Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Mual Saat Hamil

Cara Mengobati Mual Saat Hamil

Cara Mengobati Mual Saat Hamil. Hadirnya buah hati ke dunia ini merupakan anugerah yang luar biasa yang dirasakan oleh orang tua. Kebahagiaan dengan bertambahnya anggota keluarga dan menjadi pelengkap hidup berumah tangga. Masa kehamilan adalah masa yang membahagiakan sekaligus masa yang sulit bagi ibu karena akan ada banyak keluhan yang dirasakan.

Keluhan yang paling sering dialami oleh ibu adalah morning sickness, terutama pada trimester pertama. Pada masa ini ibu akan mengalami rasa mual dan sering muntah, sehingga ibu akan berupaya dengan berbagai cara mengobati mual saat hamil tersebut.

Morning sickness akan mengakibatkan mual dan muntah dan itu adalah hal yang wajar terjadi pada ibu hamil akibat dari peningkatan hormon Hcg (human chorionic gonadotropin) pada awal masa kehamilan. Indra penciuman ibu akan menjadi sensitif terutama pada saat mencium aroma.

Morning Sickness akan hilang dengan sendirinya setelah 12 minggu masa kehamilan atau setelah trimester pertama. Sebagian ibu mencoba menghilangkan rasa mual tersebut dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti vitamin dan obat penghilang rasa mual.

Cara Mengobati Mual Saat Hamil

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi morning sickness, salah satunya dengan mengkonsumsi beberapa buah-buahan. Berikut jenis buah-buahan yang disarankan untuk menghilangkan rasa mual dan muntah selama hamil, yaitu:

1. Buah Apel

Cara mengobati mual saat hamil yang pertama adalah buah apel. Mengkonsumsi buah apel dipercaya bisa mengatasi rasa mual serta muntah pada wanita hamil. Buah apel kaya akan serat yang bermanfaat untuk sistem pencernaan. Karbohidrat yang terdapat dalam buah apel mampu mencegah rasa mual.

2. Buah Jeruk

Buah jeruk sebaiknya selalu ada di meja makan sebagai cemilan yang menyehatkan. Sistem kekebalan tubuh akan terjaga dengan baik apabila selalu rutin mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C ini. Masalah peradangan dan pencernaan sangat sering dialami oleh ibu hamil. Buah jeruk yang mengandung asam mampu mengatasi masalah peradangan dan pencernaan tersebut.

3. Buah Alpukat

Buah berikutnya yang bisa mengatasi rasa mual dan muntah adalah alpukat. Disamping itu tingginya kandungan serat pada buah alpukat juga bisa mengatasi sembelit pada ibu hamil.

4. Buah Melon

Cara mengobati mual saat hamil selanjutnya adalah buah melon. Pada trimester ketiga rasa mual dan mulas akan lebih sering dirasakan. Dengan sering mengkonsumsi buah melon, bisa mengatasi masalah tersebut. Buah melon kaya akan cairan, sehingga bisa mencegah dehidrasi.

5. Buah Pisang

Pisang adalah makanan yang memiliki aroma khas dan kaya akan nutrisi. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang mampu mencegah rasa mual dan muntah. Buah pisang bisa dimakan kapan saja tanpa ada waktu-waktu tertentu dan biasanya dimakan untuk mengganjal perut yang lapar. Bagi ibu hamil sebaiknya dimakan pada pagi hari setelah sarapan.

Cara mengobati mual saat hamil adalah dengan sering makan tapi dengan porsi sedikit. Wajar saja akibat dari rasa mual tersebut akan menurunkan nafsu makan tapi jangan sampai perut kosong.

Memperbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi selama hamil dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B, rendah lemak, kaya karbohidrat, biskuit, pasta dan roti. Makanan yang menyengat sebaiknya dihindari karena akan memperparah rasa mual. Mengkonsumsi permen mint dipercaya mampu meredakan mual.

Meskipun morning sickness adalah mual yang terjadi pada wanita hamil di pagi hari, namun rasa mual juga terjadi di malam hari. Sebaiknya ibu menghindari makanan yang berminyak, pedas, asam, dan berlemak. Jika cara mengobati mual saat hamil diatas sudah dilakukan dan tidak mengurangi rasa mual dan muntah, maka sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter kandungan.

Post a Comment for "Cara Mengobati Mual Saat Hamil"