Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makananan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makananan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makananan Sehat Untuk Ibu Hamil. Berikut ini beberapa nutrisi dan gizi yang penting untuk ibu hamil yang menerapkan pola diet vegeratian sehingga bayi baru lahir dalam keadaan sehat

Bagi ibu hamil sangat penting menjaga pola makan yang bergizi dan jangan sampai ibu mengalami kurang gizi sehingga berdampak bagi kesehatan ibu dan janin. Mungkin ada sebagian ibu yang menerapkan pola makan vegetarian dan tidak memakan daging-dagingan.

Makananan Sehat Untuk Ibu Hamil

Sebenarnya ibu yang menerapkan pola diet vegetarian selama masa kehamilan boleh-boleh saja tapi jenis makanan yang anda konsumsi harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama untuk janin yang ada dalam kandungan. Berikut ini beberapa nutrisi dan gizi makananan sehat untuk ibu hamil menerapkan pola diet vegeratian sehingga bayi baru lahir dalam keadaan sehat:

1. Zat Besi

Pada wanita hamil relatif lebih sering kekurangan zat besi dan akan lebih sering lagi bagi ibu yang menerapkan pola diet vegetarian. Selama masa kehamilan ibu sangat membutuhkan lebih banyak produksi darah dalam tubuhnya yang berguna untuk mengantar nutrisi dari ibu ke janin melalui plasenta.

Tentu saja diperlukan zat besi sebagai bagian dari sel darah merah untuk mengangkut oksigen. Sumber makananan sehat untuk ibu hamil yang mengandung zat besi pada umumnya berasal dari daging merah. Tentu saja daging merah bukan pilihan utama bagi anda yang vegetarian.

Sumber zat besi lainnya bisa berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran berdaun hijau, susu kedelai, sereal dan roti. Zat besi akan diserap sempurna oleh tubuh dengan bantuan vitamin C dari makanan nabati yang anda konsumsi. Oleh sebab itu sangat disarankan minum segelas juice jeruk atau buah jeruk pada saat makan.

Bagi anda yang suka minum teh atau kopi, sebaiknya dikurangi karena akan berpengaruh terhadap kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. Alternatif lain anda mungkin bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi. Tentu saja anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat terkait penting atau tidaknya mengkonsumsi suplemen kehamilan tersebut.

2. Vitamin B12

Vitamin yang masuk dalam golongan B sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama vitamin B12. Pada umumnya sumber utama vitamin B berasal dari makanan nabati sehingga bagi vegetarian tidak akan kesulitan menemukan jenis nutrisi tersebut.

Vitamin B12 sangat penting dalam pembentukan sel darah merah serta menjaga sistem saraf. Kekurangan vitamin B12 akan beresiko bayi mengalami cacat tabung saraf. Banyak sekali sumber makananan sehat untuk ibu hamil yang mengandung vitamin B12, namun anda harus teliti memilihnya terutama makanan olahan.

Sumber utama vitamin B12 ini lebih banyak ditemukan pada makanan hewani. Untuk sumber makanan nabati lebih banyak ditemukan pada susu kedelai, dan produk olahan susu lainnya, jika anda membelinya di supermarket perhatikan labelnya dengan cermat.

Selama hamil mungkin saja anda akan kekurangan vitamin B12 ini, karena umumnya sumber nutrisi ini berasal dari hewani. Pilihan lainnya mungkin dengan bantuan suplemen atau suntikan B12. Tentu saja anda tanyakan ke dokter kandungan seberapa penting pemberian suplemen atau suntikan tersebut.

3. Kalsium

Fungsi utama kalsium adalah untuk tulang dan gigi serta perkembangan sel bayi dalam janin. Bagi ibu vegetarian pastikan sumber makanan nabati yang dikonsumsi mengandung zat kalsium. Pada umumnya sumber kalsium nabati banyak terdapat pada susu. Sumber lainnya bisa dari biji-bijian seperti wijen, almond.

4. Omega-3

Omega-3 mengandung ALA, DHA, dan EPA. Semua zat tersebut sangat bermanfaat untuk perkembangan otak bayi. Seperti kita ketahui sumber utama Omega-3 berasal dari hewani yaitu ikan terutama ikan salmon. Ini disebabkan karena ikan memakan alga sehingga Omega-3 pada ikan sangat tinggi. Dengan pengetahuan tersebut, anda yang diet vegetarian bisa mencari sumber makananan sehat untuk ibu hamil dengan bahan nabati yang mengandung alga. Pilihannya adalah suplemen alga DHA dan EPA Omega-3.

Post a Comment for "Makananan Sehat Untuk Ibu Hamil"