Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Treadmill Untuk Kesehatan Jantung

Treadmill Untuk Kesehatan Jantung

Treadmill merupakan alat olahraga yang fungsi utamanya adalah menjaga kesehatan jantung. Sangat penting untuk mengetahui cara penggunaan treadmill yang benar agar tidak terjadi cidera pada saat menggunakannya.

Rutin berolahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda harus meluangkan waktu minimal 30 menit dalam sehari untuk memulai aktifitas ini. Bisa dilakukan di pagi hari sebelum memulai rutinitas lainnya seperti ke kantor.

Banyak orang yang ingin berolahraga namun memiliki keterbatasan, misalnya saja lokasi yang jauh sehingga memerlukan waktu untuk pergi ke pusat kebugaran. Olahraga sekarang ini sudah sangat dimudahkan dengan diciptakannya peralatan yang canggih sehingga kita tidak perlu keluar rumah untuk berolahraga. Cukup membeli alat tersebut dan aktifitas olahraga bisa dilakukan di rumah, dan kapan saja. Contoh peralatan tersebut adalah treadmill.

Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Treadmill

Sekarang tidak ada alasan lagi bagi anda yang malas berolahraga dengan alasan malas keluar rumah atau jauh dari tempat kebugaran. Treadmill adalah solusi bagi anda yang ingin menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Treadmill merupakan olahraga aerobik dengan berjalan atau berlari di atasnya, namun manfaatnya sama dengan melalukan aktifitas lari atau jalan kaki di luar ruangan. Di gym atau pusat kebugaran sendiri sudah menyediakan peralatan ini karena banyak sekali peminatnya. Jika anda mempunyai uang lebih, mungkin bisa membeli treadmill dan menggunakannya di rumah.

Tips Menggunakan Treadmill

Bagi anda yang memiliki penyakit jantung, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan alat treadmill ini. Berikut ini tips yang bisa anda lakukan ketika menggunakan treadmill:

1. Menentukan Target Heart Rate

Jika tujuan anda menggunakan treadmill untuk kesehatan jantung, maka yang perlu anda perhatikan adalah detak jantung atau target heart rate dan jangan fokus pada kecepatan atau jarak. Kenali terlebih dahulu detak jantung dengan cara menghitungnya.

Cara untuk mengukur maksimum heart rate adalah, 220 dikurang dengan jumlah usia anda sekarang. Misalnya usia anda 50 tahun, maka maksimum heart rate adalah 220-50=170 bpm (beats per menit) atau detak jantung per menit.

Jadi taget anda adalah 60-80% dari nilai maksimum heart rate tadi. Sehingga target heart rate anda adalah 102-136 bpm.

2. Lakukan Pemanasan

Setelah anda mengetahui berapa target maksimal heart rate, langkah selanjutnya adalah melakukan pemanasan. Pemanasan penting dilakukan untuk menghindari cidera selama berolahraga menggunakan treadmill. Waktu yang diperlukan untuk pemanasan tidak perlu lama, cukup 5 menit saja. Lakukan pemanasan secara perlahan-lahan hingga dan naikkan kecepatan sehingga target heart rate anda tercapai.

3. Variasikan Kemiringan dan Kecepatan Treadmil 

Setelah melakukan pemanasan dan target heart rate anda sudah tercapai sehingga denyut jantung anda sudah stabil maka langkah selanjutnya adalah memvariasikan tingkat kemiringan treadmill dan tingkat kecepatan treadmill.

Jika tingkat kemiringan treadmill lebih curam, maka otot yang bekerja secara maksimal adalah otot paha belakang, bokong, dan betis. Tapi anda tetap harus menjaga heat rate tetap berada dalam range yang sudah ditentukan sebelumnya.

4. Lakukan Variasi Gerakan

Melakukan variasi gerakan atau latihan selama menggunakan treadmill bertujuan agar tidak monoton dan membosankan. Pada minggu pertama anda bisa melakukan sesi latihan berjalan, minggu kedua memadukan jalan dengan jalan cepat, dan minggu ke tiga memadukannya dengan berlari. Lakukan variasi gerakan sesuai keinginan anda tapi tetap memperhatikan maksimum heart rate anda.

5. Lakukan Pengecekan Detak Jantung Secara Berkala

Selama berolahraga menggunakan treadmill, tetap perhatikan heart rate anda secara berkala. Menghitung heart rate bisa dilakukan dengan manual atau secara otomatis dengan menggunakan smartwatch.

Semoga informasi diatas bisa berguna untuk kita semua dan selalu menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga.

Post a Comment for "Treadmill Untuk Kesehatan Jantung"