Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Buah Kiwi Untuk Mengobati Diabetes

Manfaat Buah Kiwi Untuk Mengobati Diabetes

Banyak sekali manfaat buah kiwi, umumnya buah kiwi dimanfaatkan sebagai pemanis makanan, namun belum banyak yang mengetahui bahwa buah kiwi sangat bermanfaat untuk kesehatan, baik untuk mencegah berbagai penyakit, maupun untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah kiwi sebenarnya berasal dari daratan Cina, kemudian menyebar ke seluruh dunia dan mulai dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Setelah diteliti bahwa buah kiwi sangat bermanfaat untuk kesehatan, maka mulailah penyebarannya ke seluruh dunia.

Tampilan fisik buah kiwi seperti telur ayam dan kulitnya berwarna coklat dengan ditutupi oleh bulu-bulu halus sehingga banyak juga yang menyebutnya buah berbulu. Daging buahnya berwarna keemasan dengan biji berwarna hitam yang bisa langsung dimakan. 

Dengan rasanya yang manis dan agak sedikit asam serta daging nya yang lembut menyerupai buah jeruk atau apel sehingga menjadikan buah kiwi ini makanan favorit bagi anak-anak maupun orang dewasa. 

Buah kiwi bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Bisa juga sebagai bahan campuran kue, puding, & makanan lainnya. Yang terpenting dari buah kiwi adalah manfaatnya untuk kesehatan. Pada buah kiwi terdapat vitamin C dengan jumlah yang sangat tinggi, serta terdapat kandungan antioksidan yang cukup banyak.

Masih banyak lagi kandungan nutrisi yang terdapat pada buah kiwi sehingga buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, tidak terkecuali untuk wanita hamil dan penderita diabetes.

Bagi penderita penyakit diabetes tipe 1 atau tipe 2 harus lebih hati-hati dalam memilih jenis buah-buahan, meskipun pada umumnya buah-buahan baik untuk dikonsumsi, namun hanya buah tertentu saja yang bermanfaat untuk penderita penyakit diabetes.

Buah kiwi sudah terbukti dapat membantu menormalkan kadar gula darah serta bermanfaat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa alasan kenapa buah kiwi dapat mengobati penyakit diabetes.

1. Buah Kiwi Aman dan Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

Buah kiwi mengandung zat untuk mengontrol glukosa darah sehingga buah kiwi ini sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Buah kiwi mengandung serat yang sangat tinggi sehingga mampu menjaga kadar gula darah tetap normal.

Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan yang baik dan teratur. Disamping itu pasien juga harus menjaga aktivitas fisik tetap prima dengan rutin berolahraga. 

Pada umumnya penyakit diabetes terjadi akibat dari pola makan dan hidup yang tidak sehat dan kebanyakan penderitanya mengalami kegemukan. Itulah pentingnya berolahraga agar berat badan bisa turun sehingga gula darah akan terkontrol.

2. Meringankan Penyakit Asma

Buah kiwi juga bermanfaat bagi penderita asma. Dalam sebuah penelitian didapatkan hasil bahwa pasien asma yang rutin mengkonsumsi buah kiwi setiap hari terbukti dapat memperbaiki kondisi paru-parunya menjadi lebih baik serta mengurangi sesak napas.

Umumnya penderita asma selalu membawa inhaler portable di sakunya sebagai alat pertolongan pertama jika asmanya kambuh. Namun pengobatan secara alami bisa anda lakukan dengan rutin mengkonsumsi buah kiwi setiap hari. Buah ini bisa anda jadikan sebagai menu sarapan pagi, dan pelengkap pada saat makan siang dan makan malam.

3. Buah Kiwi Dapat Melancarkan Pencernaan

Sama halnya dengan manfaat yogurt, buah kiwi juga dapat melancarkan pencernaan karena berperan sebagai prebiotic. Caranya dengan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus (lactobacilli dan bifidobacteria). Manfaat lainnya dari buah kiwi ini dapat mencegah sembelit.

Dengan adanya kandungan vitamin C pada buah kiwi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terutama pada penyakit flu. 

4. Mengontrol Tekanan Darah

Bagi penderita stroke dan jantung sangat dianjurkan mengkonsumsi buah kiwi setiap hari, karena dapat menurunkan tekanan darah. Bahkan manfaat buah ini dipercaya dapat mencegah penyakit kanker.

Penelitian sudah membuktikan bahwa buah kiwi dapat mengurangi resiko terjadinya penggumpalan darah dan menurunkan lemak darah. Efek dari resiko tersebut bisa mengakibatkan berbagai penyakit serius.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Setelah lelah seharian beraktifitas, tubuh banyak sekali kehilangan energi dan satu-satunya cara untuk memulihkan kondisi tersebut adalah dengan beristirahat atau tidur. Tentu saja tidur diperlukan adalah tidur yang berkualitas dan cukup. Sedangkan peran buah kiwi adalah membantu merilekskan tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari buah kiwi yang terbukti mampu mengobati penyakit diabetes baik itu diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2. Semoga artikel ini bermanfaat dan untuk informasi lebih lanjutnya anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli. Terimakasi.

Post a Comment for "Manfaat Buah Kiwi Untuk Mengobati Diabetes"