Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Pantangan ibu hamil merupakan beberapa hal yang dilarang dilakukan saat sang ibu sedang mengandung. Mungkin kebanyakan ibu hamil belum mengetahui hal tersebut sehingga bisa menimbulkan akibat buruk bagi si ibu dan bayi yang dikandungnya. Pada kesempatan kali ini kita akan khusus membahas makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil agar ibu lebih waspada dan bisa mempersiapkan kelahiran bayinya dengan lebih baik.

Pantangan ini tidak hanya bersifat mitos namun memiliki latar belakang medis yang bisa dipercaya, karena sangat penting untuk diterapkan pada ibu yang sedang hamil demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran ataupun resiko lainnya saat proses persalinan.

Untuk menambah referensi mengenai berbagai pantangan tersebut, berikut ini kami tampilkan beberapa pantangan ibu hamil yang perlu untuk diketahui.

Obat-obatan

Obat merupakan senyawa kimia yang juga dapat membahayakan kesehatan dan perkembangan janin. Oleh karena itu, apabila ibu hamil mengalami sakit maka disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang obat yang baik untuk dikonsumsi sehingga tidak akan memberikan efek samping yang tidak baik terhadap Anda dan janin.

Merokok

Merokok ataupun berada di tengah-tengah para perokok akan membuat ibu hamil menghirup racun dalam setiap satu hisapan rokok tersebut. Dalam asap rokok terkandung ribuan senyawa kimia beracun yang dapat membahayakan janin seperti nikotin, tar dan karbon monoksida. Selain itu, beberapa senyawa kimia dalam asap rokok bisa menimbulkan kanker, lahir prematur dan bahkan kematian.

Minuman Keras

Minuman keras atau beralkohol adalah suatu minuman yang tidak baik bagi kesehatan, untuk ibu hamil minuman keras berpotensi menimbulkan beberapa dampak negatif yang lebih berbahaya untuk bayi atau janin seperti keterbelakangan mental, cacat bawaan, kelainan bentuk wajah pada bayi, gangguan sistem saraf pusat dan organ vital dalam tubuh.

Mandi Dengan Air Panas

Mandi menggunakan air panas memang sangatlah menyenangkan, namun untuk ibu hamil mandi dengan air hangat sangatlah tidak dianjurkan. Berendam atau sauna dengan air hangat juga sebisa mungkin dihindari dulu karena pada dasarnya bisa memicu timbulnya kontraksi pada ibu hamil. Untuk mengantisipasinya cobalah untuk mandi lebih sore sehingga air yang dipakai lebih hangat di banding air saat petang atau malam.

Parasit Toksoplasmosis

Saat hamil sebaiknya calon ibu menjauhkan diri dari kandang atau tidak membersihkan kotoran dari hewan peliharaannya. Kotoran hewan tersebut bisa mengandung parasit toksoplasmosis yang akan mengakibatkan keguguran, bayi lahir cacat atau terjadinya kerusakan pada berbagai organ dan sistem saraf pusat bayi.

Stres

Kondisi stres dan depresi bisa menimbulkan rasa cape, sakit kepala, sakit dan rasa tegang pada bagian punggung. Ibu hamil yang stres berat cenderung akan melahirkan bayi prematur. Stres juga bisa mengganggu proses aliran darah ke plasenta sehingga janin tidak bisa menerima oksigen dan nutrisi secara normal. Jadi hindarilah gangguan psikis ini, usahakan selama melewati proses kehamilan suasana keluarga tenang dan kondusif.

Itulah beberapa tips sehat mengenai pantangan yang perlu dihindarkan oleh ibu hamil, selamat mencoba dan semoga lancar dalam menjalani proses kehamilan.

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil yang perlu ibu ketahui dalam mempersiapkan kelahiran buah hatinya ke dunia. Semoga informasi ini bermanfaat

10 tips ibu hamil wajib diketahui dan bermanfaat

Berbagai tips ibu hamil yang bermanfaat sangat diperlukan dalam masa-masa kehamilan agar Anda senantiasa tetap bisa merasa luar biasa, bahagia dan tetap sehat saat menjalani masa kehamilan.

Perasaan yang nyaman dan bahagia bisa membuat Anda nyaman dalam merawat diri sendiri dan juga janin yang sedang dikandung dengan baik. Jika dihitung maka akan banyak sekali hal-hal positif yang masih bisa Anda lakukan saat hamil sehingga masa kehamilan Anda menjadi sangat menyenangkan.

Berikut ini 10 tips ibu hamil yang bisa dijadikan referensi terutama bagi calon ibu yang pertama kali hamil dan sedang menantikan bayi pertamanya.

1. Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang setiap harinya. Pola makan yang baik akan menjaga tubuh dan janin anda tetap sehat, serta terjaga semua kebutuhan asupan makanan yang diperlukan.

2. Memperbanyak asupan vitamin dan suplemen. Vitamin dan suplemen adalah penyempurna dari asupan pola makan yang teratur, dengan vitamin dan suplemen yang baik maka anda dan janin akan memiliki perkembangan yang baik.

3.Meminum air putih. Minumlah air putih setidaknya 8 sampai 10 gelas sehari dan juga menghindari minuman yang mengandung kafein dan pewarna buatan.

4.Jangan meminum alkohol atau minuman keras. Alkohol akan membuat perkembangan janin dan kehamilan Anda menjadi terganggu dan beresiko menimbulkan berbagai hal yang buruk.

5.Jangan merokok atau membiarkan diri Anda berada di lingkungan yang penuh asap rokok. Rokok mengandung nikotin dan tar yang sangat berbahaya bagi otak, selain pengaruh rokok secara langsung menghirup asap rokok secara pasif juga tidak kalah bahayanya, untuk itu ingatkan keluarga atau saudara anda yang merokok untuk jauh-jauh dulu dari Anda saat merokok.

6. Melakukan olahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan dan juga dapat membantu mengurangi stres. Anda bisa mengikuti kelas olahraga khusus untuk ibu hamil ataupun bisa dengan berjalan kaki setidaknya 15-20 menit setiap harinya dengan kecepatan sedang. Dianjurkan untuk berjalan kaki di tempat-tempat yang sejuk, teduh atau di dalam ruangan untuk menghindari kepanasan akibat sinar matahari yang terlalu terik.

7. Usahakan untuk tidur yang berkualitas sekitar 8 jam setiap malamnya.

8. Memakai pakaian dan sepatu yang nyaman setiap hari untuk mencegah kepanasan dan juga pembengkakan pada bagian kaki. Gunakan bahan pakaian yang lentur dan hindari pakaian yang ketat dan berbahan keras seperti jeans dan sebagainya.

9. Selalu memakai sabuk pengaman saat mengendarai kendaraan bermotor. Selain itu, ibu hamil dianjurkan untuk duduk di jok yang tidak memiliki kantong udara saat mengendarai mobil.

10. Jika Anda sering menggunakan obat rumahan atau herbal sebelum hamil, maka sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan apakah obat tersebut masih aman digunakan ketika Anda hamil. Ini sangat penting untuk mencegah efek samping atau alergi yang mungkin bisa saja timbul akibat penggunaan obat herbal tersebut.

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil yang perlu ibu ketahui dalam mempersiapkan kelahiran buah hatinya ke dunia serta tips untuk ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat, semoga membantu.

Post a Comment for "Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil"