Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Buahan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Buahan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Buahan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui. Menyusui bayi baru lahir memang gampang-gampang sudah. Gampang bagi ibu yang tidak punya masalah dengan produksi ASI dan si bayi juga kuat menyusuinya. Susah jika produksi ASI sedikit bahkan terjadi penyumbatan pada saluran ASI dan bayi juga tidak mau disusui langsung.

Meskipun begitu, kita sebagai orang tua punya kewajiban memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga bayi berusia 2 tahun. Bukan tanpa alasan pemberian ASI dalam jangka waktu tersebut. Karena pada waktu itulah pertumbuhan dan perkembangan anak mengalami peningkatan yang signifikan sehingga membutuhkan nutrisi yang seimbang.

Tidak sedikit kita temui para ibu yang mengalami stres akibat tidak bisa memberikan ASI bagi bayinya. Namun hal itu tidak boleh terjadi, bahkan stres akan memperparah kondisi ibu dan bayi. Banyak cara atau solusi yang bisa dilakukan agar kebutuhan nutrisi bayi tetap terpenuhi dengan tetap memberikan ASI.

Banyak faktor yang mempengaruhi produksi ASI, namun pada artikel ini kita akan membahas solusi bagi ibu yang kesulitan memberikan ASI bagi buah hatinya. Salah satu solusi yang kita bahas adalah buahan yang baik untuk ibu menyusui.

Buah-buahan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Terutama untuk ibu yang dalam masa menyusui dan punya masalah dengan produksi ASI, sangat dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan.

Buahan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Ada banyak buahan yang baik untuk ibu menyusui dan akan kita rangkum beberapa buah-buahan saja yang sudah terbukti ampuh untuk melancarkan dan meningkatkan produksi ASI.

1. Buah Jeruk

Sudah tidak diragukan lagi, buah yang satu ini merupakan buah favorit anak-anak hingga orang tua, dan selalu ada di meja makan. Namun tahukah ibu, bahwa ternyata buah jeruk bermanfaat untuk memperlancar ASI. Bahkan sebagian orang hanya tahu sumber vitamin C berasal dari buah jeruk saja. Meskipun masih banyak sumber vitamin C dari buah-buahan yang lain.

Dengan kandungan vitamin C tersebut, manfaatnya akan terasa untuk pertumbuhan organ tubuh bayi seperti gigi, tulang, dan otot. Tentu saja nutrisi tersebut didapatkan dari ibu yang mengkonsumsi buah jeruk sehingga menghasilkan ASI yang berkualitas.

Mengkonsumsi buah jeruk ada porsinya, jangan terlalu banyak, cukup 2-3 jeruk saja per hari, dan itu sudah mencukupi kebutuhan nutrisi vitamin C bagi ibu menyusui.

2. Buah Pepaya

Buah pepaya sangat bagus untuk melancarkan pencernaan, terutama BAB keras akibat dari kurang serat. Manfaat lainnya dari pepaya adalah mampu meningkatkan produksi ASI. Hal ini tidak lepas dari zat galactogogue yang terdapat pada buah pepaya.

Buah pepaya juga mengandung kalium yang berperan untuk melancarkan ASI. Selain itu, buah yang satu ini juga terdapat zat antioksidan. Konsumsi buah pepaya setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Buah Alpukat

Siapa yang tidak tahu buah sejuta umat yang satu ini, hampir semua café hingga penjual juice selalu menyediakan buah alpukat sebagai menu utama dan andalan mereka. Tidak sulit untuk mendapatkan buah ini, dan harganya juga relatif murah. Tentu saja lokasi menentukan harga. Di pasar tradisional yang khusus menjual buah pasti menyediakan buah ini dengan harga murah.

Salah satu zat yang dibutuhkan ibu menyusui adalah adalah kalori. Karena selama menyusui, ibu akan membutuhkan energi yang lebih besar. Pada buah alpukat mengandung lemak sehingga tubuh memiliki energi saat menyusui bayi dan rasa kenyang akan bertahan lama.

Masih banyak kandungan nutrisi lainnya yang terdapat pada buah alpukat dan secara tidak langsung sangat berperan dalam meningkatkan serta memperlancar ASI dan menjadikan buah yang satu ini adalah buahan yang baik untuk ibu menyusui.

4. Buah Melon

Buah melon banyak dicari orang terutama pada musim kemarau sebagai pelepas dahaga. Buah melon yang baik untuk ibu menyusui adalah melon jingga karena mengandung vitamin C. Seperti kita bahas sebelumnya bahwa vitamin C sangat berguna untuk memperlancar ASI.

Kandungan air yang terdapat pada buah ini bisa mengurangi dehidrasi pada ibu yang sedang menyusui. Cairan sangat dibutuhkan bagi ibu menyusui karena ibu juga memberikan cairan berupa ASI pada bayinya dan sekali minum ASI bisa ratusan ml.

5. Buah Pisang

Buahan yang baik untuk ibu menyusui berikutnya adalah buah pisang. Buah yang satu ini banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis, sedangkan indonesia merupakan daerah beriklim tropis. Hampir disetiap daerah ditemui buah pisang dengan jenis dan nama yang beragam.

Buah pisang mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Proses menyusui akan membutuhkan kalori yang sangat tinggi, dan kalori yang hilang tersebut bisa dipenuhi oleh buah pisang.

Post a Comment for "Buahan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui"