Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bolehkah Busui Minum Kopi

bolehkah busui minum kopi

Bolehkah Busui Minum Kopi. Tentu saja banyak sekali aturan yang harus ibu patuhi selama masa menyusui. Ada makanan dan minum tertentu yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Tentu saja aturan tersebut dibuat untuk kebaikan dan yang penting diterapkan. Sama halnya dengan orang sakit, banyak pantangan yang harus dihindari dan anjuran yang harus dilakukan. Itu semua untuk mempercepat proses penyembuhan.

Mungkin banyak yang menjadi pertanyaan ibu-ibu seperti bolehkah busui minum kopi? Tentu saja ada penjelasan khusus untuk pertanyaan tersebut dan pada artikel ini kita akan membahas lebih jelas apakah minum kopi boleh atau tidak boleh bagi ibu yang sedang menyusui.

Bolehkah Busui Minum Kopi

Kopi merupakan minuman favorit semua orang, dengan aromanya yang khas, sehingga jenis minuman ini banyak digemari terutama untuk kaula muda. Bahkan minum kopi sudah menjadi budaya tersendiri bagi kalangan tertentu.

Misalnya pada saat meeting di kantor, atau hanya untuk menikmati suasana sore hari di teras rumah dengan ditemani secangkir kopi panas. Tidak heran harga kopi bisa selangit tergantung dari produknya dan cara pengolahannya. Ada pembahasan khusus jika kita membicarakan semua hal tentang kopi.

Namun pada kesempatan ini kita akan spesifik membahas apa hubungan mengkonsumsi kopi dengan ibu yang sedang menyusui atau bolehkah busui minum kopi.

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa ASI merupakan sumber utama nutrisi bagi bayi baru lahir hingga usia 2 tahun. Tentu saja kualitas ASI yang diberikan sangat bergantung dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu.

Lalu bagaimana halnya dengan kopi? Pada prinsipnya kopi juga bagus untuk kesehatan karena ada nilai gizi yang terkandung di dalam kopi. Namun mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan.

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi sangat berperan dalam meningkatkan energi dalam tubuh menjadi lebih aktif sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan, tubuh akan terus terjaga dan sulit untuk tidur atau istirahat. Sedangkan bagi ibu hamil istirahat yang cukup sangat penting untuk memulihkan stamina dalam memproduksi ASI.

Akibatnya memang tidak dirasakan langsung oleh bayi, namun secara tidak langsung akan berpengaruh pada kualitas ASI. Ibu yang menyusui harus mendapatkan nutrisi yang seimbang serta istirahat yang cukup agar kualitas ASI nya terjaga dengan baik. Disinilah peran dari kopi dengan hubungannya dengan kualitas istirahat ibu. Dengan mengkonsumsi kopi secara berlebihan akan berpengaruh pada kualitas tidur.

Disamping itu kandungan zat yang terdapat di dalam kopi juga berpengaruh pada sistem pencernaan bayi jika dalam jumlah yang banyak. Kembali lagi seperti penjelasan di atas, selama dikonsumsi tidak berlebihan. Berita baiknya hingga saat ini berdasarkan penelitian mengkonsumsi kopi bagi ibu menyusui boleh saja selama batas wajar.

Kafein tidak saja terdapat pada kopi, tapi juga terdapat pada teh atau minuman bersoda lainnya. Sehingga penting sekali ibu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari, jangan sampai ibu minum kopi lalu pada hari yang sama juga minum teh dalam jumlah banyak. Ini tentu saja tidak boleh dan bisa merugikan ibu dan bayi.

Meskipun minum kopi ada kenikmatan sendiri bagi pencintanya, namun tetap harus memperhatikan takaran atau jumlahnya.

Jika kopi dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan tentu saja tidak jadi masalah dan baik untuk kesehatan. Jadi pertanyaan bolehkah busui minum kopi? Tentu saja boleh selama masih dalam batas wajar.

Semoga pertanyaan anda apakah bolehkah busui minum kopi bisa terjawab dan jika bermanfaat silahkan share artikel ini, terimakasih.

Post a Comment for "Bolehkah Busui Minum Kopi"