Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ciri Ciri Janin Sehat Pada Trimester Pertama

Ciri Ciri Janin Sehat Pada Trimester Pertama

Ciri Ciri Janin Sehat Pada Trimester Pertama. Kehamilan trimester pertama merupakan tahapan yang paling rawan sekaligus menakjubkan. Sejak konsepsi terjadi, sang ibu akan merasakan adanya tanda atau ciri hamil yang membuat hari-hari kehidupan sang ibu sangat menggelisahkan.

Terlebih setelah 40 hari masa kehamilan saat janin telah mendapat ‘tiupan’ ruh yang membuatnya menjadi makhluk hidup, gejolak yang dirasakan ibu pun akan semakin menjadi dan bertambah hebat. Pada artikel ini kita akan lebih khusus membahas pertumbuhan dan ciri ciri janin sehat pada trimester pertama.

Tanda Janin Berkembang Pada Trimester Pertama

Untuk mengetahui dan lebih mengenali masa kehamilan trimester pertama maupun perkembangan janin selanjutnya, berikut dipaparkan tahapan yang terjadi pada janin dan apa yang perlu dilakukan ibu untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan calon bayi tersebut.

Masa Hamil 6 Minggu

Setelah konsepsi terjadi, sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim dan terus berkembang hingga terbentuknya plasenta dan ari-ari tempat menyalurkan nutrisi. Pada proses ini, tanda hamil akan dirasakan ibu, seperti menstruasi terlambat datang, mual dan muntah, payudara membesar, sering buang air kecil, hingga timbulnya gejolak emosional.

Pada saat inilah sang ibu perlu menjaga betul dan hati-hati setiap perbuatannya agar tidak membahayakan janin. Setelah embrio memasuki minggu ke-6, ruh pun ditiupkan pada embrio yang kemudian diikuti dengan detak jantung yang mulai terasa, begitu juga semua organ penting dan sistem saraf tubuh tumbuh.

Pertumbuhan bagian tubuh lainnya juga berkembang sangat pesat dan menjadi sempurna seperti manusia utuh hingga akhir bulan ketiga. Perkembangan embrio yang pesat ini memberikan pengaruh terhadap kondisi ibu, seperti rasa malas yang sangat.

Pada tahap ini asupan gizi yang cukup dan seimbang harus diperhatikan betul oleh sang ibu karena kebutuhan janin pada kehamilan trimester pertama ini sangat membutuhkan asupan bergizi agar pertumbuhannya optimal.

Masa Kehamilan 4 Bulan

Memasuki kehamilan 4 bulan ini berbagai gejolak yang sebelumnya sangat menggelisahkan ibu sudah mulai berkurang. Bahkan periode kehamilan trimester kedua merupakan masa yang paling menyenangkan buat sang ibu.

Seiring hilangnya berbagai keluhan hamil, ibu biasanya juga meningkat libido seksualnya sehingga ibu bisa berhubungan saat hamil dengan aman meski perlu hati-hati agar tidak menindih janin. Pada periode ini, janin sudah mampu merespon pengaruh dan rangsangan dari luar, seperti dengan melakukan gerakan atau menandang perut ibu.

Adanya suara ataupun cahaya juga sering direspon janin, sehingga ibu dapat memanfaatkan periode ini untuk melatih janin dengan berbagai suara musik yang dapat merangsang janin.

Masa Kehamilan 5 Bulan

Perkembangan bayi pada masa kehamilan 5 bulan ini juga makin pesat, termasuk berbagai indranya. Rahim ibu juga akan memproduksi selaput putih yang berguna untuk melapisi dan melindungi kulit tubuh janin.

Rambut pun sudah mulai tumbuh, begitu juga alis dan bulu matanya. Meskipun mata janin masih terlihat terpejam, namun bisa menangkap dan merespon pengaruh cahaya yang terang dari luar.

Masa Kehamilan 6 bulan

Pada masa kehamilan ini, janin makin mampu membuat gerakan meski tak ada rangsangan dari luar, terutama saat ibu sedang tidur atau beristirahat. Sistem pencernaan dan kekebalan tubuh janin pun makin berkembang dengan baik.

Pada masa ini ibu tetap harus selalu memperhatikan asupan gizinya yang cukup karena kebutuhan janin yang makin meningkat. Untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi persalinan, ibu perlu mulai melakukan senam hamil atau gerakan ringan yang mendukung untuk mengkondisikan menjelang persalinan.

Masa Kehamilan 8 Bulan

Pada periode ini bayi tumbuh membesar dengan berat umumnya sudah mencapai sekitar 2,25 kilogram. Kadang ada ibu yang sudah mulai merasakan kontraksi palsu dengan mengencangnya otot-otot rahim dan perut (sering diistilahkan kontraksi Braxton Hicks).

Posisi janin pun kerap menimbulkan tekanan pada diafragma, sehingga ibu perlu mulai berlatih pernafasan untuk persiapan persalinan. Dibandingkan kehamilan trimester pertama, inilah saat-saat ibu harus mempersiapkan diri untuk proses persalinan.

Semoga penjelasan ciri ciri janin sehat pada trimester pertama bisa bermanfaat untuk kita semua sebagai tambahan ilmu dalam menghadapi masa trimester pertama kehamilan. Silahkan share jika artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "Ciri Ciri Janin Sehat Pada Trimester Pertama"