Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil

Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil

Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil. Stress ada hal yang normal dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali faktor yang menyebabkan stress, seperti pekerjaan yang menumpuk, masalah dalam keluarga, bahkan stress juga dialami oleh ibu yang dalam masa kehamilan. Pada masa kehamilan sangat mudah sekali ibu mengalami kelelahan fisik akibat dari perubahan hormon.

Meskipun demikian anda tetap harus memikirkan keselamatan diri sendiri dan bayi yang ada dalam kandungan. Emosi yang tidak stabil kadang sering terjadi dan anda harus cepat menjaga serta mengontrolnya agar tidak menjadi stress yang bekelanjutan.

Salah satu cara menghilangkan stres saat hamil adalah dengan melakukan olah pernafasan, caranya dengan menarik nafas dalam-dalam, menahannya sekitar 5 detik, dan menghembuskannya selama 5 detik. Lakukan secara berulang kali sampai anda merasakan perubahan suasana hati menjadi lebih baik.

Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil

Ada beberapa tips cara menghilangkan stres saat hamil yang bisa anda terapkan, yaitu:

1. Menikmati Waktu Setiap Hari

Luangkan waktu hanya beberapa saat saja setiap hari untuk melakukan hal yang ada sukai. Jika anda punya hobi yang selama ini anda lakukan sebelum hamil, maka anda bisa lakukan seperti merangkai bunga, berkebun di depan rumah, bernyanyi, memasak kue, mendengarkan musik, membaca buku, dan hobi yang lainnya.

Yang terpenting adalah anda bisa rileks dan suasana hati anda menjadi bahagia dan senang. Jangan sampai kesehatan mental anda terganggu selama kehamilan akibat dari stress.

2. Curhat Dengan Seseorang

Menjadi ibu tentu saja keinginan setiap wanita yang telah menikah. Banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang kelahiran bayi ke dunia ini. Tentu saja harus ada persiapan yang matang, mulai dari perlengkapan bayi seperti tempat tidurnya, peralatan bayi seperti sabun mandi dan teman-temannya.

Dengan memikirkan hal tersebut saja bisa membuat ibu menjadi stress karena tidak tahu harus bertanya pada siapa. Apalagi pasangan muda yang belum punya pengalaman memiliki anak. Carilah seseorang yang bisa diajak bicara atau curhat misalnya orang tua, teman yang sudah punya pengalaman dengan kehamilannya.

Atau anda juga bisa diskusi di froum online yang membahas masalah yang sama seputar kehamilan dan melahirkan. Dengan mempunyai teman atau orang yang sama kondisinya dengan anda, tentu saja akan meringankan beban pikiran anda dan salah satu cara menghilangkan stres saat hamil. Bicarakan masalah anda dan diskusikan bersama-sama.

Satu hal lagi, jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika masalah yang anda hadapi adalah masalah yang cukup berat dan butuh penanganan secara profesional. Jangan hanya mengandalkan google untuk setiap permasalahan atau pertanyaan anda.

3. Makan Dan Istirahat Yang Cukup

Bagi ibu hamil wajib hukumnya makan makanan yang sehat dan gizi seimbang. Apalagi anda tidak saja memberikan makanan untuk diri sendiri, tapi juga untuk bayi yang ada dalam kandungan sehingga porsinya akan lebih banyak. Untuk cemilan yang sehat bisa anda tanyakan ke dokter, apa saja cemilan yang sehat dan baik untuk perkembangan janin.

Cobalah untuk menikmati makanan yang sehat tersebut, dan beristirahat yang cukup jika sudah terasa lelah seharian beraktifitas. Jangan memaksakan diri melakukan aktifitas berat selama masa hamil.

4. Olahraga Kehamilan

Cara menghilangkan stres saat hamil berikutnya adalah olahraga. Meskipun anda dalam kondisi hamil, bukan berarti anda tidak boleh berolahraga. Ada olahraga untuk ibu hamil yang bisa anda lakukan. Carilah informasi tempat kebugaran yang menyediakan olahraga untuk wanita hamil atau memanggil personal trainner / tenaga profesional datang kerumah.

Olahraga banyak sekali manfaatnya karena bisa melepaskan hormon endorfin secara instan sehingga bisa merubah suasana hati menjadi lebih baik dan bahagia. Olahraga ringan saja bisa anda lakukan di lingkungan tempat tinggal dengan berjalan kaki mengitari komplek rumah di pagi hari.

Itulah Tips sederhana cara menghilangkan stres saat hamil yang bisa anda lakukan setiap hari. Nikmati setiap proses selama masa kehamilan dan tetap berfikir positif, hindari stress, makan makanan yang begizi dan berolahraga.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil"