Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Naik Pesawat?

 Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Naik Pesawat

Bolehkah ibu hamil 8 bulan naik pesawat ? memang merupakan sebuah aktivitas perjalanan yang terdengar sangat beresiko. Akan tetapi sebenarnya ibu hamil masih diperbolehkan untuk naik pesawat asalkan tetap memperhatikan beberapa hal untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan juga janin yang sedang dikandung. Jadi jika pertanyaannya Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Naik Pesawat, tentu saja boleh, namun ada beberapa hal yang harus ibu perhatikan.

Untuk bepergian sekarang ini memang sudah dimudahkan dengan berkembangnya teknologi seperti pesawat terbang. Jarang yang biasanya ditempuh 1 hari perjalanan dengan mobil, bisa ditempuh hanya dalam waktu 1 jam perjalanan dengan pesawat terbang. Namun bagaimana halnya jika kondisi ibu sedang hamil? berikut ini penjelasannya apa saja yang harus dipersiapkan.

Sebelum melakukan perjalanan menggunakan pesawat alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan tentang apa-apa saja yang harus dilakukan jika memang harus bepergian dengan pesawat terbang.

Siapkan juga surat keterangan dari dokter untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu diminta oleh petugas bandara ataupun oleh maskapai penerbangan. Usia kehamilan 4-6 bulan merupakan waktu yang sangat tepat untuk melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Pada usia kehamilan ini, biasanya ibu hamil sudah melewati masa sulit yang sering dikeluhkan yakni masa morning sickness.

Pada masa ini, ibu hamil akan sering mengalami mual dan muntah yang tentunya akan sangat merepotkan apabila terjadi di dalam pesawat terbang. Namun, ibu hamil juga harus tetap menyiapkan diri jika sewaktu-waktu merasa cape, pusing dan mabuk udara ketika melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Saat berada di dalam pesawat terbang, disarankan untuk memilih tempat duduk yang berdekatan dengan lorong dan toilet.

Tempat duduk dilorong atau berdekatan dengan toilet sangat penting karena jika sewaktu-waktu ingin buang air kecil maka tidak perlu repot dan berjalan cukup jauh dari tempat duduk. Selain itu, hamil ketika naik pesawat juga disarankan untuk memakai stoking untuk mencegah pembekuan darah yang mungkin bisa terjadi selama duduk dalam waktu yang lama di dalam pesawat terbang.

Ada baiknya juga untuk tidak hanya berdiam diri di bangku namun juga mencoba beranjak dari tempat duduk untuk sekedar berjalan-jalan tiap satu jam sekali agar peredaran darah tidak terhambat dan tegang karena kelamaan duduk.

Pastikan juga bahwa ibu hamil membawa obat anti mual dan juga memperbanyak minum air putih selama perjalanan agar tidak mengalami dehidrasi. Selama melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, usahakan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas seperti brokoli, kol dan minuman ringan bersoda. Gas yang berada dalam tubuh akan mudah sekali mendapat tekanan udara dalam pesawat yang akan mengakibatkan perut ibu hamil menjadi mual dan sakit.

Dan yang tidak kalah penting adalah adanya pendamping yang kuat dan bisa diandalkan, pendamping tersebut nantinya yang akan menjaga anda selama perjalanan, jadi diusahakan pendamping adalah seorang pria dewasa. Bisa suami, saudara atau keluarga lainnya.

Terakhir, jika tidak diperlukan melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat bagi ibu hamil memang tidak disarankan, namun jika halnya mendesak dan tidak bisa ditawar lagi maka ibu hamil dengan rentang kehamilan tertentu boleh naik pesawat dengan melakukan tips naik pesawat yang benar seperti yang sudah dibahasa di atas.

Semoga informasi Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Naik Pesawat yang banyak menjadi kekhawatiran dan kecemasan ibu selama ini bisa terjawab. Semoga informasi ini bermanfaat dan silahkan share dengan mengklik tombol share di bawah.

Post a Comment for "Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Naik Pesawat?"