Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Perawatan Ibu Hamil 2 Bulan

 Cara Perawatan Ibu Hamil 2 Bulan

Cara Perawatan Ibu Hamil 2 Bulan. Ada banyak hal yang harus ibu perhatikan selama masa kehamilan. Mulai dari makanan, menjaga kebersihan, istirahat yang cukup, serta aktifitas fisik yang harus dijaga.

Sebelum hamil mungkin ibu tidak terlalu memperhatikan hal seperti itu. Tentu saja semua aktifitas selama hamil harus terus dikontrol dan dibantu oleh pasangan untuk mengingatkan jika ada yang lupa dan terlewatkan. Ibu hamil butuh dukungan dan support dari pasangan dan orang terdekat.

Perubahan hormon pada ibu hamil bisa berpengaruh pada fisik dan psikologis ibu. Perubahan fisik bisa terlihat dari semakin naiknya berat badan seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Perubahan secara psikologis tampak dari mudah tersinggung, menangis dan emosi yang tidak terkendali.

Perubahan itu adalah hal yang wajar terjadi pada ibu hamil, apalagi ibu yang baru hamil anak pertama. Ada rasa senang, takut, dan kekhawatiran. Semuanya campur aduk dan jika tidak bisa dikendalikan akan mengakibatkan stress. Imbasnya bukan saja pada ibu, tapi juga pada janin yang ada dalam kandungan.

Cara Perawatan Ibu Hamil 2 Bulan

Untuk itulah pentingnya persiapan, pengetahuan dan perawatan sehari-hari selama masa hamil, terutama cara perawatan ibu hamil 2 bulan. Tujuannya untuk mempersiapkan ibu menjelang kelahiran bayinya dan perawatan pasca melahirkan. Semuanya butuh perhitungan dan persiapan yang matang.

Berikut cara perawatan ibu hamil 2 bulan yang bisa ibu lakukan, yaitu:

1. Makanan yang bergizi seimbang

Makanan ibu hamil dengan makanan sebelum hamil tentu saja ada perbedaannya. Gizi yang dibutuhkan selama hamil harus lebih banyak dan seimbang. Pilihlah makanan yang kaya nutrisi baik itu sayur-sayuran, buah-buahan, karbohidrat, protein dan kandungan gizi lainnya.

Dengan memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan, maka kita akan lebih terkontrol dalam mengkonsumsi jenis makanan. Makan secara proporsional dengan beragam makanan yang kaya gizi, terutama gizi yang dibutuhkan untuk ibu hamil.

2. Istirahat Yang Cukup

Cara perawatan ibu hamil 2 bulan berikutnya adalah istirahat yang cukup. Pola istirahat ibu hamil harus dijaga dan teratur, tidak boleh sering begadang. Berikut tips untuk mendapatkan kualitas istirahat yang baik untuk ibu hamil:

  • Harus tidur minimal 6-7 jam setiap malam dan pada siang harinya carilah waktu untuk tidur sekitar 1-2 jam.
  • Posisi tidur tidak boleh sembarangan, posisi tidur ibu hamil yang disarankan adalah berbaring ke kiri.
  • Jika kondisi lingkungan tempat tinggal ibu banyak nyamuk, maka sebaiknya gunakan kelambu berinsektisida.

Lebih sering mengelus-elus perut untuk memberikan stimulus pada janin merupakan cara perawatan ibu hamil 2 bulan yang sangat dianjurkan. Ibu bisa melakukan ini bersama pasangan. Jika usia kehamilan sudah 4 bulan, lebih seringlah mengajak janin berbicara.

3. Menjaga Kebersihan Diri

Perawatan lainnya yang perlu untuk dilakukan adalah menjaga kebersihan diri. Berikut hal apa saja yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kebersihan diri:

  • Sering mencuci tangan dengan sabun dan membilasnya dengan air bersih yang mengalir. Keringkan dengan kain bersih. Mencuci tangan bukan saja pada saat buang air kecil atau besar, tapi setelah memegang benda-benda tertentu yang dirasa kotor.
  • Sikat gigi secara teratur dan benar, minimal setelah makan dan sebelum tidur malam. Kebersihan mulut sangat perlu untuk dijaga agar terhindar dari penyakit yang berbahaya. Sisa-sisa makanan yang masih ada di dalam mulut bisa memicu berkembang biaknya kuman-kuman penyakit jika tidak segera dibersihkan.
  • Mandi minimal 2 kali dalam sehari, pagi dan sore hari serta selalu mengganti pakaian setelah mandi.

Jika perlu, periksakan gigi ke dokter gigi jika dirasa ada masalah dengan kondisi gigi, misalnya gigi berlubang, atau masalah gusi.

4. Aktivitas Fisik Untuk Ibu Hamil

Selama hamil ibu tidak boleh melakukan aktifitas fisik yang berat seperti mengangkat benda yang berat, aktivitas berjalan yang terlalu sering, atau naik turun tangga. Namun bukan berarti ibu tidak boleh melakukan aktivitas apapun selama hamil.

Senam hamil bisa menjadi salah satu cara yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Konsultasikan dengan petugas kesehatan jika ibu ingin mengikuti kelas senam ibu hamil.

Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Banyak perubahan perilaku dan aktivitas oleh ibu hamil, apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan. Apa yang disarankan dan apa yang harus dihindari selama masa kehamilan. Berikut apa saja hal yang harus ibu hindari selama hamil, yaitu:

  1. Jangan melakukan aktivitas yang berat-berat
  2. Jangan merokok dan jauhi lokasi yang terpapar asap, baik itu asap rokok maupun asap pembakaran sampah
  3. Jangan minum minuman yang beralkohol dan bersoda, termasuk jangan mengkonsumsi jamu
  4. Tidak boleh tidur telentang lebih dari 10 menit ketika sudah memasuki hamil tua
  5. Jangan membeli dan meminum obat tanpa ada resep dari dokter
  6. Hindari stres

Itulah tips cara perawatan ibu hamil 2 bulan yang bisa dilakukan dan apa saja yang harus dihindari. Dukungan dari orang terdekat sangat penting bagi ibu hamil, agar dia tidak merasa sendirian dan bisa mengurangi stress. Disinilah pentingnya peran dari pasangan yang selalu siaga dan bisa membantu pekerjaan yang biasanya dilakukan istri.

Post a Comment for "Cara Perawatan Ibu Hamil 2 Bulan"