Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Tes Kehamilan Dengan Garam

 Cara Tes Kehamilan Dengan Garam

Cara Tes Kehamilan Dengan Garam. Zaman dulu sebelum ditemukannya test pack untuk mengecek kehamilan, orang menggunakan garam sebagai media alat untuk tes kehamilan, sehingga cara tes kehamilan dengan garam pada masa dulu atau pada tahun 1920-an merupakan hal yang umum dilakukan.

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat dan akurat sehingga ditemukanlah test pack sebagai alat untuk penguji tes kehamilan. Alat ini mulai ditemukan dan dikembangkan pada tahun 1976.

Sebelum alat ini ditemukan, pada zaman dahulu orang hanya mengandalkan perkiraan untuk menandakan kehamilan atau tidak seperti kelelahan, atau haid yang terlambat, dan tentu saja perut yang semakin membesar.

Orang pada zaman dulu sebelum ditemukannya test pack, juga menggunakan alat untuk menguji kehamilan. Alat yang digunakan teramat sederhana dan merupakan salah satu bumbu dapur sebagai penyedap rasa, yaitu garam. Bahkan cara tes kehamilan dengan garam juga masih digunakan orang hingga sekarang.

Mungkin anda penasaran bagaimana cara kerja alat ini sehingga bisa mendeteksi kehamilan seseorang dan bagaimana keakurasian dari metode tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Cara Tes Kehamilan Dengan Garam

Bahan utama yang diperlukan untuk melakukan pengetesan adalah garam dan bahan berikutnya tentu saja urine. Kedua bahan tersebut digabung dan dicampur, kemudian dimasukkan ke dalam wadah bersih bisa berupa mangkuk yang sudah disediakan.

Wadah tersebut haruslah yang bening untuk memudahkan melihat hasil dari pengujian tersebut. Urine yang dipersiapkan sebaiknya urine yang keluar di pagi hari, kemudian ditampung ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Wadah tersebut terlebih dahulu sudah dituangkan garam.

Tunggu beberapa saat hingga hasilnya terlihat. Waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui hasil dari cara tes kehamilan dengan garam pada umumnya sekitar 8 jam.

Jika tidak ada perubahan warna dari campuran garam dan urine tersebut makan hasilnya bisa dikatakan negatif. Namun jika warnanya berubah menjadi warna susu maka bisa dipastikan hasilnya positif.

Seberapa Akurat Cara Tes Kehamilan Dengan Garam

Cara tes kehamilan dengan menggunakan media garam merupakan cara kuno dan belum terbukti secara ilmiah, sehingga keakurasiannya belum bisa dipastikan. Menggunakan test pack saja belum bisa dipastikan 100% keakuratannya, apalagi dengan metode tradisional ini.

Meskipun begitu, pada saat ini masih ada orang yang menggunakan cara tes kehamilan dengan garam meskipun jumlahnya tidak banyak. Mungkin cara ini masih berlaku di daerah-daerah terpencil yang masih sulit mendapatkan akses peralatan kesehatan apalagi alat penguji kehamilan.

Jadi untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat tentu saja harus ke dokter kandungan. Karena ditangani oleh tenaga profesional dan ditunjang oleh peralatan medis yang memadai.

Cara tes kehamilan dengan garam untuk saat ini bisa dibilang hanya untuk iseng saja dan belum bisa dijadikan standar untuk menentukan seseorang positif hamil atau tidak.

Itulah sedikit informasi tentang metode mengecek kehamilan dengan menggunakan garam dan urine yang perlu anda ketahui. Semoga bisa menambah sedikit wawasan kita apakah metode ini benar-benar bisa dijadikan metode yang akurat atau tidak.

Masih banyak lagi metode atau cara untuk mengecek kehamilan dengan cara tradisional dan menggunakan bahan-bahan alami lainnya. Namun seperti yang sudah dijelaskan diatas, selagi belum ada pembuktian secara ilmiah dan belum ada penelitian yang membenarkan cara tersebut maka kita tidak boleh mempercayai hasilnya 100 %. Semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih.

Post a Comment for "Cara Tes Kehamilan Dengan Garam"