Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makanan Yg Memperbanyak ASI

makanan yg memperbanyak asi

Makanan yg memperbanyak ASI. Bagi ibu yang mengalami masalah dengan produksi ASI, tentu mencari informasi bagaimana caranya memperlancar dan memperbanyak ASI. Salah satu cara adalah dengan pemilihan jenis makanan. Banyak sekali jenis makanan yg memperbanyak asi, namun hanya sedikit informasi yang lebih akurat kita dapatkan.

Makanan Yg Memperbanyak ASI

Makanan untuk memperbanyak ASI bisa dari bahan makanan hewani, maupun bahan makanan nabati. Pada artikel ini kita akan membahas makanan yg memperbanyak asi, diantaranya yaitu:

  1.   Ikan Salmon

Siapa yang tidak tahu jenis ikan yang satu ini, Selain bagus untuk kesehatan otak bayi, konsumsi ikan salmon juga bermanfaat untuk memperlancar ASI. Bagi ibu menyusui sangat dianjurkan mengkonsumsi olahan ikan salmon.

Bukan saja bagi ibu menyusui saja, tapi sangat dianjurkan pada saat hamil. Hal ini tidak lepas dari tingginya kandungan gizi yang terdapat pada ikan salmon terutama DHA (Docosahexaenoic Acid). Sedangkan ASI sendiri mengandung DHA, apabila ditunjang dengan makan ikan salmon, tentu saja kualitas ASI akan semakin baik.

  1.   Daging Sapi

Energi yang dibutuhkan wanita hamil dan menyusui lebih banyak karena mereka melakukan banyak hal sekaligus. Pekerjaan yang mereka lakukan setiap hari bukan saya mengurus bayi, tapi juga rumah tangga. Belum lagi jika ibu seorang pekerja kantoran, tentu harus pandai-pandai membagi waktu.

Jangan sampai stamina ibu drop pada masa-masa ini. Itulah pentingnya pemenuhan gizi bagi ibu menyusui. Salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan energi ibu menyusui adalah dengan mengkonsumsi daging sapi. Jenis sapi yang sangat dianjurkan adalah sapi tanpa lemak.

Daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk ibu yang berada pada fase menyusui bayinya. Zat besi merupakan komponen utama terbentuknya Hemoglobin (Hb). Sedangkan Hb berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Jika peredaran darah dalam tubuh lancar maka secara otomatis stamina juga akan meningkat. Jadi sangat dianjurkan bagi ibu yang baru saja melahirkan dan dalam masa menyusui bayinya agar lebih memperhatikan gizi yang dikonsumsinya untuk menjaga staminanya tetap fit.

Mungkin yang menjadi pertanyaan anda adalah apa hubungan kurang energi dengan ASI? Tentu saja ada hubungannya, Jika ibu kekurangan energi, maka kemungkinan besar ibu akan mengalami stres, sedangkan stres merupakan salah satu penyebab turunnya produksi ASI.

  1.   Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya dengan kandungan zat besi dan juga protein.  Sedangkan kedua kandungan zat tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Jenis kacang-kacangan yang umumnya sering dikonsumsi oleh ibu hamil adalah kacang kedelai, kacang mete, dan kacang hijau.

Kacang-kacangan tersebut bisa ibu olah menjadi aneka jenis makanan seperti bubur kacang ijo atau dikombinasikan dengan jenis makanan lainnya. Untuk mengkombinasikan makanan ini tidak perlu diragukan lagi keahlian ibu-ibu dalam mengolah makanan.

Sedangkan untuk kacang kedelai mungkin olahannya banyak dijadikan susu kedelai, atau jenis makanan yang terbuat dari kacang kedelai adalah tempe dan tahu. Khusus untuk susu kedelai, ibu harus hati-hati dalam membeli susu kedelai yang dijual di pasaran, apalagi yang eceran. Karena bisa jadi susu tersebut sudah dicampur dengan gula atau yang lainnya agar tahan lama dan lebih manis.

Sebenarnya untuk mendapatkan susu kedelai yang alami sangat mudah. Ibu bisa datangi pabrik pembuatan tahu, dan di sana ibu bisa membeli langsung susu kedelai ke pabriknya, karena pembuatan tahu pasti menggunakan kacang kedelai sebagai bahan utamanya dan otomatis pabrik tersebut juga memproduksi susu kedelai.

  1.   Blueberries

Makanan yg memperbanyak asi berikutnya terdapat pada buah blueberries. Buah ini kaya dengan vitamin, terutama vitamin A dan C. Disamping ini, buah blueberries mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan menjadi salah satu buah yang diunggulkan dalam hal kandungan antioksidannya.

Stamina sangat berhubungan erat dengan kandungan yang terdapat pada buah blueberries ini. Sehingga tidak diragukan lagi manfaat dan khasiat buah yang satu ini untuk meningkatkan kandungan ASI pada ibu menyusui.

  1.   Beras Merah

Untuk program diet menurunkan berat badan, tentu hampir semua orang sudah mengetahui beras merah sangat baik dikonsumsi sebagai pengganti beras putih biasa. Ini disebabkan kandungan karbohidrat pada beras merah lebih sedikit dibanding beras putih biasa.

Bukan saja dapat membantu menurunkan berat badan, tapi beras merah juga sangat dianjurkan bagi pasien penderita diabetes, baik itu diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2.

Sedangkan hubungannya dengan ASI adalah, beras merah mengandung beberapa vitamin yang dapat menstimulasi ekskresi prolaktin.  Sedangkan hormon ini sangat berperan penting dalam memproduksi ASI.

  1. Pare

Jangan lupakan jenis sayuran yang satu ini, meskipun rasanya pahit, namun khasiatnya tidak sepahit rasanya. Sebenarnya sayuran yang satu ini jika diolah dengan tepat tidak akan terasa pahit di lidah. Anda bisa mencari tahun resepnya di internet bagaimana cara mengolah pare agar tidak pahit.

Bagi penderita diabetes, sangat dianjurkan mengkonsumsi pare secara rutin. Kandungan zat yang terdapat pada pare dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Sedangkan bagi ibu menyusui mengkonsumsi pare dapat memperlancar ASI. Namun bagi ibu hamil jangan mengkonsumsi pare secara berlebihan karena seperti yang dijelaskan diatas, pare dapat menurunkan kada gula darah.

Itulah 6 makanan yg memperbanyak asi, terutama bagi ibu yang masih dalam fase menyusui bayinya dan mengalami masalah pada produksi ASInya. Semoga penjelasan di atas dapat menambah sedikit wawasan ibu dan jika bermanfaat silahkan share J

Post a Comment for "Makanan Yg Memperbanyak ASI"