Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Cara menjaga berat badan saat hamil. Menjaga berat badan saat hamil merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan. Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa penambahan berat badan selama kehamilan merupakan hal yang lumrah.

Memang, karena janin dalam kandungan juga tumbuh dan berkembang, maka akan menambah berat badan ibu. Namun berat badan yang berlebihan patut diwaspadai karena dapat menimbulkan komplikasi dan juga dapat menimbulkan gangguan saat hamil yang berbahaya bagi janin maupun ibu hamil.

Jika penambahan berat badan selama hamil melebihi 1 kg dalam seminggu, maka patut diwaspadai. Apalagi jika disertai kaki yang membengkak, air seni menjadi keruh, tekanan darah meningkat, kepala terasa nyeri, serta pandangan mata terasa berkunang. Kondisi ini bisa jadi merupakan gejala pre-eclampsia yang bila tidak segera diatasi bisa mengancam nyawa ibu maupun janin.

Obesitas saat hamil juga dapat membawa dampak yang cukup berbahaya, seperti kelahiran premature kemungkinan terjadinya komplikasi, ataupun risiko lainnya. Karena itulah menjaga berat badan saat hamil harus diperhatikan dengan baik. Nah, berikut beberapa hal menjaga berat badan selama kehamilan.

Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil

1. Menjaga penambahan berat badan saat hamil hendaknya dilakukan berdasarkan indeks massa tubuh sebelum kehamilan. Jika anda termasuk orang dengan berat badan normal, maka penambahan berat yang ditolreansi adalah antara 11,3 hingga 15,9 kilogram.

Untuk wanita yang memiliki berat badan berlebih, maka penambahannya antara 6,8 hingga 11,3 kg, sedangkan untuk wanita obesitas sebaiknya penambahan berat badan saat hamil tidak melebihi 4,8 hingga 9 kg.

2. Hindari menerapkan pola ‘untuk dua orang’ atau hanya menuruti nafsu makan tanpa memperhatikan indeks masa tubuh anda. Makanlah secara seimbang dan cukup, baik gizi maupun volumenya.

Sebagai acuan untuk ibu hamil dengan berat badan normal, sebaiknya hanya mengonsumsi tambahan tidak melebihi dari 300 kalori setiap harinya selama hamil.

3. Lakukan olah raga ringan selama kehamilan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Umumnya wanita hamil dianjurkan untuk melakukan olah raga ringan setidaknya sekitar 150 menit setiap minggunya. Senam hamil ataupun sekedar jalan pagi merupakan olah raga yang sangat baik untuk ibu hamil.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga berat badan selama kehamilan. Dengan mengatur pola makan, olah raga, dan gaya hidup sehat, maka berat badan saat hamil akan dapat dijaga dengan baik. Semoga tips cara menjaga berat badan saat hamil bermanfaat untuk kita semua.

Post a Comment for "Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil"