Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Telinga Bayi Keluar Cairan Seperti Ingus

 Telinga Bayi Keluar Cairan Seperti Ingus

Telinga bayi keluar cairan seperti ingus. Kita sebagai orang tua ketika melihat ada yang tidak beres dengan kesehatan anak- anak tentu akan merasa khawatir dan cemas. Misalnya saja pada saat kita mendapati telinga bayi keluar cairan seperti ingus secara tiba-tiba.

Banyak faktor yang mengakibatkan telinga bayi keluar cairan seperti ingus & sebenarnya ini adalah kondisi wajar. Bayi juga memiliki kotoran dalam telinganya dan jika tidak dibersihkan, maka kotoran tersebut akan keluar dengan sendirinya bisa berbentuk cairan.

Telinga bayi keluar cairan seperti ingus merupakan cairan berbentuk minyak yang dihasilkan dalam tubuh bayi agar menghindari masuknya benda bebahaya seperti, debu, serta bakteri masuk ke rongga telinganya.

Telinga Bayi Keluar Cairan Seperti Ingus

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan telinga bayi keluar cairan seperti ingus yang perlu ibu ketahui:

1. Adanya Infeksi Pada Telinga Bayi

Infeksi yang terjadi pada telinga bayi terutama pada bagian tengahnya bisa menjadi penyebab telinga bayi keluar cairan seperti ingus. Penyebabnya bisa berasal dari bakteri yang menginfeksi telinga dan bisa juga berasal dari virus.

Usia bayi yang sering mengalami infeksi ini adalah antara usia 6 sampai 2 tahun dan sangat jarang terjadi pada orang dewasa dan orang tua. Penyebabnya karena perbedaan daya tahan tubuh.

Banyak sekali resiko yang terjadi akibat dari infeksi yang ini seperti sulit mendengar, badan bayi menjadi demam, sering diare, hingga turunnya nafsu makan anak.

2. Air

Jika cairan yang keluar dari telinga bayi adalah berupa air, makan bisa jadi ini akibat dari air yang masuk ke dalam telinga bayi pada saat dimandikan. Jika hal ini terjadi maka ibu tidak perlu khawatir sebab tidak membahayakannya karena telinga bayi keluar cairan seperti ingus.

3. Trauma Yang Terjadi Pada Telinga

Bayi seringkali mengambil benda-benda asing yang berada di dekatnya dan diletakkan pada telinganya, sehingga mengakibatkan terjadinya infeksi pada bagian telinga dan bisa menyebabkan telinga bayi keluar cairan seperti ingus.

Benda asing yang mengenai telinga bayi bisa berupa benda tajam sehingga dapat mengeluarkan darah. Benda-benda tersebut bisa berupa pensil atau pena, mainan yang pada bagian sisinya runcing, dan serangga.

Bagi ibu harus hati-hati menggunakan cotton bud, karena jika tidak hati-hati bisa mengakibatkan trauma pada telinga bayi.

4. Darah

Jika cairan yang keluar dari telinga bayi berupa cairan merah, maka itu bisa dipastikan adalah darah. Cairan darah yang keluar dari telinga merupakan efek dari infeksi yang terjadi pada saluran yang ada di dalam telinga bayi.

Bisa saja akibat dari goresan yang terdapat di dalam telinga dan dibiarkan dalam jangka waktu yang lama sehingga mengeluarkan cairan berbentuk darah.

5. Penyebab Lainnya

Makanan juga menjadi penyebab telinga bayi keluar cairan seperti ingus, sehingga perlu diwaspadai terutama susu formula. Susu formula ada 2 jenis, ada yang berbahan susu sapi dan ada yang berbahan susu kedelai.

Susu formula tersebut bisa berpotensi mengakibatkan alergi pada bayi dan dapat mengakibatkan telinga bayi keluar cairan seperti ingus. Cairan tersebut bisa menumpuk di dalam telinga bayi sehingga dapat mengakibatkan telinga bayi menjadi sakit.

Penyebab telinga bayi keluar cairan seperti ingus berikutnya bisa berasal dari tulang tengkorak yang patah. Itulah beberapa penyebab telinga bayi keluar cairan seperti ingus yang perlu ibu ketahui. Jika kondisi bayi makin parah, maka segera bawa ke rumah sakit.

Post a Comment for "Telinga Bayi Keluar Cairan Seperti Ingus"