Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Informasi Seputar Bayi Baru Lahir

Informasi Seputar Bayi Baru Lahir

Segala hal mengenai bayi selalu menarik untuk di diketahui dan segala macam cara kita lakukan untuk mendapatkan informasi tersebut. Bayi baru lahir sangat membutuhkan perhatian yang lebih dari orang tuanya. Untuk itulah kita sebagai orang tua harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh bayi. 

Ada beberapa hal yang perlu ibu ketahui seputar bayi baru lahir.

1. Ubun-Ubun Pada Bayi Terasa Lunak

Wajar saja kita melihat bagian tengkorak bayi terasa lunak, terutama pada bagian ubun-ubunnya. Hal ini membantu bayi lahir dengan normal dan memudahkannya bergerak menuju jalan lahir.

Mungkin ada kekhawatiran anda memegang kepalanya terutama bagian ubun-ubunnya karena masih lunak. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena ubun bayi berdenyut menandakan ada pembuluh darah yang melingkupi otak bayi. Seiring dengan bertambahnya umur bayi, maka ubun-ubun tersebut akan mengeras dengan sendirinya.

2. Bayi Yang Sering Bersin

Hidung bayi yang baru lahir sangat kecil dan terlihat sedikit ada lendir. Itulah sebabnya bayi sering bersin terus menerus. Tapi kondisi lain seperti flu bisa saja menjadi alasan bayi sering bersin dan kondisi ini perlu mendapatkan penanganan serius. Ciri-cirinya yaitu bersin yang disertai ingus berwarna kuning dan kental.

3. Kulit Bayi Kering Dan Kasar

Bayi selama 9 bulan berada dalam rahim ibunya dan dilindungi oleh lapisan dan cairan sehingga membuatnya merasa aman dan nyaman. Kondisi yang selalu membuat bayi merasa hangat dalam perut ibunya. Ketika bayi lahir ke dunia, kita akan melihat kulitnya akan kering dan kasar. Hal ini terjadi karena untuk pertama kalinya kulit bayi terkena udara.

Bahkan kita melihat kulit bayi kering dan mengelupas. Namun kondisi kulit bayi tersebut bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan karena hanya bersifat sementara saja. Kelembaban kulit bayi akan kembali normal asalkan tetap diberikan ASI yang cukup sehingga kebutuhan cairan dan nutrisinya terpenuhi.

Terkadang ibu bisa saja memberikan lotion untuk melembabkan kulit bayi. Tapi penggunaan lotion pelembab kulit bayi harus hati-hati dan tidak boleh sembarangan dalam memilih produk. Konsultasikan dengan dokter untuk hal tersebut.

Karena sifat dari kulit bayi yang sensitif, sehingga perlu perlakuan khusus agar tidak terjadi masalah pada kulit bayi. Misalnya saja ruam pada kulit bayi akibat dari pemakaian popok yang terlalu lama atau terlalu ketat. Masalah lainnya seperti timbulnya bintik-bintik merah pada kulit bayi seperti jerawat.

4. Terdapat Rongga Kecil di Dada Bayi

Terdapat tiga bagian pada tulang dada bayi, dan rongga kecil pada dada bayi bisa saja terletak pada bagian bawah tulang dada bayi. Dengan bertambahnya usia bayi maka rongga kecil pada dada bayi tersebut akan hilang.

5. Bayi Mudah Cegukan

Cegukan yang terjadi pada bayi merupakan hal yang wajar. Hal ini disebabkan belum sempurnanya komunikasi diafragma dan otak bayi. Cegukan yang terjadi pada bayi setiap hari tidak perlu anda khawatirkan karena bukanlah kondisi yang membahayakan bagi bayi. Namun anda perlu mencari tahu apa penyebab bayi cegukan dan cara mengatasinya.

6. Feses Bayi Baru Lahir Cair Atau Lunak Setelah Menyusui

Bayi yang baru lahir dan mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya, BAB bayi akan lebih sering dan biasanya setelah menyusui langsung BAB. ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi baru lahir dan akan mudah dicerna oleh tubuh sehingga BAB akan lebih sering.

Sedangkan bayi yang mendapatkan susu formula akan lebih lama diproses oleh tubuh bayi sehingga BAB nya akan lama. Ini disebabkan kandungan yang terdapat pada susu formula butuh proses yang lama untuk dicerna, karena sistem pencernaan bayi yang belum sempurna. Sebelum anda meberikan susu formula pada bayi, ada baiknya anda mengetahui tips bagaimana cara meberikan susu formula yang tepat pada bayi

Itulah sebabnya bayi yang baru lahir sebaiknya jangan diberi susu formula, tapi lebih baik diberikan ASI. Jika feses bayi masih cair dan lunak, itu hal yang biasa karena dia masih mengkonsumsi ASI dan bukan makanan padat.

7. Bayi Baru Lahir Sering Menangis

Bayi baru lahir hanya bisa berkomunikasi dengan cara menangis. Baik itu pada saat lapar, ingin digendong, ngompol atau hanya untuk buang angin. Meskipun ada beberapa bayi tidak menangis pada saat lahir, namun itu untuk kondisi tertentu. Dengan menangis bayi mencoba memberitahu orang sekitarnya apa yang dia inginkan. Sehingga bayi bisa mendapatkan perhatian orang tuanya dan meresponnya dengan cepat.

Itulah 7 hal yang perlu anda ketahui sebagai calon ibu atau calon orang tua yang masih hamil. Akan ada hal-hal yang baru dan asing bagi anda ketika memiliki seorang bayi yang lucu. Hal-hal yang sudah dijelaskan diatas merupakan sebagian kecil dari banyak hal lainnya yang akan anda temukan ketika sudah memiliki bayi nantinya. Tetap perluas pengetahuan anda tentang dunia bayi dan kesehatan bayi.

Post a Comment for "7 Informasi Seputar Bayi Baru Lahir"