Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi

 Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi

Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi. Manfaat dari pemberian ASI pada bayi bisa dirasakan oleh anak kita hingga dia tumbuh besar. Nutrisi yang terkandung dalam ASI tidak ada tandingannya bahkan oleh susu formula yang paling bagus sekalipun.

Itulah sebabnya pemberian ASI ini sangat dianjurkan oleh para ibu pada bayinya hingga bayi berumur 2 tahun, ASI Eksklusif hingga usia 6 bulan. ASI lebih mudah diserap tubuh dan dicerna dibanding dengan susu formula.

Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi

Kandungan pada ASI sangat dibutuhkan pada bayi, berikut kandungan yang terdapat pada ASI yang perlu ibu ketahui:

1. Kolostrum

Kolostrum mengandung immunoglobulin A yang sangat tinggi dan berfungsi sebagai antibodi. Kolostrum ini biasanya berwarna kekuningan, putih atau orange dan merupakan ASI yang pertama kali keluar pasca melahirkan dan biasanya pada hari pertama hingga hari ke lima.

Produksi kolostrum ini pada akhir masa kehamilan, tapi kadang bisa berproduksi setelah kelahiran. Kolostrum yang bertekstur lengket dan kental ini rendah lemak dan gula namun kaya akan kandungan nutrisi seperti:

  1. Vitamin A
  2. Garam
  3. Sel darah putih
  4. Protein
  5. Nitrogen dan Antibodi

2. Protein

Whey dan kasein merupakan protein yang terdapat pada ASI. Dibandingkan dengan susu formula, kandungan whey pada ASI lebih tinggi jumlahnya. Sedangkan pada susu formula, kandungan kasein jumlahnya lebih tinggi sehingga sulit dicerna.

Kandungan whey dan kasein pada ASI perbandingannya 60% dan 40% lebih mudah dicerna tubuh karena kadarnya yang seimbang. Asam amino taurin yang terkandung dalam ASI berperan dalam pertumbuhan otak dan kandungan nukleotida yang berguna untuk perkembangan usus pada bayi.

3. Air

Kandungan yang paling besar jumlahnya pada ASI adalah air sebanyak 87.5%. Dengan kandungan air yang banyak sehingga bayi tidak perlu lagi diberikan makanan dan minuman lain selama 6 bulan pertama kecuali pada kondisi tertentu seperti pemberian obatan yang mengharuskan bayi minum air.

4. Karbohidrat

Laktosa merupakan jenis karbohidrat yang terdapat pada ASI yang berfungsi untuk energi pada otak. Fungsi lainnya mampu menurunkan kadar bakteri jahat pada perut bayi.

5. Lemak

Lemak merupakan sumber utama kalori dan membantu dalam proses penyerapan vitamin. Susu sapi lebih banyak mengandung lemak jenuh, sedangkan pada ASI terdapat kandungan asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh yang seimbang.

Fungsi dari lemak ini adalah berguna untuk perkembangan otak bayi. Kandungan DHA dan ARA pada ASI sangat penting dalam perkembangan otak juga dan itulah manfaat pemberian asi eksklusif pada bayi.

Disamping itu ASI juga mengandung lemak omega 3 dan 6 yang fungsinya juga sama untuk perkembangan otak. Disamping fungsi utama lemak lebih banyak untuk otak, fungsi lainnya berupa perkembangan sistem saraf dan retina.

6. Vitamin dan Mineral

Vitamin yang terdapat pada ASI seperti Vitamin A, B, C dan E. Kandungan mineralnya seperti kalsium dan zinc.

  1. Adapun manfaat dari masing-masing vitamin dan mineral tersebut adalah :
  2. Vitamin A berfungsi untuk kekebalan pertumbuhan tubuh bayi
  3. Vitamin B, C berfungsi untuk daya tahan tubuh dan perkembangan otak anak.
  4. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan dan ketahanan sel darah merah.
  5. Kalsium berfungsi perkembangan jaringan otot dan tulang serta pembekuan darah
  6. Zinc berfungsi untuk metabolisme

Sebenarnya masih banyak lagi kandungan yang terdapat pada ASI dengan perkiraan melebihi 200 elemen bisa lebih banyak lagi. Bayi mati mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) merupakan manfaat utama dari pemberian ASI serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Itulah manfaat pemberian asi eksklusif pada bayi yang perlu kita ketahui, sehingga sebagai orang tua kita tidak boleh melewatkan kesempatan berharga ini karena tidak semua ibu bisa memberikan ASI pada bayinya karena kondisi tertentu. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi"