Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bisakah Diet Militer Untuk Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan?

Bisakah Diet Militer Untuk Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Banyak sekali cara untuk menurunkan berat badan, terutama bagi ibu yang baru saja melahirkan bayinya, mulai dari pemilihan makanan dan olahraga yang tepat hingga melakukan operasi membuang lemak. Namun akhir-akhir ini ada salah satu diet yang populer dan paling banyak dilakukan orang, yaitu diet militer.

Banyak iklan yang menawarkan bisa menurunkan berat badan dengan cepat menggunakan metode ini bahkan hingga 5 kilo dalam 1 minggu tanpa olahraga atau jenis makanan tertentu. Siapa yang tidak tertarik dengan kata-kata ajaib tersebut.

Iklan yang beredar tersebut memang terdengar menggiurkan dan menghipnotis orang, namun anda harus memperdalam pengetahuan terlebih dahulu apa itu diet militer, bagaimana prosesnya dan apakah ada efek sampingnya. Yang terpenting adalah apakah metode diet militer ini efektif menurunkan berat badan untuk jangka panjang atau tidak.

Pola Diet Militer Dengan Siklus 3 hari dan 4 hari

Mendengar kata militer yang terbayang oleh kita adalah disiplin, stamina, dan konsisten. Sama halnya dengan diet militer, dimana diet ini mengharuskan seseorang untuk melakukan diet selama 3 hari dan tidak boleh terputus. Pada prinsipnya adalah memberikan jenis makanan dengan kandungan kalori yang berbeda setiap harinya dengan asupan kalori yang dikontrol.

Pada hari pertama seseorang harus mengkonsumsi kalori sebanyak 1.400, kemudian di hari kedua dikurangi jumlah kalorinya menjadi 1.200. Pada hari ketiga jumlah kalori yang dikonsumsi semakin berkurang yaitu 1.100. Kemudian di hari ke empat hingga 4 hari berikutnya anda dibolehkan makan apa saja namun lebih disarankan pada hari berikutnya mengkonsumsi kalori 1.500 atau kurang.

Terus ikuti pola diet tersebut dalam bentuk siklus yaitu 3 hari dan 4 hari dengan disiplin dan konsisten. Lakukan pola tersebut hingga mendapatkan hasil yang anda inginkan atau penurunan berat badan yang anda targetkan.

Makanan Diet Militer

Mungkin yang menjadi pertanyaan anda adalah, apa jenis makanan yang dikonsumsi selama 3 hari dan 4 hari tersebut? Pertama anda harus tahu dulu kandungan kalori untuk jenis makanan tertentu, anda bisa mencarinya di internet atau menanyakannya ke ahli gizi. Yang terpenting adalah jumlah kalori perhari yang anda konsumsi harus mengikuti anjuran diatas.

Mengkonsumsi kopi hitam selama menjalani diet militer ini masih dibolehkan, yang terpenting adalah perbanyak minum air putih. Bumbu-bumbu masakan sebaiknya dihindari terkecuali garam, merica, jus.

Berolahraga Setiap Hari

Meskipun anda mengkonsumsi makanan yang rendah kalori setiap hari, namun anda tetap dianjurkan berolahraga setiap hari. Olahraga yang ringan saja seperti jalan kaki sekitar 30 menit setiap hari. Jika anda merasa pusing pada saat olahraga, maka sebaiknya intensitas olahraganya dikurangi.

Belum Ada Penelitian Tentang Diet Militer

Meskipun mereka yang merekomendasikan diet militer merupakan diet yang efektif dan aman untuk dilakukan, namun belum ada data dan informasi yang jelas mengenai rata-rata penurunan berat badan serta potensi kesehatan lainnya. Meskipun banyak pihak yang merekomendasikannya, namun belum ada penelitian secara ilmiah tentang metode ini.

Secara logikanya kenaikan berat badan memang salah satu faktornya disebabkan oleh jumlah kalori yang dikonsumsi melebihi ambang batas konsumsi kalori per hari yang dianjurkan. Sehingga untuk menurunkan berat badan dengan cara membatasi dan mengurangi asupan jumlah kalori per hari, sehingga diharapkan berat badan akan turun dan kembali normal.

Diet Militer Bukan Dibuat Oleh Militer

Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa diet militer yang populer belakangan ini dibuat bukanlah dari tim ilmuwan dari militer. Dinamakan diet militer karena diet tersebut dilakukan dengan disiplin dan stamina yang kuat agar hasil yang ditargetkan tercapai.

Efektifkah Diet Militer Untuk Jangka Panjang?

Tujuan diet ini adalah agar target penurunan berat badan bisa tercapai dengan cepat dan tepat tanpa ada efek samping. Diet ini dilakukan secara alami dengan tetap mengkonsumsi makanan yang sehat, hanya membatasi jumlah kalorinya saja, serta diimbangi dengan olahraga yang tepat.

Memang diet ini menekankan pada keteraturan, disiplin, diet ketat dengan kontrol kalori, tapi belum ada penelitian yang membuktikan bagaimana hasilnya untuk jangka pendek dan jangka panjang, meskipun sudah banyak yang menerapkan metode ini dan berhasil.

Kunci utama dari metode diet militer adalah pada pengurangan konsumsi kalori. Yang terpenting dari metode diet apapun adalah tidak memberikan efek negatif untuk jangka pendek dan jangka panjang. Diet tersebut haruslah meningkatkan mood, kesehatan fisik dan mental, meningkatkan kekebalan tubuh dan tentu saja menurunkan berat badan. Untuk jangka panjang jangan sampai anda tidak bisa menikmati apa yang anda makan.

Diet militer ini tidak dianjurkan untuk ibu yang baru saja melahirkan dan masih menyusui anaknya. Kanena bayi baru lahir masing sangat membutuhkan nutrisi dari ibunya berupa ASI, apalagi selama 6 bulan pertama. Namun bagi mereka yang konteksnya bukan faktor kehamilan, maka boleh saja menerapkan diet ini.

Banyak metode, namun pilihan ada di tangan anda untuk memutuskan mana yang terbaik. Apapun metode yang anda pilih tetap konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi. Mereka adalah pakar di bidangnya dan informasi yang mereka berikan berdasarkan keilmuan yang mereka dapatkan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Bisakah Diet Militer Untuk Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan?"