Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Melindungi Bayi Dari Penyakit Virus Corona

Tips Melindungi Bayi Dari Penyakit Virus Corona
Virus Corona menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan hingga mengakibatkan kematian. Sejauh ini yang kita dengar dan lihat di berita, kasus penyebaran virus corona lebih banyak menyerang orang dewasa. Tapi kasus ini sebenarnya sudah banyak ditemukan pada bayi dan anak-anak. Dengan meluasnya jangkauan penyebaran virus corona ini pada setiap usia sehingga mengharuskan kita agar selalu waspada dan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Virus corona lebih banyak menyerang orang dewasa yang sudah berusia lanjut dengan masalah kesehatan yang sudah menahun seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes.

Virus yang pertama kali ditemukan di daerah Wuhan Tiongkok ini menyebar dengan cepat ke seluruh penjuru dunia. Dari dugaan sementara penularan virus ini berasal dari hewan ke manusia dan sekarang bisa menular dari manusia ke manusia melalui percikan cairan yang keluar dari mulut seperti dahak, air liur dan bersin.

Virus Corona ini pada umumnya lebih banyak menyerang orang tua / lansia yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah serta orang-orang yang kekurangan gizi. Meskipun demikian bukan tidak mungkin virus ini bisa menyerang orang yang daya tahan tubuhnya kuat. Akhir-akhir ini kita sering mendengar banyak ibu hamil dan anak-anak yang terserang virus ini dan banyak juga kasus yang terjadi pada bayi.

Penyakit yang mematikan ini memiliki gejala yang berbeda-beda pada setiap orang tergantung daya tahan tubuhnya. Pada penderita COVID-19 ada yang menunjukan gejala ringan dan ada yang menunjukkan gejala berat. Ciri-ciri gejala ringan seperti mirip gejala orang yang terkena flu. Sedangkan gejala berat pada orang yang terkena COVID-19 ini seperti pneumonia. Pneumonia merupakan infeksi yang mengakibatkan peradangan pada paru-paru dengan gejala sesak nafas, batuk berdahak dan demam.

Ada sedikit perbedaan gejala yang ditimbulkan oleh virus korona pada bayi seperti: 

1. Batuk pada bayi yang terus menerus

2. Tidak mau minum susu sehingga jumlah urine menurun

3. Diare

4. Bayi tetap demam meskipun sudah diberi obat penurun panas

5. Bayi sulit bernafas atau sesak nafas dan bayi terlihat tidak aktif atau lemas.

Jika ibu menemukan gejala pada bayi seperti yang saya sebutkan diatas, maka perlu dicurigai dan segeralah periksa ke dokter guna mendapatkan penanganan dan informasi yang lebih akurat.

Virus Corona ini masih baru dan pada saat artikel ini dibuat belum ditemukan vaksin yang bisa mencegah dan mengobati virus corona ini. Tapi ibu tidak perlu khawatir, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan agar bayi kita terhindar dari virus yang mematikan ini, yaitu:

  1. Tetap di rumah dan selalu menjaga jarak antar bayi kita dengan orang yang terinfeksi COVID-19.
  2. Ketika bersin, tutup mulut dan hidung dengan tisu dan buang tisu tersebut ke tempat sampah dan segera cuci tangan dengan sabun pada air mengalir.
  3. Bayi kita rutinkan melakukan imunisasi sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan agar daya tahan tubuhnya kuat sehingga terhindar dari penyakit menular lainnya.
  4. Pemberian ASI pada bayi secara rutin dalam jumlah yang banyak untuk meningkatkan antibodi sehingga bayi akan terlindungi dari berbagai penyakit dan infeksi.
  5. Sebelum menyentuh bayi, cuci tangan terlebih dahulu dengan bersih atau bisa menggunakan hand sanitizer, tunggu lebih kurang 20 detik sebelum menyentuh bayi.
  6. Jika membawa bayi keluar seperti ke rumah sakit atau puskesmas untuk berobat atau imunisasi, selalu gunakan masker baik kita sebagai orang tua maupun pada bayi.

Kesimpulannya adalah kita sebagai orang tua harus tetap waspada dan menjaga kebersihan diri dan bayi. Selama vaksin virus corona belum ditemukan maka pencegahan merupakan jalan satu-satunya agar terhindar dari virus yang mematikan ini. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Tips Melindungi Bayi Dari Penyakit Virus Corona"