Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Stimulasi Agar Bayi Cepat Duduk Dan Merangkak

Stimulasi Agar Bayi Cepat Duduk Dan Merangkak

Stimulasi Agar Bayi Cepat Duduk Dan Merangkak. Stimulasi bayi sejak dia masih berusia dini perlu dilakukan agar perkembangannya lebih optimal lagi. Tumbuh kembang anak perlu diperhatikan selain memperhatikan nutrisinya. Bayi pada usia 0-3 bulan memang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menyusui dan tidur. Meskipun demikian bukan berarti bayi tidak perlu di stimulus.

Stimulasi Agar Bayi Cepat Duduk Dan Merangkak

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk stimulasi agar bayi cepat duduk dan merangkak pada usia 0-3 bulan:

1. Bacakan buku

Membaca buku bukan saja manfaatnya untuk orang dewasa saja, manfaat membacakan buku pada anak juga ada manfaatnya. Bayi sudah boleh dikenalkan dengan buku pada usia dini 0-3 bulan. Ada banyak buku untuk bayi yang dijual di toko buku dengan harga yang terjangkau. Dengan mengenalkan buku sejak masih bayi, tujuan untuk menstimulasi perkembangan otak anak.

2. Memijat

Ada pertanyaan, "bolehkan bayi diurut atau dipijat? jawabannya tentu saja boleh. Memijat juga bisa dilakukan pada bayi dengan tujuan membuat si kecil merasa relax dan juga bisa memperkuat bonding. Pada umumnya orang tua mencari tahu bagaimana cara memijat bayi agar tidak rewel.

Pelajarilah cara memijat bayi yang baik dan benar dan yang tidak boleh anda lupakan adalah waktu yang tepat untuk pijat bayi. Pijat bayi ada banyak metodenya, mulai dari pijat bayi tradisional sampai yang modern. Pilihlah dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

3. Tersenyum Pada Bayi

Kadang kita sebagai orang tua bertanya-tanya, kenapa bayi 2 bulan belum tersenyum? pertanyaan ini ada dalam pikiran kita karena normalnya bayi yang masih berusia dibawah 2 bulan sudah bisa tersenyum bahkan kadang kita melihat bayi tersenyum saat tidur.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat bayi 2 bulan tertawa yaitu dengan sering tersenyum pada bayi. Disamping itu dengan tersenyum pada bayi akan membuat bayi merasa aman dan tenang.

4.Tummy Time

Tummy time adalah aktivitas bermain pada bayi dengan cara telungkup atau tengkurap. Bayi yang masih berusia 1 bulan sudah boleh ditengkurapkan, tapi umumnya kapan bayi bisa mulai diajarkan tengkurap ketika bayi sudah berusia 3 bulan.

Sedangkan saran dari American Academy of Pediatrics bahwa bayi yang sudah berusia 3-4 bulan baru boleh di tengkurapkan. Lama bayi ditengkurapkan lebih kurang 3 menit sebanyak 3 kali dalam 1 hari. Ketika usianya sudah bertambah maka durasinya bisa ditambah.

Kapan bayi tengkurap sebenarnya tergantung usianya, terkadang bayi akan tengkurap dengan sendirinya ketika otot pada lengan dan sekitar lehernya sudah kuat dan biasanya terjadi pada bayi berusia 5-6 bulan. Setelah bayi dilatih untuk tengkurap, selanjutnya ibu bisa melatih bayi berbalik dari tengkurap. Lakukan secara pelan-pelan dan bertahap sehingga stimulasi agar bayi cepat duduk dan merangkak yang kita berikan bisa bermanfaat bagi anak kita.

5. Menatap Mata Bayi

Meskipun bayi 2 bulan belum bisa kontak mata dengan orang tuanya, tapi kita tetap memberikan stimulus pada bayi dengan cara menatap matanya. Tujuannya agar penglihatan bayi lebih fokus dan memperkuat bonding. Dengan melatih kontak mata anak agar fokus maka kita bisa mengembangkan kemampuannya.

6. Mengajak Bayi Bicara

Bayi boleh saja diajak bicara meskipun bayi masih dalam kandungan. Ada banyak manfaat mengajak bayi bicara terutama oleh orang tuanya. Pertama untuk membantu perkembangan bahasanya.

Cara berkomunikasi dengan balita adalah dengan lebih sering mengajaknya ngobrol sambil menatap matanya. Kalimat yang anda ucapkan, lakukan pengulangan lebih sering lagi. Terkadang bayi mulai mengoceh saat kita ajak bicara, tetap meresponnya dengan tersenyum dan terus bicara.

7. Ajak Bayi Bermain

Ajaklah bayi anda bermain sesering mungkin, salah satu cara anda bisa membeli mainan seperti gantungan yang bisa berputar-putar. Tujuannya untuk melatih mata bayi mengikuti arah putaran mainan tersebut. Jika anda kesulitan bagaimana cara bermain dengan anak, anda bisa membeli buku bermain dengan bayi dari bulan ke bulan yang banyak di jual di toko buku.

Teether adalah mainan gigit untuk bayi 3 bulan yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. Tetap perhatikan kualitasnya, jangan pilih barang hanya karena harganya yang murah, perhatikan kualitasnya dengan mencari tahu lebih detail lagi.

Jangan sampai perkembangan bayi terlambat karena anda tidak memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan bayi pada masa perkembangan usianya. Dengan melakukan tips stimulasi agar bayi cepat duduk dan merangkak yang sudah saya jelaskan diatas maka kita sebagai orang tua sudah memberikan hak anak kita dengan baik. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Stimulasi Agar Bayi Cepat Duduk Dan Merangkak"