Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Sari Kurma Untuk Anak

 Manfaat Sari Kurma Untuk Anak

Manfaat Sari Kurma Untuk Anak. Kurma merupakan salah satu makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Sehingga mengkonsumsi buah kurma sangat dianjurkan untuk anak-anak karena bagus untuk kesehatannya. Sekarang ini buah kurma sudah digunakan sebagai pengobatan modern untuk mencegah terjadinya kanker perut. Disamping itu, kurma juga kaya akan serat alami.

Buah kurma dapat tumbuh sepanjang tahun namun hanya bisa dipanen pada musim gugur atau pada awal musim dingin. Orang biasanya menyebut buah kurma dengan buah Nabi karena merupakan makanan yang biasa dimakan oleh orang Timur Tengah, terutama Arab dan merupakan makanan kesukaan Nabi.

Adapun nutrisi yang terkandung dalam buah kurma seperti sukrosa, fruktosa, dan gula. Kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat. Disamping kandungan karbohidrat yang tinggi, buah kurma juga mengandung zat besi, folat, vitamin K, dan antioksidan.

Kandungan nutrisi pada buah kurma berbeda-beda tergantung dari tingkat kematangannya. Buah kurma kering lebih banyak mengandung kalori dan gula dibanding kurma yang masih segar. Kurma segar mengandung lebih banyak serat, air, dan protein dibanding kurma kering.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, anda bisa menggabungkan buah kurma dengan roti, susu, yogurt, ikan, atau mentega. Tergantung dari selera anda mengkombinasikannya dengan makanan lainnya.

Buah kurma juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan. Kandungan kalsium yang terdapat pada kurma sangat bermanfaat untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Seperti yang kita ketahui, kalsium berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi.

Di Timur Tengah, kurma merupakan makanan favorit dan paling disukai. Ini disebabkan karena kondisi suhu di daerah tersebut sangat mendukung tumbuhan ini bisa berkembang dengan baik dan menjadi makanan paling enak di Timur Tengah.

Manfaat Sari Kurma Untuk Anak

Berikut ini beberapa manfaat sari kurma untuk anak, yaitu:

1. Kurma Merupakan Sumber Karbohidrat Dan Gula Yang Baik.

Selain mengandung serat, buah kurma juga mengandung sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Kandungan gizi ini berfungsi untuk menambah stamina atau energi pada anak-anak. Itulah sebabnya kurma ini sangat dianjurkan dikonsumsi untuk anak-anak hingga orang dewasa baik itu sebagai sarapan pagi, maupun makan siangnya.

Sumber energi utama tubuh adalah karbohidrat dan gula, jika kandungan ini tidak ada atau kurang dalam tubuh, maka energi akan terbentuk dari lemak atau protein yang terdapat di dalam tubuh. Tentu saja hal ini jangan sampai terjadi karena akan berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh.

Namun anda tetap memperhatikan jumlah karbohidrat dan gula yang diberikan pada anak-anak, jangan sampai berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan. Gula yang ada di dalam tubuh berasal dari makanan, akan digunakan tubuh sebagai sumber energi dan sebagian lagi akan disimpan sebagai cadangan energi yang disimpan di dalam hati dan otot dalam bentuk glikogen. Pada saat gula darah di dalam tubuh berkurang, maka glikogen akan digunakan sebagai sumber energi.

2. Memperlancar Pencernaan Anak

Manfaat sari kurma untuk anak selanjutnya untuk memperlancar pencernaan. Organisme parasit yang ada di dalam usus akan mengganggu keseimbangan bakteri di dalam usus. Dengan mengkonsumsi buah kurma, parasit tersebut akan dibasmi dan memperbaiki sistem pencernaan anak.

Buah kurma juga bermanfaat melindungi organ hati yang diakibatkan oleh virus yang sering terjadi pada anak-anak. Kandungan serat yang terdapat pada kurma bermanfaat untuk mengatasi sembelit pada bayi dan anak-anak.

Proses metabolisme tubuh pada anak-anak akan terbantu dengan adanya kandungan serat pada buah kurma. Misalnya untuk membantu menormalkan BAB, menjaga kesehatan usus, serta mencegah wasir. Rutin mengkonsumsi buah ini setiap hari, akan membantu anak-anak mendapatkan berat badan yang sehat serta kebutuhan nutrisi hariannya akan terpenuhi.

Bagi anak-anak mungkin saja akan kesulitan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat karena bentuknya yang tidak menarik dan rasanya yang tidak terlalu disukai anak-anak. Namun buah kurma ini menjawab semua masalah tersebut karena memiliki rasa yang enak apalagi jika dikonsumsi dengan segelas susu.

3. Kurma Sebagai Nutrisi Untuk Kulit

Banyak orang yang tidak tahu bahwa ternyata buah kurma juga bermanfaat untuk kesehatan kulit si kecil. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi yang tinggi pada kurma sehingga meningkatkan kadar hemoglobin. Apabila terdapat keseimbangan kadar hemoglobin dalam sel darah maka secara otomatis akan berdampak baik untuk kesehatan kulit.

4. Kurma Untuk Menyembuhkan Demam

Jika anak-anak demam, misalnya demam setelah imunisasi, anda bisa memberikannya kurma dan dicampur dengan segelas susu. Cara ini dilakukan untuk membantu proses pemulihan si kecil pada saat demam. Hal ini disebabkan karena buah kurma banyak sekali mengandung vitamin dan mineral.

Perlu anda ketahui bahwa buah kurma ini hanya membantu mempercepat proses penyembuhannya saja. Jika anak-anak demam tetap saja memerlukan penanganan secara medis karena efek dari demam bisa mengakibatkan berkurangnya nafsu makan anak dan badan akan terasa lemas. Itulah manfaat sari kurma untuk anak yang perlu ibu keteahui, semoga bermanfaat

Post a Comment for "Manfaat Sari Kurma Untuk Anak"