Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menidurkan Bayi Yg Susah Tidur

 Cara Menidurkan Bayi Yg Susah Tidur

Cara Menidurkan Bayi Yg Susah Tidur. Sebagai orang tua baru tentu sangat menginginkan bayi kita tidur dengan nyenyak dan berkualitas. Ada keunikan sebelum tidur pada bayi dan kita sebagai orang tua sulit untuk mengetahuinya.

Cara Menidurkan Bayi Yg Susah Tidur

Ada beberapa cara menidurkan bayi yg susah tidur, berikut tipsnya:

1. Konsisten

Mempersiapkan semuanya sebelum tidur dan menjadikannya sebuah rutinitas seperti bercerita atau dongeng sebelum tidur, meskipun bayi kita belum bisa memahaminya. Membersihkan tempat tidurnya sehingga dia bisa tidur dengan nyaman.

Membuat ruangannya setenang mungkin tanpa ada suara-suara yang mengganggu tidurnya. Jika hal ini dilakukan secara konsisten sebelum bayi tidur, maka bayi kita akan merasa nyaman dan tidurnya akan nyenyak dan berkualitas.

2. Waktu Tidur Yang Menyenangkan

Jadikan waktu tidur menjadi hal yang menyenangkan bagi anak kita dan bukan hal yang menakutkan. Sebagai orang tua kita harus jeli memperhatikan kondisi ini dengan melakukan persiapan yang lebih baik. Misalnya lampu tidur diredupkan atau gunakan lampu tidur yang tidak terlalu terang.

Persiapkan boneka favoritnya atau selimut yang membuat anak kita nyaman pada saat tidur. Jika perlu hidupkan musik pengantar tidur untuk anak-anak. Dengan begitu, waktu tidur akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak kita.

3. Bedong Bayi Pada Saat Tidur

Cara menidurkan bayi yg susah tidur berikutnya adalah dengan membedong bayi. Rahim merupakan tempat ternyaman bagi bayi kita dan tidak ada tempat yang bisa menggantikannya. Ketika bayi lahir ke dunia, tempat ternyaman tersebut sudah tidak ada lagi. Sehingga bayi akan selalu gelisah dan merasa tidak nyaman.

Pada awal-awal bulan kelahiran bayi, sebaiknya gunakan bedong sebagai pelindung yang hangat, sama halnya seperti rahim. Ibu juga bisa memakaikan baju tidur yang nyaman dan longgar agar tidurnya nyaman. Bedong juga menghindari bayi untuk mencakar dirinya dan menghentikan gerakan dan sentakan yang tiba-tiba pada saat dia terbangun.

4. Berikan Waktu Tidur Untuk Anak

Kunci utama agar bayi bisa tidur nyenyak adalah meletakkannya ke tempat tidur pada saat dia masih terjaga sehingga bayi kita akan menganggap tempat tidurnya menjadi tempat nyaman dan lama-lama dia akan mengantuk.

Sebenarnya bayi akan merasa nyaman ketika dia tidur di pangkuan orang tuanya, namun hal ini jika dilakukan terus menerus maka tidak baik juga untuk bayi kita karena dia akan tergantung pada pangkuan orang tuanya ketika ingin tidur. Dengan membiasakannya tidur di ranjang akan membantu dia untuk mandiri.

5. Berikan Momen Untuk Bayi

Bayi akan lebih sering menangis setiap hari dan itu adalah hal yang wajar. Ada kalanya bayi menangis hanya untuk memberikan isyarat dia mengantuk dan kita hanya perlu membiarkannya saja. Tunggu saja beberapa menit sampai dia tertidur.

6. Hindari Melakukan Kontak Mata Dengan Bayi

Pada saat anda masuk ke kamar bayi dengan alasan apapun, misalnya mengambil botol susunya, pakaian kotornya, atau yang lain-lain, sedapat mungkin hindari kontak mata dengan bayi. Jika dia masih rewel, cobalah menenangkannya tanpa melihat matanya dan letakkan lagi ke tempat tidurnya tanpa banyak melakukan interaksi dengannya.

Jika terjadi kontak mata maka bayi akan berpikir bahwa sudah waktunya bangun dan tentu saja akan lebih sulit menidurkannya lagi. Menenangkan bayi sebaiknya tanpa banyak interaksi dan bicara dan pastikan cahaya ruangan tidurnya dalam keadaan redup sehingga dia berfikir bukan waktunya untuk bangun.

7. Jangan Mengajak Becanda Bayi Pada Waktunya Tidur

Terkadang bayi jika diajak bercanda dia akan merespon dengan tertawa dan sering keterusan hingga lupa sudah waktunya dia beristirahat / tidur. Memang mengasikkan melihat bayi tertawa ketika diajak bercanda, namun jika sudah waktunya untuk tidur maka kita sebagai orang tua harus berhenti dan segera menidurkannya. Tolak kesenangan demi mendapatkan kualitas tidur bayi yang maksimal.

8. Ciptakan Suasana Yang Menenangkan

Cara menidurkan bayi yg susah tidur berikutnya adalah dengan menciptakan suasana yang menyenangkan. Mendengarkan musik pengantar tidur bisa menjadi salah satu alternatif untuk menenangkan bayi dan bisa meredam suara-suara lain yang berada di lingkungan rumah.

Dengan mendengarkan suara yang menenangkan tersebut, maka akan memudahkan anak kita tertidur cepat dengan nyaman. Anda bisa mencari musik-musik pengantar tidur bayi di youtube, misalnya suara-suara air, suara pohon yang ditiup angin, musik-musik klasik.

Tidak semua suara-suara tersebut bisa menenangkan bayi, pilih saja salah satu dari sekian banyak musik pengantar tidur yang ada di internet dan pilih musik mana yang membuat bayi nyaman. Kemudian dengarkan musik tersebut setiap malam sebelum dia tidur.

9. Redupkan Cahaya Kamar

Dengan meredupkan lampu kamar tidur adalah cara menidurkan bayi yg susah tidur dan pada saat dia terbangun di tengah malam, dia akan merasa bahwa belum waktunya bangun karena masih gelap.

Jika memang mengharuskan lampu kamar tetap hidup, maka berilah penangkal cahaya pada tempat tidurnya dengan memasangkan tirai.

10. Kenali Tanda Bayi Sudah Lelah

Dengan mengenali tanda-tanda bayi kita sudah lelah, maka akan lebih mudah menidurkan bayi, karena tanda tersebut menunjukkan pada kita bahwa sudah waktunya dia beristirahat dan tidur.

Tanda-tanda tersebut memang tidak mudah dikenali sebagian orang tua sehingga menganggap bahwa bayinya masih ingin bermain-main. Jika hal ini terjadi maka kita akan lebih sulit menidurkan bayi karena hormon terjaganya akan mulai bekerja padahal dia sudah mulai kelelahan dan tidak segera ditidurkan.

Tanda-tanda bayi sudah mulai lelah bisa dikenali pada saat dia sudah mulai menguap dan mukanya mulai terlihat kemerahan. Jika kondisi tersebut sudah terlihat maka segeralah tidurkan bayi kita.

11. Menurunkan Suhu Ruangan Bayi

Tidur di suhu ruangan yang dingin akan membuat mata cepat mengantuk dan cara menidurkan bayi yg susah tidur. Kita bisa mengatur suhu ruangan berkisar antara 8–20 °C sehingga bayi akan mudah tertidur dengan nyaman.

12. Siapkan Semua Kebutuhannya Pada Saat Bayi Tidur

Pada saat bayi tidur nyenyak di malam hari, terkadang dia bisa terbangun ketika BAB atau buang air kecil. Hal ini bisa mengganggu tidurnya dan akan gelisah sepanjang malam.

Tentu saja kita harus mengganti popoknya dengan segera tanpa suara ribut. Untuk itu kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya, seperti popok bayi yang sudah disiapkan di samping tempat tidurnya, air dan kapas untuk mencuci kotorannya serta celana ganti.

Dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan lengkap dan rapi akan memudahkan kita untuk mengganti popoknya dengan cepat sehingga tidak mengganggu tidurnya, dan kalaupun terbangun dia akan cepat tidur lagi.

Itulah 12 tips cara menidurkan bayi yg susah tidur. Bukan saja bayi yang tidur nyenyak tapi kita sebagai orang tua juga bisa mengatur waktu tidur dengan baik.

Tentu saja tidak semua bayi bisa diterapkan tips di atas, mungkin hanya sebagian saja, namun yang terpenting adalah konsistensi dan kesabaran.

Post a Comment for "Cara Menidurkan Bayi Yg Susah Tidur"