Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Berat Badan Pengaruhi Kesuburan

Berat Badan Pengaruhi Kesuburan

Bagi setiap pasangan yang ingin segera memiliki anak, mungkin Anda dan pasangan harus mulai memperhatikan bobot tubuh. Berat badan adalah salah satu faktor penentu kesuburan baik pria maupun wanita.

Itu sebabnya bagi Anda yang terlalu kurus atau gemuk, bobot tubuh yang ideal sangatlah penting.

Salah satu indikator termudah untuk mengetahui bobot tubuh ideal adalah dengan Indeks Massa Tubuh (IMT). Cara menghitung IMT adalah Berat Badan (kg) : (Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)). Klasifikasi IMT normal berada di angka 18,5 – 24,9. Bila IMT dibawah angka 18,5 berarti Anda termasuk kurus, dan bila diatas 24,9 Anda termasuk gemuk.

Kegemukan yang dialami wanita dapat memicu beberapa gangguan reproduksi sebagai berikut:

Kelebihan Lemak Tubuh

Kelebihan lemak tubuh menyebabkan produksi hormon esterogen yang berlebihan sehingga mengakibatkan keadaan hormon menjadi tidak seimbang.

Hormon yang tidak seimbang ini menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut di daerah-daerah tertentu, dan jerawat.

Resistensi Insulin

Resistensi insulin dapat disebabkan oleh kegemukan yang menyebabkan hormon insulin yang diproduksi pankreas tidak bekerja dengan semestinya.

Keadaan ini berkaitan dan menyebabkan PCOS (Polycystic Ovary Syndrome). Wanita dengan PCOS mengalami gangguan haid dan dalam beberapa kasus terbentuk kista-kista kecil di rahim.

Wanita dengan bobot tubuh kurang seringkali mengalami permasalahan haid yang tidak teratur. Hal ini disebabkan oleh kurangnya lemak pada tubuh yang merupakan kandungan untuk memproduksi hormon yang berpengaruh pada proses reproduksi.

Siklus menstruasi yang tidak teratur mempersulit perhitungan masa subur, sedangkan masa subur adalah peluang terbesar untuk bisa hamil.

Masalah pada pria yang kegemukan adalah kelebihan lemak tubuh. Lemak tubuh akan memiliki pengaruh pada suhu tubuh termasuk suhu tubuh di bagian testis.

Hal ini menyebabkan gangguan pada proses produksi sperma sehingga sperma memiliki kuantitas yang terlalu sedikit atau kualitas yang buruk.

Jadi, menjaga agar bobot tubuh tidak terlalu kurus ataupun gemuk adalah salah satu usaha untuk memiliki momongan. Bagi Anda yang gemuk, dapat menjaga pola makan sehat ataupun mulai berolahraga secara teratur.

Sedangkan jika Anda termasuk yang kurus, mulailah dengan pola makan yang teratur serta makanan bergizi yang kaya akan protein.

Post a Comment for "Berat Badan Pengaruhi Kesuburan"