Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Manfaat Susu Almond Untuk Bayi

Manfaat Susu Almond Untuk Bayi

Susu merupakan sumber nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan bayi. Setelah 6 bulan rutin memberikan bayi ASI eksklusif hingga bayi berusia 2 tahun dengan tambahan MPASI.

Baca juga: Jadwal MPASI Bayi 6 Bulan Pertama

Jika ibu memberikan susu formula untuk bayinya, maka ada hal-hal yang perlu ibu perhatikan sebelum memberikan sufor pada bayi. Ada bayi yang alergi terhadap kandungan yang terdapat pada susu formula. 

Ibu perlu mencermati kandungan apa saja yang terdapat pada susu formula dengan membaca keterangan pada kemasannya. Konsultasikan dengan dokter jika bayi kita ada alergi terhadap zat tertentu.

Jika dokter sudah menyarankan susu formula tertentu yang cocok dengan bayi kita, maka pada saat membeli sufor perlu diperhatikan tanggal kadaluarsanya, komposisi, cara pakainya, rasa, dan bentuk kemasannya harus dalam kondisi baik atau tidak rusak.

Baca juga: Pemberian Susu Formula Pada Bayi Baru Lahir

Kita sebagai orang tua harus teliti dalam memilih makanan yang terbaik untuk bayi. Jangan menyepelekan hal-hal yang kecil, seperti kemasan susu yang rusak. Bisa saja kemasan susu formula yang rusak akan merusak kandungan dari susu formula itu sendiri. 

Jika kandungan dari susu formula tersebut rusak, maka akan mempengaruhi aroma dan rasanya sehingga berdampak pada kesehatan bayi jika tetap diberikan. Usia 1-3 tahun merupakan masa emas pertumbuhan anak dan sangat penting pemberian nutrisi yang seimbang.

Unsur terpenting dalam gizi bayi seperti protein, asam lemak esensial, kalsium, karbohidrat, vitamin dan mineral harus terpenuhi dengan baik. Elemen tersebut sangat dibutuhkan bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Anak yang dalam masa keemasan sangat membutuhkan semua elemen penting tersebut karena pada masa tersebut bayi sudah mulai aktif bergerak dan membutuhkan energi yang lebih banyak. Bayi sudah mulai mencoba hal-hal yang baru dan menjangkau benda-benda yang berada di dekatnya.

Ada berbagai jenis susu yang beredar dipasaran seperti susu almond dan susu hewani. Susu nabati dan susu hewani bukan saja bermanfaat untuk orang dewasa, tapi juga bermanfaat untuk anak-anak, terutama susu almond. Adapun manfaat dari susu almond untuk anak-anak, yaitu:

1. Pertumbuhan Otak Anak

Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi Susu almond secara rutin bermanfaat untuk membantu perkembangan otak bayi. Sedangkan mengkonsumsi kacang almond juga bisa meningkatkan kecerdasan bayi.

Kandungan L-carnitine dan riboflavin yang terkandung dalam susu almond mampu mencegah penyakit alzheimer pada saat bayi sudah tumbuh dewasa nantinya.

2. Menjaga Kekuatan Tulang

Kalsium tidak saja terdapat pada susu sapi, tapi juga terdapat pada susu almond. Kalsium sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang. 

Di Samping kalsium dan mineral, pada susu almond juga mengandung vitamin D, dan fosfor yang berfungsi juga untuk kesehatan gigi bayi dan memperkuat tulang. Manfaat ini akan dirasakan ketika anak-anak sudah dewasa nanti yaitu dapat mengurangi terjadinya resiko osteoporosis.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu vitamin yang terdapat pada susu almond adalah vitamin E yang berfungsi untuk pertumbuhan rambut menjadi sehat dan perkembangan kulit bayi.

Vitamin E yang terkandung dalam susu almond merupakan vitamin yang larut dalam lemak sehingga mampu melindungi tubuh bayi dari radikal bebas. Disamping untuk menjaga kesehatan kulit, tulang dan rambut, kacang almond juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata bayi.

Baca juga: Vitamin Untuk Bayi Agar Daya Tahan Tubuh Kuat

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Mengkonsumsi susu almond dan kacang almond secara rutin mampu mencegah resiko penyakit diabetes pada bayi ketika dia dewasa nanti.

Kombinasi antara vitamin E, lemak tak jenuh, dan magnesium yang terdapat pada almond mampu menjaga kesehatan jantung bayi

5. Mengontrol Kadar Kolesterol

Banyak orang yang memanfaatkan susu unta untuk penyakit diabetes. Namun banyak orang yang belum tahu bahwa minyak almond juga bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol pada ibu dan bayi.

Kolesterol jahat sangat berbahaya bagi kesehatan terutama jantung. Bahayanya bukan saja untuk orang dewasa, kolesterol jahat juga berbahaya bagi anak-anak jika kadarnya sangat tinggi.

Dengan mengkonsumsi susu almond, mampu mengontrol kadar kolesterol karena susu almond tidak mengandung kolesterol jahat. Kita harus membiasakan diri dan keluarga mengkonsumsi susu almond mulai dari sekarang sehingga manfaatnya bisa kita rasakan nantinya.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lainnya dari mengkonsumsi kacang almond yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas. Hal ini disebabkan terdapatnya antioksidan dan alkaline pada kacang almond.

Buah almond bisa diolah menjadi susu almond, kacang almond atau bahkan minyak almond. Apapun hasil olahannya tetap ada manfaatnya bagi tubuh kita.

Post a Comment for "6 Manfaat Susu Almond Untuk Bayi"