Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makanan Yg Memperbanyak ASI

 makanan yg memperbanyak ASI

Makan Memperbanyak ASI. Banyak sekali permasalahan ibu menyusui seperti kesulitan memberikan ASI pada bayi karena jumlah produksi ASI nya yang tidak mencukupi untuk kebutuhan bayinya.

Padahal nutrisi yang paling baik untuk bayi yang baru lahir adalah ASI. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi jumlah produksi ASI, misalnya efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan dan kurangnya intensitas menyusui bayi.

Meskipun banyak faktor yang mempengaruhi produksi ASI, namun bukan berarti menjadi alasan untuk ibu tidak lagi menyusui bayinya dan hanya bergantung pada sufor atau susu formula. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan menjaga pola makan yang baik dan nutrisi yang seimbang.

Makan Memperbanyak ASI

Makan dengan teratur dengan kandungan gizi yang seimbang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Terutama kandungan kalori dalam makanan yang sehat harus terpenuhi.

Berikut makan memperbanyak asi secara alami, yaitu:

1. Buah Alpukat

Mengkonsumsi buah alpukat banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, terutama untuk ibu yang sedang menyusui, karena bisa meningkatkan jumlah kalori. Seperti kita ketahui, ibu yang menyusui banyak sekali kalori yang terbuang.

Dengan komposisi buah alpukat yang mengandung lemak sebanyak 80% diyakini mampu mencukupi kebutuhan kalori ibu yang sedang menyusui. Disamping kandungan lemak baik bagi tubuh, buah alpukat juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, E, B, K, kalium dan folat.

Lemak yang terkandung dalam buah alpukat merupakan lemah yang mengandung omega-6 sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung, dan merupakan salah satu jenis makan memperbanyak asi

Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah, memelihara kesehatan jantung serta pembuluh darah, mencegah batu ginjal, dan memelihara fungsi saraf. Kalium yang terkandung dalam buah alpukat dua kali lebih besar dibanding buah pisang.

Mengkonsumsi buah alpukat bisa dibuat juice dengan menambahkan sedikit saja gula atau susu. Tapi yang paling baik adalah mengkonsumsi langsung buah alpukat segar yang sudah matang tanpa diolah lagi.

2. Aneka Kacang-Kacangan

makan memperbanyak asi lainnya juga terdapat pada kacang-kacangan yang mengandung kalsium, vitamin B,K, mineral, protein, seng dan zat besi. Jenis kacang-kacangan tersebut seperti kacang almond, kacang tanah, kacang mede dan yang lainnya.

Kacang almond yang bersumber dari pohon padam kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk ibu menyusui. Umumnya kacang almond diolah untuk dijadikan minyak yang digunakan untuk pengobatan seperti kulit kering dan kesehatan rambut. Disamping meningkatkan produksi ASI, juga efektif untuk meningkatkan pertumbuhan bayi.

3. Jamur

Hanya jenis jamur tertentu saja yang bisa dikonsumsi dan sebagai ASI booster alami. Diantara jenis jamur tersebut adalah jamur maitake, jamur tiram, jamur shiitake, dan jamur reishi. Kandungan antioksidan yang terkandung dalam jamur tersebut sangat tinggi dibanding jenis jamur lainnya.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, katuk, bayam dan brokoli merupakan makan memperbanyak asi secara alami. Dengan sering mengkonsumsi sayuran hijau diharapkan nantinya anak mengikuti dan menyukai sayur-sayuran.

Mitos yang masih diyakini oleh ibu-ibu tentang sayuran seperti kol dan brokoli akan membuat bayi menjadi rewel adalah tidak benar. Memang ada jenis sayuran yang bisa memproduksi gas secara berlebih, namun tentu saja tidak ada pengaruhnya ke ASI.

5. Sayuran Berakar Merah dan Orange

Jenis sayuran berakar merah seperti ubi dan wortel diyakini sejak dulu sebagai sayuran yang bisa menambah produksi ASI. Sayuran ini sudah sejak lama dikonsumsi orang China dan sudah turun-temurun hingga sekarang.

Zat fitoestrogen yang terkandung di dalam sayuran ini sama halnya yang terdapat pada sayuran berdaun hijau, dimana fungsinya sama sebagai zat yang membantu meningkatkan jumlah produksi ASI.

6. Kunyit

Kunyit mengandung anti peradangan dan tentu saja bagus untuk kesehatan ibu yang sedang menyusui. Dengan adanya kandungan anti peradangan tersebut maka secara tidak langsung bisa menambah produksi ASI.

7. Buah Pisang

Selain buah alpukat, pisang juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk ibu menyusui. Meskipun kandungan kalium pada pisang lebih rendah dibanding alpukat, namun buah pisang mengandung kalori dan asam folat yang mampu memberikan energi bagi ibu setelah menyusui.

8. Biji-Bijian

Makan memperbanyak asi juga terdapat pada biji-bijian seperti biji rami, biji bunga matahari, biji wijen, dan biji labu. Nutrisi yang terdapat pada biji-bijian tersebut seperti kalsium, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI secara alami.

9. Beras Merah

Nutrisi yang terkandung dalam beras merah lebih tinggi jika dibandingkan dengan nutrisi yang terdapat pada beras putih biasa. Kalori yang dihasilkan dari karbohidrat kompleks pada beras merah sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui agar ASI yang dihasilkan banyak dan berkualitas.

10. Telur Dan Daging Sapi Tanpa Lemak

Telur merupakan makanan yang selalu tersedia di dalam kulkas dan menjadi makanan cepat saji pada saat perut lapar. Telur mengandung mineral dan vitamin B kompleks serta merupakan protein hewani yang terbaik.

Ada banyak jenis telur, namun yang direkomendasi adalah telur yang mengandung omega-3. Sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui agar ASI lebih banyak dan berkualitas.

Sedangkan daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi yang mampu meningkatkan energi tubuh. Energi sangat dibutuhkan oleh ibu karena sudah terkuras pada saat melahirkan, mengasuh dan untuk memproduksi ASI.

Itulah 10 makan memperbanyak asi bernutrisi tinggi dan wajib dikonsumsi oleh ibu yang ingin meningkatkan produksi ASI. Seperti ibu ketahui memberikan ASI pada bayi 6 bulan pertama sangat dianjurkan dan waktu yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Serta pada masa ini merupakan waktu pemulihan bagi ibu setelah melahirkan.

Post a Comment for "Makanan Yg Memperbanyak ASI"