Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi
Memberikan ASI dalam beberapa hari pertama pada bayi sangat penting sekali dilihat dari sisi kesehatan terutama untuk si bayi, walaupun manfaat tersebut bisa dirasakan juga oleh si ibu. Biasanya ASI akan keluar sekitar 3 hari pasca melahirkan bahkan ada yang 1 hari. ASI pertama kali keluar mengandung kolostrum yang berbentuk kuning dan sangat tinggi kandungan nutrisinya terutama sebagai antibodi bagi si bayi.

Baca juga: 7 Manfaat ASI Bagi Bayi

Banyak sekali manfaat ASI yang bisa didapatkan dari menyusui bayi, seperti:

1. Kandungan Gizi Yang Tinggi Pada ASI

Gizi yang terdapat pada ASI banyak sekali mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi dan nutrisinya juga gampang untuk dicerna. Oleh sebab itu konstipasi pada bayi akan menurun. Konstipasi adalah sulitnya bayi BAB dan keras sehingga mengalami sembelit. Biasanya bayi yang mengalami konstipasi, BAB nya tidak berbau.

2. Memberikan Perlindungan Pada Bayi

ASI mampu memberikan antibodi pada bayi dan akan melindunginya dari diare, infeksi telinga, infeksi saluran kemih, pilek, muntah dan batuk. Dengan memberikan ASI pada bayi maka akan mengurangi resiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau resiko kematian mendadak tanpa gejala pada bayi di bawah 1 tahun.

Pemberian ASI bisa membantu bayi untuk berkembang dan tumbuh dengan lebih baik dan mampu mengurangi alergi seperti asma serta eksema atau eksim pada bayi. Eksim bisa mengakibatkan gatal-gatal pada kulit akibat dari peradangan.

3. Kenyamanan Bagi Ibu

Ketika ibu sudah menguasai cara menyusui yang baik dan benar, maka semuanya akan menjadi lebih mudah dan praktis untuk dilakukan. Sehingga jika ibu keluar rumah tidak perlu repot lagi membawa semua peralatan menyusui seperti botol susu dan hanya perlu membawa popok bayi saja.

Baca juga: Bahaya Ruam Popok Pada Bayi

4. Manfaat Yang Baik Untuk Ibu

Dengan menyusui bayi maka akan membantu rahim untuk berkontraksi setelah proses melahirkan dan bisa menurunkan berat badan ibu secara alami pasca melahirkan. Tentu saja selama ibu tidak tergoda untuk makan secara berlebihan. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa ibu yang sering menyusui anak, maka akan semakin kecil kemungkinan terkena kanker payudara.

Kendala Dalam Menyusui Bayi

Meskipun banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan menyusui bayi, manfaat yang bisa didapat oleh bayi dan ibu. Namun terkadang ada kendala yang biasa dialami oleh ibu ketika menyusui bayinya, sehingga menyusui menjadi hal yang merepotkan, seperti:

1. Diperlukan Kesabaran

Ibu bisa saja gelisah dan merasa tidak berguna apabila tidak mendapatkan dukungan dan nasehat. Untuk itulah ibu perlu meminta bantuan dan dukungan dari dokter, bidan atau konsultan menyusui. Dengan mendapatkan dukungan dan nasehat serta informasi yang bermanfaat maka ibu akan lebih bersemangat lagi.

2. Diawal mungkin saja terasa sakit

Dalam kurun waktu 1 minggu pertama menyusui bayi, payudara ibu mungkin akan terasa perih atau sakit, namun anda harus membiasakan diri untuk tetap menyusui bayi. Rasa tidak nyaman ini akan hilang seiring dengan berjalannya waktu dan proses menyusui akan menjadi hal yang menyenangkan. Yang terpenting adalah ibu mengetahui cara atau teknik menyusui bayi yang baik dan benar.

Baca juga: Cara Memberikan ASI Perah

3. Menyusui akan memakan waktu

Ketika ibu sudah mulai menyusui bayi secara langsung, maka akan butuh waktu lebih kurang 30 menit sampai bayi selesai. Kemudian butuh waktu lebih kurang 15-30 menit lagi menggendong bayi dan menyendawakannya sebelum ditidurkan. Apalagi jika proses penyusui ini dengan menggunakan pompa ASI, tentu saja akan butuh waktu lebih lama lagi karena proses memompa ASI tidaklah mudah jika tidak tahu tekniknya.

Baca juga: Gendong Bayi Depan

Itulah 3 hal yang biasanya membuat ibu kerepotan pada saat menyusui bayi. Tapi tidak butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Hanya perlu kesabaran dan pengetahuan yang baik. Dengan mengetahui besarnya manfaat yang didapatkan bayi dan ibu tentu saja halangan dan kerepotan tersebut akan bisa dihilangkan.

Jika kita coba bandingkan antara manfaat dan kendala pada saat menyusui bayi, tentu saja manfaatnya akan lebih banyak. Untuk ibu yang bekerja kantoran dan sangat sibuk, terkadang agar tidak repot, sering mengabaikan memberikan ASI dan hanya memberikan susu formula saja. 

Jangan sampai kita menyia-nyiakan kesempatan yang tidak mungkin bisa terulang lagi sehingga bayi kita tumbuh menjadi anak dengan tingkat imunitas yang kurang. Jika anda merasa ragu untuk menyusui bayi anda, cobalah untuk beberapa hari pertama, maka menyusui mungkin lebih mudah dari yang anda bayangkan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi"