasarkan pengalaman yang ada, penyakit Chikungunya akan sulit terjangkit pada penderita yang telah mengalami penyakit itu. Dengan kata lain, orang yang pernah mengidap penyakit Chikungunya, akan sulit mengidap Chikungunya kembali.

Karena diyakini tubuh telah menciptakan sejenis antibodi yang berguna untuk kekebalan penyakit Chikungunya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Posting Komentar untuk "Gejala Penyakit Cikungunya Dan Pencegahannya"