Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Vitamin Yg Bagus Untuk Ibu Hamil

 Vitamin Yg Bagus Untuk Ibu Hamil

Vitamin Yg Bagus Untuk Ibu Hamil. Selama masa kehamilan, ibu harus lebih banyak mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung nutrisi agar ibu dan janin yang ada dalam kandungan bisa sehat. Makanan tersebut haruslah dengan gizi seimbang dan lengkap.

Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh ibu yang kehamilannya masih 1 bulan. Nutrisi ini diperlukan untuk menjamin ibu dan bayi yang ada dalam kandungan tercukupi gizinya, serta perkembangannya dalam ramin akan lebih baik dan sehat.

Vitamin Yg Bagus Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi vitamin bukan saja pada masa kehamilan saja, tapi sangat direkomendasikan sejak program kehamilan direncanakan. Cacat bawaan pada bayi bisa dihindari dengan mengkonsumsi asam folat dengan dosis tertentu.

Pada trimester kehamilan merupakan saat yang penting untuk pembentukan janin, sehingga kebutuhan nutrisinya harus terpenuhi dengan baik. Berikut penjelasan vitamin yg bagus untuk ibu hamil yang sudah memasuki masa kehamilan 1 bulan:

1. Vitamin D dan Kalsium

Salah satu mineral yang dibutuhkan ibu hamil adalah kalsium yang berfungsi untuk kesehatan gigi dan tulang. Pertumbuhan tulang pada janin akan sangat dipengaruhi oleh kandungan kalsium yang dikonsumsi oleh ibu.

Sedangkan vitamin D merupakan salah satu vitamin yg bagus untuk ibu hamil. Fungsi dari vitamin D ini adalah untuk mengatur jumlah fosfat dan kalsium dalam tubuh.

Banyak sekali sumber kalsium yang bisa kita dapatkan seperti keju, susu, yogurt dan masih banyak sumber makanan lainnya yang mengandung kalsium. Sedangkan vitamin D bisa didapatkan dari dalam tubuh sendiri dan terbentuk secara alami dengan bantuan sinar matahari pagi.

Makanya untuk ibu hamil sangat dianjurkan berjemur sekitar 10-15 menit setiap paginya. Sinar matahari yang baik untuk kesehatan adalah berkisar antara jam 7-9 pagi. Setelah bayi lahir pun juga harus sering-sering dijemur pada pagi hari sebelum dimandikan.

Sumber vitamin D lainnya bisa didapatkan dari telur, ikan berlemak dan daging merah. Suplemen bisa menjadi pilihan terakhir jika anda kesulitan menemukan sumber vitamin D dari bahan alami.

2. Vitamin C

Fungsi utama dari manfaat vitamin C adalah untuk menangkal radikal bebas dan menjaga imunitas. Pada masa kehamilan 1 bulan, vitamin C ini sangat penting sekali karena bisa menjaga dan melindungi sel tetap sehat. Manfaatnya bukan saja untuk ibu, tapi juga untuk janin yang ada dalam kandungan.

Banyak sekali sumber vitamin C, seperti buah berry, kubis, paprika hijau dan merah, sitrus, brokoli, dan jambu merah. Semua jenis buah-buahan itu bisa anda dapatkan dengan mudah dan murah.

3. Asam Folat

Konsumsi asam folat untuk ibu hamil yang disarankan setiap hari adalah 400 mcg, bahkan juga disarankan pada saat merencanakan kehamilan hingga usia kehamilan 12 minggu. Asam folat berfungsi untuk mengurangi resiko bayi lahir cacat.

Makanan yang mengandung asam folat seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, buah sitrus. Disamping itu untuk memenuhi kebutuhan asam folat, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen.

4. Zat Besi

Untuk meningkatkan kandungan oksigen dalam darah diperlukan zat zat besi. Selama hamil ibu akan lebih sering merasa lelah. Untuk mencegah kelelahan selama hamil, ibu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Hal ini diperlukan agar tidak terjadi anemia pada ibu hamil.

Sumber zat besi ini terdapat dalam daging tanpa lemak, sayuran berdaun hijau, serta kacang-kacangan. Kebutuhan zat besi tidak selamanya bisa dipenuhi oleh makanan saja, untuk itulah perlu suplemen tambahan yang mengandung zat besi. Ibu bisa konsultasikan ke dokter kandungan untuk dosis yang tepat.

Itulah 4 jenis mineral dan vitamin yg bagus untuk ibu hamil1 bulan. Sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai jenis-jenis suplemen yang direkomendasikan. Meskipun ada obat yang diberikan oleh dokter, namun mengkonsumsi makanan yang merupakan sumber vitamin dan mineral diatas tidak ada salahnya dilakukan.

Bagaimanapun tidak semua sumber makanan tersebut bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama hamil, dan untuk melengkapinya bisa didapat dari suplemen. Semoga artikel tentang vitamin yg bagus untuk ibu hamil bermanfaat terutama bagi ibu yang sudah memasuki usia kehamilan bulan, terimakasih.

Post a Comment for "Vitamin Yg Bagus Untuk Ibu Hamil"