Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bahagianya Merasakan Hamil Muda

Bahagianya Merasakan Hamil Muda

Bagaimana sih rasanya hamil muda? Coba pertanyaan ini anda sodorkan kepada para wanita menikah yang pernah mengalami kehamilan. Boleh dikata jawaban mereka akan senada: ah...bahagianya bisa merasakan kehamilan. Perasaan yang jauh lebih dalam tentu akan dirasakan oleh ibu yang baru pertama kali mengalami hamil.

Betapa bahagianya merasakan adanya sesuatu yang tiba-tiba muncul dalam rahim perut yang nantinya akan mewarisi banyak sifat, karakter, maupun gen dari kedua orang tuanya. Bagi pasangan yang baru saja menikah, kehamilan merupakan suatu momentum yang bukan saja ditunggu dan diharapkan, namun juga merupakan suatu sejarah baru yang tengah mereka bangun.

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Ada sejumlah gejala hamil muda yang biasanya menyertainya. Diantaranya sering mengalami mual dan rasa ingin muntah akibat peningkatan asam lambung yang menyebabkan lambung menipis sehingga menimbulkan rasa mual.

Ibu yang baru mengalami kehamilan juga mengalami perubahan emosi dan peningkatan sensitivitas, terutama terhadap bau yang ada di sekitarnya. Karena itu para suami tak perlu heran jika istrinya yang sebelumnya mesra dan senang dengan bau keringatnya, tiba-tiba menjauh dan mudah murah.

Masa kehamilan awal juga ditandai dengan tubuh yang mudah lelah, lemas, dan mendorong sang ibu lebih memilih untuk bermalas-malasan. Ibu juga mengalami terlambat haid, mengalami kram pada perut, sering pusing, punggung terasa sakit, payudara membengkak dan terasa lebih sensitif dan lembut, serta terjadinya perubahan bentuk tubuh terutama pada bagian paha dan pinggul.

Masa atau periode awal ibu hamil muda merupakan waktu yang sangat riskan dan kritis. Tahap awal proses terbentuknya janin ini memang rentan terhadap pengaruh buruk dari luar. Karena itu perlindungan dan perawatan yang ekstra hati-hati perlu diberikan agar tidak terjadi keguguran. Suami pun akan terlibat secara aktif dalam menyediakan berbagai kebutuhan ibu maupun menjaganya dari berbagai pantangan.

Pantangan hamil muda yang sebaiknya diperhatikan para wanita diantaranya agar tidak merokok atau minum minuman keras karena sangat berbahaya terhadap janin. Ibu yang sedang hamil juga sebaiknya menjaga diri agar tidak mengalami stress atau kelelahan fisik. Kalaupun bekerja di kantor, sebaiknya pilih jenis pekerjaan yang tidak menguras tenaga dan pikiran. Senam hamil cukup baik meski harus dilakukan dengan hati-hati dan bertahap.

Makanan Yg Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Sebaliknya, agar janin aman dan dapat berkembang dengan optimal dan sehat, maka harus memperhatikan asupan makanan untuk ibu hamil muda. Kecukupan makanan ini bukan saja penting untuk janin namun juga sangat dibutuhkan sang ibu untuk mempertahankan kesehatannya hingga proses persalinan.

Makanan ibu hamil muda perlu diberikan dengan prinsip kecukupan dan seimbang. Terjadinya sejumlah kasus ibu hamil yang mengalami kekurangan zat besi atau anemia akan membawa pengaruh buruk terhadap janin. Makanan yang diberikan untuk ibu hamil juga mesti memperhatikan keseimbangan karena janin maupun ibu membutuhkan beragam vitamin dan gizi.

Begitu juga jika makanan sehat ibu hamil muda kurang mencukupi, maka janin akan mengambilnya dan menyerapnya dari ibunya. Apabila hal ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama, maka calon bayi dapat mengalami defisiensi gizi yang akan sangat membahayakan kesehatan maupun pertumbuhan janin.

Dengan menjaga, melindungi, dan memberikan asupan gizi yang cukup dan seimbang sejak ibu hamil muda, maka akan dapat mencegah berbagai kemungkinan buruk yang bakal terjadi.

Post a Comment for "Bahagianya Merasakan Hamil Muda"