Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Manfaat Musik Yang Mendukung Kesehatan Anda

4 Manfaat Musik Yang Mendukung Kesehatan Anda

Mendengarkan beberapa lagu favorit memang bisa meningkatkan mood dan membuat kita lebih bersemangat dari sebelumnya. Namun, manfaat musik ternyata tidak hanya sebatas itu saja, karena ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan melalui alunan-alunan suara yang indah tersebut. 

Berikut Lima Manfaat Musik Bagi Kesehatan Anda

Meredakan Rasa Sakit

Salah satu cara untuk mengatasi rasa sakit adalah dengan mengalihkan perhatian ke hal-hal lain dan musik bisa menjadi pengalihan perhatian yang menyenangkan.

Telah digunakan untuk membantu mengelola rasa sakit yang terkait dengan operasi, rehabilitasi fisik, melahirkan, kanker, perawatan luka bakar, dan kondisi lainnya.

Dalam sebuah studi dari University of Utah Pain Research Center, relawan yang sehat diminta untuk mendengarkan musik serta mengikuti melodi.

Pada saat yang sama, mereka diberikan guncangan dan berbagai hal lain yang mampu memberikan rasa sakit. Mereka yang mendengarkan musik merasa rasa sakit tersebut berkurang dan para ahli mengatakan bahwa tingkat kecemasan dan rasa sakit yang mereka derita telah terjebak didalam musik.

Mengurangi Stress

Musik dapat menenangkan pikiran dan jiwa. Dalam sebuah studi dari Universitas Tzu Chi di Taiwan, para perawat yang memiliki tingkat stress tinggi secara langsung diberikan perintah untuk mendengarkan musik dalam periode waktu yang ditentukan.

Hasilnya, mereka yang berada pada kelompok pendengar musik memiliki tingkat stress yang berkurang, tekanan darah lebih rendah, denyut jantung stabil, dan tingkat hormon stres yang lebih rendah.

Meningkatkan Sistem Imun

Beberapa studi telah membuktikan bahwa musik dapat memberikan peningkatan terhadap kualitas sistem imun yang Anda miliki. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bedah Jantung.

Peneliti Jepang memainkan musik untuk tikus yang telah mengalami transplantasi jantung. Hasilnya, tikus mengalami peningkatan sel-sel imunitas yang mereka miliki secara bertahap.

Memberikan Semangat

Musik di dalam gym center atau yang Anda dengar menggunakan headset ketika jogging dapat memotivasi diri untuk berolahraga lebih lama dan lebih keras.

Dalam penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan 2012 dari British Psychological Society, psikolog musik Alexandra Lamont menemukan bahwa atlet yang sedang berkompetisi mendapatkan tingkat energi yang lebih tinggi ketika mereka berada di lapangan karena mendengarkan musik.

Mempercepat Tidur

Manfaat musik yang terakhir adalah pengantar tidur yang baik. Ini telah dibuktikan melalui perannya dalam mengobati penyakit insomnia atau susah tidur. Jika Anda mengalaminya cobalah manfaatkan musik klasik ketika ingin tidur.

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Musik Yang Mendukung Kesehatan Anda"