Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Agar Rambut Bayi Cepat Tumbuh Dalam Seminggu

 Tips Agar Rambut Bayi Cepat Tumbuh Dalam Seminggu

Tips Agar Rambut Bayi Cepat Tumbuh Dalam Seminggu. Menanti kehadiran bayi ke dunia ini merupakan hal yang sangat membahagiakan sekaligus mendebarkan. Banyak hal yang ada dalam pikiran kita sebagai orang tua. Mungkin kita akan membayangkan seperti apa warna matanya, kulitnya, apakah rambutnya pirang, coklat atau hitam.

Khusus untuk rambut bayi akan kita bahas tips agar rambut bayi cepat tumbuh dalam seminggu. Bayi yang baru lahir berbeda-beda dalam hal ketebalan rambutnya, ada yang tipis, dan ada yang tebal. Sebagian lagi ada bayi yang lahir botak tanpa ada rambut sedikitpun.

Tips Agar Rambut Bayi Cepat Tumbuh Dalam Seminggu

Untuk hal tersebut anda tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut merupakan hal yang normal terjadi dan bukan merupakan masalah medis yang perlu dikhawatirkan. Berikut ini ada beberapa tips agar rambut bayi cepat tumbuh dalam seminggu.

1. Memijat Kulit Kepala Bayi

Pertumbuhan rambut bayi bisa distimulasi dengan melakukan pemijatan pada kulit kepala. Dengan melakukan pemijatan yang benar, akan mendorong sirkulasi darah ke kulit kepala dan folikel rambut.

Caranya dengan mengoleskan sedikit minyak ke tangan ibu, kemudian pijat secara perlahan ke kulit kepala bayi dengan lembut. Selain untuk menumbuhkan rambut pada bayi, pijatan ini juga membantu menenangkan bayi sehingga bayi cepat tertidur.

2. Minyak Kelapa

Tips agar rambut bayi cepat tumbuh dalam seminggu berikutnya adalah dengan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung vitamin E yang sangat tinggi dan merupakan sumber nutrisi dan sifatnya sebagai antioksidan. Selain bermanfaat untuk kulit, minyak kelapa ini mampu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

Minyak kelapa juga dipercaya bisa mencegah kerontokan rambut pada bayi dan membuat rambut lebih berkilau dan lembab. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala bayi dengan lembut. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.

3. Gunakan Kondisioner Rambut

Kondisioner digunakan bukan untuk orang dewasa saja, namun pada bayi juga boleh digunakan. Fungsi utama penggunaan kondisioner adalah sebagai pelembab rambut.

Kelembaban rambut akan hilang jika sering menggunakan shampo, kelembaban rambut bisa dikembalikan dengan memberikan kondisioner. Kadang ada produk shampoo yang sekaligus mengandung kondisioner, kadang terpisah.

Selain sebagai pelembab, kondisioner juga membantu memperkuat rambut dan mengurangi kerusakan pada rambut serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya sama dengan seperti menggunakan shampo biasa. Oleskan kondisioner setelah keramas, pijat dengan lembut dan bilas dengan air hangat.

4. Keramas Dengan Teratur

Rambut bayi harus selalu dijaga kebersihannya dengan rutin mencucikan rambutnya pada saat dimandikan. Disamping untuk membersihkan rambutnya, keramas juga bermanfaat untuk kulit kepala bayi.

Bayi yang baru lahir sebaiknya jangan terlalu sering dimandikan, cukup sekali dalam seminggu saja. Apalagi bayi yang belum puput tali pusar dan harus dijaga agar tidak terlalu sering kena air.

Meskipun bayi dimandikan sekali dalam seminggu, namun untuk mencuci rambut bayi perlu dilakukan 2 atau 3 kali dalam seminggu. Pada saat mencuci rambut bayi pastikan menggunakan air hangat dan shampo khusus bayi.

5. Oleskan Gelatin Pada Kulit Kepala Bayi

Gelatin merupakan asam amino yang mampu merangsang pertumbuhan rambut bayi. Caranya dengan mengoleskan 1 sendok teh bubuk gelatin dicampur dengan air dan dioleskan ke kepala bayi. Biarkan hingga 15 menit dan bilas dengan hangat.

6. Gunakan Handuk Yang Lembut

Pada saat mengeringkan rambut bayi yang masih basah setelah keramas, gunakanlah handuk yang lembut dan kering agar rambut bayi cepat kering. Jangan menggunakan handuk yang kasar karena akan merusak folikel rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut.

Sangat wajar bayi yang baru lahir, terlahir dengan rambut yang lebat atau tanpa rambut sekalipun. Atau mungkin ada yang mengalami kerontokan setelah melahirkan. Pada umumnya rambut bayi akan tumbuh dengan normal pada usia 6 sampai 12 bulan. Namun jika ada kekhawatiran jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Itulah 6 tips agar rambut bayi cepat tumbuh dalam seminggu, namun lama dan cepatnya pertumbuhan rambut bayi sangat bergantung pada kondisi kesehatan bayi sendiri. Utamakan pemberian ASI yang berkualitas, karena semua kandungan gizi yang dibutuhkan bayi ada pada ASI.

Post a Comment for "Tips Agar Rambut Bayi Cepat Tumbuh Dalam Seminggu"