Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi

manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi

Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi. Jangan malas memberikan ASI pada bayi kita jika hal itu masih memungkinkan, kecuali ada kondisi tertentu dimana ASI tidak bisa keluar. Jika tidak bisa memberikan ASI secara langsung, ibu juga bisa meberikannya dengan cara memerah ASI menggunakan tangan.

Ada segudang manfaat pemberian asi eksklusif pada bayi pada saat kecil hingga manfaatnya akan terasa ketika dia sudah dewasa nantinya. ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi yang baru lahir, dan selama 6 bulan berturut-turut harus diberikan ASI eksklusif.

Pemberian ASI tetap diberikan menjelang usia bayi 2 tahun. Ada manfaat yang didapatkan bayi setiap periode pertambahan usianya . Berikut manfaat ASI bagi bayi hingga usia 2 tahun:

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi

1. Hari Pertama

ASI yang pertama kali keluar mengandung kolostrum yang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, protein, serta rendah karbohidrat dan lemak. Dengan banyak kandungan gizi pada kolostrum ini sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan nutrisi bagi bayi yang baru lahir.

1. 1 Bulan

Pada usia bayi sudah 1 bulan, manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi adalah dapat menurunkan resiko bayi mengalami diare, alergi dan infeksi pada telinga bayi di kemudian hari. Sehingga 1 bulan pertama tersebut jangan sampai putus ibu memberikan ASI pada bayinya.

2. 3 Bulan

Di usia bayi 3 bulan manfaat yang didapat adalah mampu menurunkan resiko terkena penyakit diabetes hingga 27%. Jika ada keluarga mempunyai riwayat penyakit asma, maka bayi mewarisi penyakit tersebut tidak sampai 40%. Penyakit asma merupakan penyakit turunan yang perlu diwaspadai dan perlu pencegahan pada bayi yang baru lahir, salah satunya dengan ASI.

3. 6 Bulan

Manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi selama 6 bulan tanpa tambahan susu formula, maka bayi akan mendapatkan perlindungan dari berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat seperti kanker.

Pada usia bayi sudah mencapai 6 bulan, saluran pada usus bayi sudah bisa memproduksi antibodi yang melindungi tubuhnya terhadap alergi. Bayi yang sudah berusia 6 bulan sudah boleh diberikan makanan pendamping ASI dan untuk jadwal pemberian MPASI sudah saya bahas pada artikel sebelumnya

4. 9 Bulan

Kita sebagai orang tua tentu sangat menginginkan anak kita tumbuh dengan badan yang sehat dan kemampuan intelektual yang baik. Pada usia bayi sudah mencapai 9 bulan, manfaat yang didapat bayi yang rutin mengkonsumsi ASI adalah meningkatnya IQ. Peningkatan ini 8 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayi yang tidak mengkonsumsi ASI.

5. 12 Bulan

Penyakit yang sering dialami orang dewasa menjelang usia tuanya adalah penyakit kolesterol. Penyakit yang menjadi awal penyebab munculnya penyakit-penyakit lainnya yang berbahaya.

Bayi yang rutin diberikan ASI hingga usia 12 bulan akan menurunkan resiko kolesterol ketika dia sudah dewasa nantinya. Jangan sampai ibu menyia-nyiakan kesempatan yang manfaatnya seumur hidup didapatkan oleh anak-anak kita nantinya.

6. 18 Bulan

Pada usia 18 bulan dengan melakukan kontak langsung antara ibu dan bayi / skin to skin pada saat menyusui akan mengakibatkan hormon stress pada bayi produksinya menurun, dan pada usia 18 bulan ini sistem kekebalan tubuhnya akan semakin meningkat. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh maka imun bayi akan meningkat dan penyakit tidak mudah menyerang bayi.

7. 2 Tahun

Manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi sampai usia 2 tahun adalah pertama dari segi ketahanan tubuhnya seperti kekebalan tubuh akan meningkat, kemudian dari segi kecerdasan nya juga lebih tinggi.

Itulah 7 manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi yang bisa didapatkan oleh bayi kita jika kita sebagai orang tua rutin memberikannya ASI sampai dia berusia 2 tahun. Anak kita adalah investasi terbesar kita dimasa depan.

Dengan memberikan yang terbaik bagi tubuh dan mentalnya maka dia akan tumbuh dengan fisik yang sehat dan otak yang cerdas. Hanya tinggal bagaimana cara kita memberikan pendidikan yang terbaik baik bagi anak-anak kita.

Tambah terus wawasan kita tentang bayi sehingga kita merasa mampu memberikan yang terbaik untuknya. Mulai dari semenjak bayi dalam kandungan, melahirkan, menyusui dan membesarkannya, semuanya ada prosesnya dan didalam proses itu ada ilmunya masing-masing yang harus kita pelajari. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi"