Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Manfaat Kubis Untuk Ibu Hamil

4 Manfaat Kubis Untuk Ibu Hamil

Segala macam cara dilakukan oleh ibu hamil agar bayi yang ada dalam kandungannya baik dan sehat. Serta proses persalinannya juga berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Bukan saja kesehatan janin yang harus diperhatikan, tapi kesehatan ibu juga harus menjadi prioritas. Karena kesehatan janin sangat bergantung dari kesehatan ibu. Itu semua tidak terlepas dari nutrisi yang dikonsumsi ibu selama hamil serta menerapkan pola hidup sehat.

Selama hamil, ibu harus memperhatikan kondisi kehamilannya dengan baik karena hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi baik itu dari lingkungan, maupun dari dalam tubuh ibu sendiri. Bermacam gangguan bisa saja terjadi selama masa kehamilan hingga masa melahirkan.

Istirahat yang cukup adalah hal yang harus ibu lakukan untuk menjaga kondisi kehamilan terhindar dari pengaruh buruk. Selama hamil jangan pernah meninggalkan jadwal kontrol ke dokter atau pemeriksaan kehamilan, baik itu ke rumah sakit atau ke puskesmas dan selalu konsultasikan dengan dokter apa saja yang menjadi keluhan ibu selama hamil. 

Selain itu, menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang juga harus diperhatikan. Jenis makanan yang dikonsumsi pada saat hamil tentu saja berbeda jika dibandingkan jenis makanan sebelum hamil. Bukan saja jenis makanannya yang harus diperhatikan, tapi juga kandungan gizi dan porsinya juga harus seimbang.

Sesuai dengan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan, maka asupan gizi yang dikonsumsi juga berbeda. Akan ada beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, apalagi jika usia kehamilan sudah mendekati kelahiran.

Sayuran merupakan makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu sayuran yang akan dibahas pada artikel ini adalah kubis. Secara fisik tampilan sayur ini memang tidak menarik dan rasanya juga hambar. Tapi tahukah anda bahwa kubis merupakan sayuran yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Sebelum membahas lebih jauh lagi manfaat kubis untuk ibu hamil, terlebih dahulu kita akan bahas apa saja kandungan gizi yang terdapat pada sayuran kubis. Segelas kubis mengandung nutrisi esensial yang sangat tinggi. Kandungan kalsium pada kubis sangat membantu perkembangan dan pertumbuhan tulang bayi dan mencegah anemia pada ibu hamil.

1. Kubis Untuk Meredakan Sembelit

Sembelit merupakan gangguan fungsi tubuh dan sangat sering terjadi pada ibu hamil. Hormon progesterone yang meningkat selama kehamilan merupakan salah satu penyebab terjadinya sembelit. Ibu hamil yang sering mengalami sembelit bisa dicegah dengan memperbanyak minum air, makanan yang berserat, dan rutin berolahraga.

Efek lain dari meningkatnya hormon progesterone adalah otot polos akan lemas di seluruh tubuh dan di saluran pencernaan. Akibatnya pergerakan usus akan lambat dan penyerapan air akan lebih banyak. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya sembelit.

Selain faktor peningkatan hormon progesterone, sembelit juga disebabkan oleh pola makan yang rendah kandungan seratnya. Obat penambah darah juga menjadi faktor penyebab terjadinya sembelit. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil. Apabila dibiarkan akan mengakibatkan naiknya asam lambung dan wasir.

Kubis sangat kaya akan serat, sehingga masalah sebelit yang sudah dijelaskan di atas tidak akan terjadi pada ibu hamil.  Serat yang terdapat pada kubis memiliki 2 manfaat yaitu untuk melembutkan feses dan memperlancar sistem pencernaan. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi 25-30 gr serat per hari.

2. Kubis Kaya Akan Kandungan Asam Folat

Kubis sangat kaya dengan kandungan asam folat. Sedangkan manfaat dari asam folat sendiri sangat berperan dalam membangun sistem DNA janin. Kubis juga melindungi bayi dari kelainan bawaan seperti cacat lahir.

Jumlah asupan asam folat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sekitar 600 mcg per hari. Bagi ibu yang sudah pernah melahirkan bayi dengan kondisi cacat tabung saraf, maka konsumsi asam folat perlu ditingkatkan menjadi 4.000 mcg.

Manfaat asam folat bukan saja untuk ibu yang sedang hamil saja, tapi asam folat ini juga bermanfaat sebelum kehamilan. Jadi mengkonsumsi kubis bukan saja pada saat hamil saja, tapi sebelum hamil juga sebaiknya di konsumsi.

Asam folat selama kehamilan dipercaya dapat mencegah keguguran atau kematian pada janin yang masih berusia dibawah 20 minggu. Gangguan kehamilan lainnya seperti bayi lahir prematur dan gangguan pertumbuhan janin merupakan manfaat lainnya dari asam folat.

3. Kubis Mencegah Kanker Dan Serangan Jantung

Kubis dipercaya memiliki zat anti kanker yang disebut dengan antosianin. Zat ini memiliki sifat sebagai antioksidan sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Antosianin juga berfungsi untuk mengontrol radikal bebas dan mengurangi resiko penyakit tertentu.

Itulah 4 manfaat dari mengkonsumsi kubis setiap hari bagi ibu hamil. Manfaat yang didapat bukan saja untuk janin, tapi juga untuk kesehatan ibu sendiri. Jangan lewatkan menu sayuran ini di meja makan anda setiap hari sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi harian.

4. Kol Mengandung Vitamin C

Vitamin C sangat dibutuhkan selama ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin dan ibu. Untuk dosis vitamin C yang dikonsumsi setiap hari harus menyesuaikan dengan angka kecukupan gizi agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut dalam air dan tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Namun vitamin C ini didapatkan dari makanan yang dikonsumsi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin C. Kubis merupakan sejenis sayuran yang mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga mengkonsumsi kubis setiap hari sangat di sarankan.

Post a Comment for "4 Manfaat Kubis Untuk Ibu Hamil"